Penting! Ini Pengertian Manajemen Waktu untuk Milenial

pengertian manajemen waktu
pentingnya manajemen waktu

Apa sih manajemen waktu itu? Dan, apakah hal itu penting? Kalo belum tahu, kamu bisa baca pengertian manajemen waktu sebagai berikut.

Manajemen waktu yang baik memang dibutuhkan oleh seseorang untuk menciptakan keseimbangan dalam hidup, yaitu pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka.

Dimana, kamu sebagai milenial umumnya menghabiskan waktu kamu selama 8 jam sehari untuk mengurusi urusan kantor. Dan, rutinitasmu dari Senin-Jumat seperti datang jam 9 pagi dan pulang jam 5 sore.

Tentu bagi milenial yang sudah merasakan dunia kerja, pasti dituntut untuk bisa mempergunakan waktu sebaik mungkin saat di kantor. Oleh karena itu, milenial wajib memiliki manajemen waktu yang baik untuk mencapai efektivitas kerja bagi karyawan. Lalu, bagaimana pengertian dari manajemen waktu itu sendiri?

Pengertian Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah suatu cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan keseimbangan waktu yang dimiliki untuk kegiatan belajar, bekerja, rekreasi, dll.

Ini menjadi hal yang tidak mungkin kamu bisa pisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa? Karena setiap orang di dunia ini diberikan waktu yang sama dalam satu harinya, yaitu 24 jam/hari. Dan, hal tersebut tak mengenal usia, jabatan, status sosial, dll. Itulah mengapa manajemen waktu sangat penting bagi kamu sebagai milenial, apalagi kamu masih masuk dalam kategori usia produktif.

Jangan terlalu terpaku untuk mencari uang saja, kamu juga harus memperhatikan keseimbangan hidupmu. Misalnya saja hangout bareng teman setiap satu minggu sekali dan jika kamu suka berolahraga, kamu bisa satu minggu sekali bermain futsal, bulutangkis, dll. Hal ini berguna sebagai aktivitas hiburan bagi kamu yang selama satu minggu penuh berkutat mengurusi urusan kantormu.

Nah berikut ini Ajaib punya informasi terkait bagaimana cara agar kamu bisa melakukan manajemen waktu yang baik.

Cara Melakukan Manajemen Waktu yang Baik Bagi Milenial

Tidur 7-8 jam Sehari

Jika kamu kurang tidur, hal ini akan berdampak terhadap fisikmu yang mudah lelah. Ini juga akan mempengaruhi diri kamu ketika ingin mengatur waktu dengan baik. Bayangkan saja, jika kamu kurang tidur, apa yang akan terjadi dengan tugas-tugas kantor nantinya? Benar sekali, kamu hanya banyak diam dan tidak mengerjakan apa pun. Eitss, hati-hati ya! Kalo udah kayak gini tinggal dulu aja diri kamu ditegur sama Pak Bos.

Memiliki Skala Prioritas

Mengerjakan yang lebih sulit dulu di pagi hari ketika kondisi fisik kamu masih segar bugar sangat disarankan. Mengapa? Karena, ketika kamu sudah mengerjakan perkerjaan yang lebih sulit terlebih dahulu, setelahnya kamu bisa rileks dan santai sejenak dikarenakan pekerjaan selanjutnya tidak lebih sulit dari yang pertama kamu kerjakan.

Istirahatlah jika diperlukan

Tentu kamu selalu dituntut untuk selalu bekerja ketika di kantor, tetapi jangan sepeleh kan kondisi kesehatanmu. Kamu bisa menyiasatinya dengan cara mengambil istirahat sejenak dari rutinitas pekerjaanmu. Karena, pada dasarnya ketika terlalu lama duduk kamu bisa terkena risiko penyakit seperti ginjal. Jika kamu terus-menerus duduk di kursi kerjamu selama lebih dari 8 jam. Oleh karena itu, istirahatlah sejenak dengan berjalan-jalan kecil di ruangan kerjamu dan lain sebagainya.

Asupan makanan sehat dan bergizi juga penting ya guys! Dan, jangan lupa minum cukup air.

Itulah pengertian manajemen waktu dan bagaimana cara mengaturnya bagi seorang milenial seperti kamu. Setidaknya, cara-cara manajemen waktu diatas bisa kamu coba lakukan untuk mendukung produktivitas kamu saat bekerja. Jika kamu sudah mengetahui pengertian dan pentingnya manajemen waktu yang baik di kehidupan sehari-hari, apakah kamu masih menyepeleh kan hal tersebut?

Bacaan menarik lainnya:

Pew Research Center. (2010). Millennials: A Portrait of Generation Next


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait