Panduan Lengkap Cara Beli Saham untuk Pemula

cara beli saham mindset
cara beli saham

Mau coba-coba beli saham tapi ragu karena tidak tahu mekanismenya? Jangan khawatir, di dalam ulasan ini ada panduan lengkap cara beli saham untuk pemula. Disimak ya.

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang dikenal mampu memberikan return yang tidak sedikit sehingga investasi saham banyak dipilih dan digunakan sebagai alternatif penghasil uang bagi sebagian orang.

Tidak hanya dari generasi tua, peminat investasi saham berasal dari berbagai generasi berbeda dan diminati oleh sebagian besar lapisan masyarakat kita. Namun acap kali investor muda merasakan kebingungan apalagi ditambah dengan stigma bahwa investasi saham sama halnya dengan bermain judi.

Sehingga apabila tidak dipelajari dengan benar maka dapat menguras uang sampai habis tanpa mendapat keuntungan apapun, hal ini membuat mereka yang berusia muda merasa ragu untuk berinvestasi dalam saham.

Saat ini membeli saham sudah lebih mudah dibandingkan beberapa tahun silam. Jika dulu kamu ingin membeli saham maka harus membutuhkan bantuan dan saran dari broker, namun kini kamu dapat melakukannya secara online.

Ketika kamu membeli saham artinya kamu membeli sebagian kecil dari suatu perusahaan. Namun, sebelum memutuskan perusahaan apa yang kamu tuju ada baiknya kamu melakukan hal-hal berikut:

Cara Beli Saham untuk Pemula

Menyiapkan Strategi, Mengetahui Mengenai Perusahaan yang Mau Dibeli

Sebelum membeli saham, kamu harus menentukan strategi yang akan kamu lakukan seperti tujuanmu membeli saham tersebut, apakah untuk investasi jangka panjang, menengah, atau hanya untuk jangka pendek saja?

Untuk kamu yang pemula, kamu bisa memulai membeli saham dengan jangka menengah karena jika kamu memilih jangka pendek kamu bisa rugi lantaran harus membayar fee broker dengan untung yang tidak seberapa.

Selain itu kamu harus mengetahui risikonya karena jumlah saham itu ada banyak. Jika kamu cenderung nekat maka kamu dapat membeli saham yang memiliki kapitalisasi pasar menengah atau kecil, namun jika kamu lebih suka berhati-hati maka kamu dapat memilih untuk membeli saham blue chip atau BUMN karena pergerakannya lebih stabil dan likuid.

Sehingga risikonya lebih kecil dibandingkan dengan saham yang memiliki kapitalisasi pasar menengah.

Memilih Broker dan Membuka Rekening Sekuritas

Membeli saham tidak dapat dilakukan sendiri secara langsung. Jika kamu ingin membeli saham harus melalui broker. Broker adalah pihak penghubung antara kamu dan perusahaan tempat kamu ingin membeli. Pilihlah broker yang terpercaya karena kamu akan menyimpan uangmu di sana.

Kamu bisa bertanya kepada teman atau keuarga jika mereka memiliki kenalan broker yang dapat mereka percayai atau telah lama dipergunakan jasanya. Pertimbangkan juga menggunakan jasa broker yang menawarkan layanan penuh, namun perlu diingat jika kamu menggunakan jasa broker seperti ini maka kamu harus membayar komisi yang lebih besar.

Komisi merupakan ongkos yang kamu bayar setiap kali kamu membeli atau menjual saham. Selain itu pertimbangkan juga broker yang memiliki diskon, tetapi kekurangan dari broker berdiskon adalah kamu tidak akan mendapat saran seperti yang kamu bisa peroleh dari firma broker layanan penuh namun keuntungannya kamu tidak perlu membayar terlalu mahal dan dapat membeli saham secara daring.

Membuka rekening sekuritas juga dapat dilakukan secara online. Kamu hanya perlu mengisi formulir yang disediakan di situs-situs perusahaan broker. Setelah itu kamu akan dikirim formulir untuk ditandatangani yang kemudian kamu kirimkan kembali ke alamat kantor perusahaan broker/sekuritas untuk diverifikasi.

Menyertakan Dokumen Pelengkap

Selain mengembalikan formulir registrasi yang diberikan oleh broker, kamu harus melampirkan dokumen lainnya seperti kartu identitas, NPWP, fotokopi buku tabungan, fotokopi kartu keluarga, dan materai 6 ribu. Setelah semua dokumen dan formulir sudah lengkap maka kamu akan diminta untuk menyetorkan dana.

Jumlah dana biasanya bervariasi, biasanya minimal di angka Rp. 5.000.000,- tetapi jika brokermu adalah perusahaan asing maka kamu bisa diminta untuk menyetorkan uang dari Rp10.000.000,- hingga Rp50.000.000,-.

Men-download Aplikasi Trading dan Bertransaksi Saham

Setelah kamu menerima ID, Password, dan PIN maka kamu dapat memulai berinvestasi saham. Kamu dapat mengunduh aplikasi trading yang disediakan oleh broker. Aplikasi ini dapat diunduh dari website broker atau kamu dapat meminta langsung pada broker kamu.

Sebelum membeli saham, disarankan kamu memilih saham yang akan kamu beli dengan cermat sesuai dengan strategi dan tujuan awal kamu membuat rekening saham.

Mengetahui Waktu yang Tepat Untuk Membeli dan Menjual

Berdasarkan analisa selama 10 tahun terakhir, waktu yang tepat untuk menjual saham yaitu pada bulan Mei dan membeli saham pada bulan September atau Oktober.

Hal ini dikarenakan pada bulan Mei orang-orang banyak yang menjual saham karena musim lburan sehingga harga saham turun. Sedangkan pada bulan September dan Oktober harga saham umumnya naik. Sehingga kamu bisa membeli saham sebelum waktu tersebut atau ketika harga masih rendah.

Memutuskan Jumlah Investasi

Untuk kamu yang pemula ada baiknya kamu menginvestasikan 5 persen dari kekayaanmu agar kamu tidak gigit jari apabila terjadi bangkrut. Tetapi setelah kamu mulai mengerti cara bermain saham maka kamu boleh menaikkan jumlah investasimu secara berkala.

Setelah mengetahui langkah-langkah jual-beli saham, kini kamu dapat mulai memilih broker dan siap untuk terjun berinvestasi saham. Semua investasi tentu memiliki risiko, oleh sebab itu lakukanlah riset sebelum kamu membeli apapun guna mengenal saham dan pasarnya. Selain itu cobalah paper-trading atau berdagang di atas kertas.

Hal ini merupakan simulasi cara berdagang saham. Perhatikan perkembangan dan catat keputusan membeli serta menjual yang akan kamu ambil apakah akan berhasil atau tidak. Setelah terbiasa maka cobalah untuk terjun dan berdagang saham sungguhan. Gimana, sudah merasa siap berinvestasi saham?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait