Bisnis & Kerja Sampingan

Mesin EDC, Penunjang Sistem Pembayaran Non Tunai Masa Kini

mesin edc

Ajaib.co.id – Semakin berkembangnya teknologi, gaya hidup masyarakat pun ikut berubah. Ya, sekarang ini semua orang ingin yang serba praktis, mudah dan cepat, termasuk dalam pembayaran. Jika kamu pemilik usaha/toko/merchant, sebaiknya untuk menyediakan mesin EDC yang lebih simpel tanpa perlu mengeluarkan uang tunai untuk melakukan pembayaran. Memang masih ada orang yang membayar secara cash, namun lebih banyak pula mereka yang jarang membawa uang tunai di dompetnya. Sebab kebanyakan orang merasa lebih mudah membayar dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Mesin EDC (electronic Data Capture) adalah alat yang dipakai menerima pembayaran, dimana alat ini mampu menghubungkan langsung rekening bank konsumen (pengguna) yang kemudian dananya dipindahkan untuk transaksi secara real time. Apabila kamu ingin membuka usaha, jangan lupa untuk menyediakan mesin yang satu ini supaya konsumen bisa leluasa dalam melakukan pembayaran.

Mesin EDC ini hanya disediakan oleh pihak bank yang dapat dipakai oleh nasabah yang punya usaha atau toko. Jika kamu mau mendapatkannya harus mengajukan langsung ke bank. Kamu bisa melihat di toko-toko seperti indomaret, mall, cafe, restoran, hingga hotel pun menyediakan alat transaksi yang satu ini.

Cara Kerja Mesin EDC

Umumnya cara kerja dari mesin EDC ini dilakukan dengan menggesekkan kartu oleh kasir dan menunggu sampai proses transmisinya berhasil. Selanjutnya kasir akan menginput jumlah nominal belanjaan konsumen pada mesin ini. setelah itu konsumen memasukkan PIN kartu sebagai persetujuan pembayarannya. Apabila transaksi berhasil dilakukan, maka dari mesin tersebut akan keluar struk tanda bukti pembayaran. Ketika kamu menggunakan kartu debit untuk transaksinya, maka otomatis saldo di rekening akan terpotong. Sementara bagi yang memakai kartu kredit, tagihan akan ditambahkan langsung.

Mesin EDC ini punya beberapa fungsi yang ditawarkan, diantaranya adalah:

  • Alat pembayaran gesek non-tunai.
  • Mempermudah proses transaksi.
  • Memudahkan konsumen saat melakukan pembayaran tanpa perlu mengeluarkan uang tunai. Terlebih jika belanjaannya lebih dari tiga juta.
  • Mempercepat dan mempermudah kerja kasir tanpa harus memberikan uang kembalian kepada konsumen.
  • Meminimalisir resiko kejahatan, seperti membayar dengan uang palsu.
  • Mempersingkat waktu saat bertransaksi.

Mengetahui fungsi dari mesin EDC yang sangat menguntungkan, maka banyak para pengusaha yang mulai menggunakan mesin tersebut. Akan tetapi pemakaian mesin ini perlu dilengkapi dengan Sales Point of Sale (POS), dengan maksud menghindari human error/operator dalam menginput data ke mesin EDC ataupun ke komputer.

Terjadi kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal, yang pastinya akan menyulitkan semua pihak yang bersangkutan. Supaya tidak terjadi, menghubungkan sistem POS dengan mesin EDC adalah langkah yang tepat karena sistem tersebut mampu merevisi kesalahan input tadi.

Manfaat Mesin EDC

Mesin EDC juga menghadirkan sejumlah manfaat bagi penggunanya. Hampir semua kegiatan bisnis saat ini menggunakan mesin ini yang secara langsung memberikan dampak pada perkembangan bisnis itu sendiri. Lalu apa manfaat yang bisa didapat dari mesin kartu kredit/debit ini?

Menghemat Waktu Transaksi

Bisnis yang sibuk seperti restoran ataupun kafe tidak sempat untuk melayani konsumen yang bertele-tele dalam proses pembayaran. Belum lagi jika kasir harus lebih dulu menghitung berapa uang kembalian, pasti akan tambah lama. Waktu yang terbuang itu bisa dipersingkat jika konsumen membayar memakai mesin EDC.

Penjualan Jadi Meningkat

Kemudahan dalam bertransaksi jadi salah satu hal yang menarik minat konsumen untuk datang ke toko kamu. Apabila konsumen mengetahui di tempat usahamu menggunakan mesin EDC, kemungkinan besar mereka akan belanja lebih banyak.

Proses Pembukuan Lebih Mudah

Dengan menggunakan mesin EDC dalam bertransaksi, secara otomatis akan tersimpan ke dalam program pembukuan. Sehingga kamu bisa dengan mudah proses pembukuannya dari penjualan yang dilakukan pada hari itu.

Lebih Mudah di Kontrol

Menggunakan mesin EDC saat bertransaksi juga mempermudah melakukan kontrol, baik oleh pemilik usaha maupun pihak bank. Dengan begitu pihak bank bisa langsung mencegah apabila ada transaksi yang mencurigakan.

Menghindari Kecurangan Dana

Jika terjadi kecurangan, seperti penggelapan dana yang kemungkinan dilakukan oleh karyawannya bisa langsung diketahui. Itu karena mesin ini mampu mendata semua transaksi secara elektronik dan akan sangat sulit untuk dicurangi. Oleh karena itu, bisnismu akan lebih aman terkendali.

Cara Mendapatkan Mesin EDC

Jika kamu ingin mengajukannya ke pihak bank, ada beberapa syarat yang tentunya harus dipenuhi. Pertama, kamu mengajukan ke pihak bank dimana kamu menjadi nasabahnya, atau kamu harus jadi nasabah bank yang bersangkutan. Misalnya kamu mau beli mesin EDC Bank BRI, maka kamu harus buka rekening di Bank BRI, bisa rekening biasa maupun giro.

Kenapa begitu? Supaya saat pembayaran atau terjadi transaksi, dananya bisa langsung di transfer ke rekening kamu. Selain itu, adapun dokumen-dokumen yang harus kamu bawa saat mengajukan mesin EDC ke bank sebagai syaratnya, yaitu:

  1. KTP/Passport
  2. NPWP Perorangan/Badan
  3. SIUP/TDP/Surat Keterangan Domisili
  4. Surat Keterangan Sewa Tempat Usaha/Sertifikat Kepemilikan Tempat
  5. Akta Pendirian
  6. Buku Rekening Tabungan

Setelah dokumen-dokumen tersebut kamu siapkan, selanjutnya datangi langsung ke bank dan mengisi formulir permohonan. Setelah itu nanti akan diproses langsung oleh customer service. Namun, kamu tanyakan lebih detail soal persyaratannya ke bank terkait karena mungkin masing-masing bank punya ketentuan berbeda.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Artikel Terkait