Saham

Mengenal Risiko Pasar dalam Investasi dan Cara menghadapinya

Ajaib.co.id – Risiko pasar atau market risk merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Selalu ada risiko yang mungkin akan terjadi dalam setiap tindakan yang dilakukan. Dalam melakukan investasi, kita perlu mengetahui tentang risiko ini agar bisa bersiap untuk menghadapinya.

Menurut Wikipedia, pengertian risiko pasar adalah suatu risiko yang muncul akibat menurunnya nilai suatu investasi yang disebabkan adanya pergerakan pada faktor-faktor pasar. Jadi, risiko ini merupakan kemungkinan kerugian finansial yang disebabkan oleh pergerakan pasar.

Pergerakan pasar ini tidak dapat diprediksi secara pasti. Para ahli hanya dapat melakukan analisa-analisa terhadap faktor-faktor pemicu yang terjadi. Maka, sebelum potensi kerugian akibat risiko pasar ini benar-benar terjadi, kamu bisa melakukan beberapa langkah pencegahan untuk memperkecil risiko.

Jenis-Jenis Risiko Pasar

Risiko pasar dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis. Jenis-jenis risiko ini dapat berpengaruh terhadap pergerakan aset yang kita miliki. Dampak yang ditimbulkan dari pergerakan jenis-jenis risiko ini berbeda-beda untuk beberapa bidang bisnis maupun investasi.

Jadi, kamu dapat mengenali risiko pasar mana yang lebih relevan untuk jenis bisnis dan investasi yang kamu lakukan.

Berikut ini jenis-jenis risiko pasar yang perlu kamu ketahui.

1.     Risiko Harga Pasar Saham

Harga saham yang fluktuatif adalah hal yang wajar. Namun, adanya risiko harga pasar saham tetap perlu diwaspadai. Ketika terjadi kondisi tertentu, pergerakan harga saham ini dapat sangat berpengaruh terhadap aset yang diinvestasikan. Sehingga potensi kerugian finansial akan muncul.

2.     Risiko Suku Bunga

Risiko suku bunga ini dapat terjadi karena adanya pergerakan naik dan turunnya suku bunga. Hal ini dapat terjadi karena faktor fundamental seperti perubahan kebijakan moneter yang di tetapkan otoritas.  

3.     Risiko Nilai Tukar Mata Uang Asing

Naik dan turunnya nilai tukar mata uang terhadap mata uang asing dapat menyebabkan timbulnya risiko. Terutama bila aktivitas investasi dan transaksi bisnis banyak dilakukan dengan negara lain. Kamu perlu mempertimbangkan risiko nilai tukar mata uang asing ini.

4.     Risiko Komoditas

Harga komoditas juga cenderung fluktuatif. Pergerakan harga komoditas yang terlalu ekstrem dapat menimbulkan potensi kerugian finansial dan penurunan nilai aset yang dimiliki. Risiko komoditas ini menjadi momok tersendiri untuk perusahaan yang berkaitan dengannya.

Penyebab Timbulnya Risiko Pasar

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya risiko pasar. Mulai dari faktor penyebab yang ringan dan terjadi hampir setiap hari sampai dengan kejadian luar biasa yang yang tiba-tibamuncul dan menimbulkan kerugian finansial di berbagai bidang bisnis.

Penyebab risiko yang paling umum adalah adanya sentimen-sentimen, baik sentimen negatif maupun sentimen positif. Pemicu dari sentimen ini bermacam-macam, seperti adanya akuisisi perusahaan, kasus yang viral di media sosial, isu-isu ekonomi, dan lain sebagainya.

Penyebab timbulnya risiko lainnya yang cukup berpengaruh adalah situasi politik di suatu negara. Pergerakan harga pasar dapat dipengaruhi dengan kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Apalagi jika kebijakan tersebut kontroversial dan menimbulkan banyak perdebatan.

Terjadinya resesi ekonomi juga sangat berpengaruh terhadap adanya risiko pasar yang sangat besar. Selain itu, kerusuhan dan adanya bencana alam besar juga dapat menjadi penyebab munculnya risiko.

Investasi Aman Tanpa Risiko Pasar?

Keuntungan dan risiko adalah dua hal yang berbanding lurus. Semakin tinggi potensi keuntungan yang ingin diperoleh, maka akan semakin banyak risiko kerugian yang mungkin terjadi. Keuntungan dan risiko seperti dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.

Risiko pasar termasuk risiko sistematis yang tidak dapat diminimalisir hanya dengan melakukan diversifikasi portofolio. Hal ini dikarenakan risiko sistematis mengacu pada market risk secara keseluruhan dan tidak dapat dihindari.

Untuk menghadapi risiko ini dalam investasi, salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan melakukan lindung nilai. Disarankan untuk menggunakan kontrak berjangka atau opsi. Menempatkan investasi dalam jangka panjang dapat meminimalisir risiko yang mungkin terjadi dalam jangka pendek.

Kamu juga tidak perlu panik dalam menghadapi risiko pasar yang mungkin terjadi. Dalam melakukan investasi yang tepat, kamu perlu melakukan analisa dan profil risiko. Jika kamu termasuk orang yang memiliki profil risiko rendah, maka sebaiknya kamu tidak menempatkan investasi yang berisiko tinggi.

Sebaliknya, jika profil risikomu tinggi, kamu bisa menempatkan investasi yang memberikan keuntungan lebih tinggi.

Cara ini tentu tidak dapat benar-benar menghilangkan risiko, namun telah terbukti dapat memperkecil risiko yang mungkin terjadi. Sangat penting untuk menyesuaikan penempatan investasi dengan tujuan yang ingin dicapai serta profil risiko masing-masing.

Kamu tidak dapat menghilangkan risiko yang akan terjadi dalam melakukan investasi. Namun, kamu bisa menghilangkan keribetan dalam investasi saham dan reksa dana.

Kok bisa? Bisa banget. Investasi melalui aplikasi Ajaib praktis dan enggak ribet. Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa membuat akun dan membuka rekening saham secara online.

Cukup menggunakan smartphone, kamu tidak perlu mondar-mandir ke kantor sekuritas untuk melakukan investasi saham dan reksadana.

Tidak perlu ragu untuk investasi saham dan reksadana melalui Ajaib. Ajaib Group telah berpengalaman puluhan tahun sebagai perusahaan sekuritas ternama. Perusahaan ini telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dan IDX.

Kalau kamu membuka akun di aplikasi Ajaib, kamu bisa mendapatkan beberapa program promosi. Kamu bisa mengajak temanmu untuk membuka rekening juga dengan menggunakan kode referral milikmu. Ada banya reward menanti dan biaya transaksinya pun kompetitif. Makin senang investasi dengan Ajaib, bukan?

Artikel Terkait