Analisa Saham

Pahami Bearish Engulfing, Bagian Candle Engulfing dalam Trading

bearish-engulfing

Ajaib.co.id – Analisa teknikal merupakan teknik utama yang dilakukan oleh trader dalam memahami pergerakan harga selanjutnya. Di mana, pola-pola candle pada grafik pergerakan harga menjadi acuan ketika melakukan analisa teknikal. Salah satu pola yang paling banyak diterapkan oleh para trader adalah candle engulfing karena pola ini dinilai memiliki probabilitas cukup tinggi.

Tidak heran, jika pola yang menjadi bagian dari candle ini seperti bearish engulfing dan bullish engulfing sering kali digunakan saat trading di futures market. Di mana, kedua pola ini menandakan terjadinya reversal atau pembalikan arah dari harga di pasar.

Oleh karena itu, penting untuk memahami pola candle engulfing yang terdiri dari bearish engulfing dan bullish engulfing. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Candle Engulfing?

Pada dasarnya, candle engulfing adalah sebuah pola yang terdiri dari 2 bar candlestick. Di mana, pola ini dapat muncul yang ditandai dengan bar candlestick terakhir menelan atau engulfing dari bar candlestick sebelumnya. Hal ini berarti candle terakhir memiliki body lebih panjang dibandingkan dengan candle sebelumnya.

Selain itu, pola candle engulfing akan semakin valid saat terdapat ekor pendek maupun tanpa ekor. Sedangkan saat muncul ekor panjang justru mencerminkan ketidakpastian arah dari pergerakan harga atau kecenderungan akan terjadinya konsolidasi. Bagi pasar yang trending, pola ini seolah menjadi isyarat bahwa akan terjadinya pembalikan arah tren maupun reversal.

Hal ini karena banyak trader menganggap jika semakin kuat tren, maka semakin tinggi pula probabilitasnya. Ditambah dengan tingkat keakuratan yang semakin besar di time frame yang lebih tinggi. Jadi, semakin tinggi time frame-nya, maka semakin tinggi pula probabilitas akan kebenarannya.

Jenis-Jenis Pola Candle Engulfing

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa candle engulfing terdiri dari dua jenis yaitu bearish engulfing dan bullish engulfing. Di mana, kedua jenis candle ini menunjukkan pembalikan arah yang berbeda-beda. Adapun jenis pola bearish engulfing dan bullish engulfing seperti berikut:

Bearish Engulfing

Pola yang satu ini terdiri dari dua candle yaitu candle bullish dan candle bearish dengan body lebih panjang dibandingkan candle sebelumnya. Di mana, pola bearish engulfing menunjukkan sinyal pembukaan posisi sell atau jual. Bagi trader yang ingin mengetahui potensi dari keakuratan pola ini, maka mereka harus memastikan jika kondisi pasar memang sedang trending. Ditambah dengan melakukan entry saat pola engulfing bar sudah selesai terbentuk.

Bullish Engulfing

Sedangkan untuk bullish engulfing merupakan pola yang terdiri dari dua candle meliputi candle bearish dan candle bullish dengan body lebih panjang dibandingkan candle sebelumnya. Di mana, pola bullish engulfing menjadi sebuah sinyal untuk membuka posisi buy atau beli.

Hanya saja, untuk bisa mendapatkan potensi keakuratan secara besar, trader harus memastikan pergerakan pasar sedang mengalami trending, bukan sideways. Hal ini bertujuan untuk menghindari potensi false signal.

Perbedaan Pola Bearish Engulfing dengan Bullish Engulfing

Pada dasarnya, kedua pola ini merupakan gambaran atas pembalikan arah antara keduanya. Di mana, kedua pola ini juga sama-sama bermanfaat jika digunakan dalam trading saat menghindari risiko dan meningkatkan profit. Adapun perbedaan dari pola bearish engulfing dan bullish engulfing yang membuat trader dapat menghindari sinyal palsu seperti berikut:

  • Bullish engulfing memiliki karakteristik berupa candlestick hijau yang menelan candlestick merah sebelumnya atau yang lebih kecil. Lalu, kemunculannya berada di bagian bawah tren turun dengan sinyal bullish atau pembalikan bullish.
  • Bearish engulfing memiliki karakteristik berupa candlestick merah yang menelan candlestick hijau sebelumnya atau yang lebih kecil. Lalu, kemunculannya berada di bagian atas tren naik dengan sinyal bearish atau pembalikan bearish.

Strategi Trading dengan Menerapkan Bearish Engulfing

Setelah memahami apa itu bearish engulfing yang menjadi bagian dari candle engulfing, kamu bisa mulai untuk mempraktikkannya dengan menemukan pola ini melalui daily chart. Setelah berhasil menemukannya, maka kamu dapat membuka posisi sell di pembukaan candle baru sehabis candle kedua terbentuk secara sempurna.

Jangan lupa untuk memasang stop loss yang berada di atas ujung upper shadow pada candle kedua dan juga targetkan profit sejauh dari rasio risk and reward yang ditentukan. Alasan mengapa stop loss dipasang berada di atas ujung ujung upper shadow candle kedua, karena pola bearish engulfing sering kali digunakan sebagai penanda area resistance.

Dengan begitu, para trader dapat memasang stop loss di atas level tersebut sebagai pengaman apabila ternyata reversal batal terjadi serta harga malah menjadi trend bullish.

Jika sedikit dipelajari dengan baik, analisa bearish engulfing ini tidak serumit teknik lainnya. Ketika kamu mengingatnya, jika satu waktu berjumpa dengan formasi serupa, maka kamu bisa langsung menerapkannya pada trading yang dilakukan.

Salah satu contoh mudanya adalah ketika reli yang diawali bearish engulfing dapat terus berlanjut sampai menyentuh titik terendah seperti di harga 1307.22 atau telah bergerak mencapai 577 pip. Dengan sinyal yang dihasilkan oleh bearish engulfing tampak cukup substansial, maka trader bisa bisa langsung membuka posisi trading berdasarkan hal tersebut.

Pada dasarnya, baik bearish engulfing atau bullish engulfing merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan oleh para trader dalam menganalisa pergerakan harga di daily chart. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditargetkan sebelumnya. Oleh karena itu, penting bagi trader pemula untuk memahami candle engulfing meliputi bearish engulfing dan bullish engulfing.

Tidak bisa dipungkiri bahwa trading saham mengharuskan para pelakunya untuk melakukan beragam analisa teknikal yang dapat membantu aktivitas trading dalam mencapai target. Bagi kamu yang merasa trading saham belum cukup menarik untuk dilakukan, maka investasi jangka panjang bisa menjadi pilihan.

Di mana, investasi saham secara jangka panjang tidak serumit trading saham karena investor lebih memfokuskan analisa fundamental meliputi keuangan, pendapatan, dan perkembangan perusahaan terkait. Oleh karena itu, investasi saham secara jangka panjang bisa menjadi pilihan kamu dalam berinvestasi.

Apalagi kini berinvestasi saham semakin mudah dilakukan secara online menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen saham secara aman dan mudah. Kamu bisa membuat rekening saham secara online langsung dari aplikasinya untuk memulai bertransaksi saham.

Ada banyak emiten saham yang bisa dipilih berdasarkan analisa fundamental dan teknikal sebelumnya. Dengan berinvestasi saham di Ajaib, kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang secara aman dan mudah seperti membeli properti atau membuka bisnis.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone untuk mulai investasi pertama kamu sekarang.

Artikel Terkait