Investasi, Reksa Dana

Mengenal Endowment Fund: Investasi Nirlaba Reksa Dana Abadi

Sumber: Pexels

Ajaib.co.idEndowment fund mulai banyak bermunculan di Indonesia. Walaupun tidak sepopuler jenis-jenis reksa dana lainnya, menjadi kebanggaan tersendiri bagi manajemen investasi untuk meluncurkan produk reksa dana abadi ini.

Dana yang dihasilkan dari endowment fund sangat bermanfaat. Dana tersebut dapat digunakan untuk berbagai kegiatan sosial seperti pelestarian lingkungan, beasiswa pendidikan, membangun tempat ibadah, dan lain-lain.

Apa itu endowment fund? Apa saja bentuk-bentuk endowment fund? Apa perbedaannya dengan reksa dana syariah? Kita cari tahu, yuk!

Pengertian dan Bentuk-Bentuk Endowment fund

Secara etimologi, endowment fund berasal dari Bahasa Inggris yang artinya dana sumbangan. Dapat diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, endowment fund disebut juga dana abadi. Dana sumbangan atau dana abadi ini dapat dibentuk oleh instansi, perusahaan, atau organisasi.

Dilansir dari Investopedia, pengertian endowment fund adalah suatu dana investasi yang dibentuk oleh instansi dan akan dilakukan penarikan secara berkala untuk digunakan membiayai operasional atau kegiatan tertentu. Pada umumnya, dana abadi ini digunakan untuk kegiatan sosial yang ditentukan.

Endowment fund disebut dana abadi karena pada umumnya dikelola untuk kebutuhan dalam jangka panjang. Sehingga kegiatan mengumpulkan dan menyalurkan dana dilakukan secara terus menerus, tidak dihabiskan dalam satu program sosial saja. 

Contoh penggunaan dana abadi antara lain untuk memberikan bantuan pendidikan kepada pelajar yang tidak mampu. Ketika pelajar tersebut telah lulus sekolah, maka akan ada pelajar lainnya yang mendapatkan bantuan dana pendidikan tersebut.

Beberapa perguruan tinggi juga membentuk dana abadi untuk mengakomodir sumbangan dari para donatur. Dana abadi ini digunakan untuk membangun fasilitas yang dibutuhkan serta pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang memenuhi kriteria. 

Bentuk-bentuk endowment fund terdiri dari:

  1. Endowment fund, yakni dana yang dikelola oleh suatu instansi atau lembaga untuk kebutuhan tertentu, tanpa ada batasan waktu. Proses pengumpulan dana serta penyaluran dana dilakukan secara berkesinambungan.
  2. Sinking fund, yakni dana yang dikumpulkan untuk suatu tujuan tertentu dan harus dihabiskan untuk program yang telah ditentukan. Misalnya dibentuk sinking fund untuk membangun rumah ibadah di daerah terpencil, target perolehan dana telah ditetapkan berapa dana yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut. Kemudian donatur dapat mulai mengirimkan donasinya. Setelah target perolehan dana tercapai, sinking fund dapat ditutup dan dana yang terkumpul dihabiskan sesuai dengan peruntukannya.
  3. Revolving fund, yakni dana cadangan bergulir yang digunakan untuk program-program tertentu yang bergulir. Misalnya dana untuk modal usaha kecil yang dipinjamkan kepada beberapa orang, setelah lunas dana ini akan dipinjamkan kepada orang lainnya yang membutuhkan. Pengelola dana dapat memperoleh imbal hasil dari dana pinjaman yang disalurkan.
  4. Dana campuran, yakni aktivitas pengumpulan dan penyaluran dana dengan menggunakan metode kombinasi dari bentuk endowment fund lainnya. Dana campuran ini banyak dibentuk karena lebih fleksibel dalam pengelolaannya.

Investasi Sambil Beramal Melalui Endowment fund Reksa Dana

Reksa dana abadi merupakan sarana investasi yang berkesinambungan dan imbal hasil yang diperoleh diperuntukkan bagi tujuan-tujuan sosial yang bersifat nirlaba. Contoh penggunaannya antara lain untuk pemberian beasiswa pendidikan, membantu korban bencana alam, pembangunan rumah ibadah, dan lain-lain.

Secara spesifik, belum ada definisi endowment fund secara resmi dari BAPEPAM-LK maupun peraturan OJK. Namun, reksa dana berbasis sosial tersebut telah dibentuk oleh beberapa manajemen investasi di Indonesia.

Reksa dana abadi pada dasarnya dikelola mirip dengan pengelolaan reksa dana konvensional. Namun terdapat klausul khusus dalam Kontrak Investasi Kolektif atau antara manajer investasi dengan investor. Klausul ini biasanya menyebutkan bahwa sebagian dari biaya pengelolaan atau imbal hasil dari investasi akan didonasikan untuk kegiatan sosial.

Jika dilihat, reksa dana abadi ini memiliki kemiripan dengan proses cleansing pada reksa dana syariah. Dalam proses cleansing ini, sebagian dana investasi maupun imbal hasil dari reksa dana dikeluarkan untuk kegiatan sosial.

Perbedaan reksa dana abadi dengan reksa dana syariah adalah pada sumber dana tersebut dan kontinuitasnya. Pada reksa dana syariah, proses cleaning atau pembersihan bertujuan untuk mengeluarkan dana yang tidak memenuhi prinsip syariah Islam. 

Perolehan dana yang tidak memenuhi prinsip syariah tersebut tidak dapat dihindari, namun akan dikeluarkan secara berkala untuk kegiatan sosial. Dapat diartikan bahwa dana untuk cleansing pada reksa dana syariah tersebut belum tentu selalu ada.

Hal ini berbeda dengan reksa dana abadi. Reksa dana abadi memang dibentuk dengan tujuan nirlaba. Sehingga investor yang menempatkan dananya pada instrumen ini sudah mengetahui bahwa ada sebagian atau seluruh dananya yang digunakan untuk kegiatan sosial. Dana tersebut bersifat abadi yang memang disisihkan secara khusus sehingga tersedia dalam jangka panjang.

Di Indonesia, beberapa manajemen investasi telah membentuk reksa dana endowment fund ini sejak bertahun-tahun yang lalu. Imbal hasil digunakan untuk berbagai kegiatan sosial dengan tema tertentu. Misalnya untuk konservasi alam, pelestarian budaya, serta pengembangan pendidikan.

Mengingat tujuan investasi pada umumnya adalah untuk mencari keuntungan, makan investasi dengan tujuan sosial seperti reksa dana abadi kalah populer dengan jenis reksa ada lainnya. Masyarakat relatif lebih memilih bentuk donasi lainnya untuk memberikan sumbangan kegiatan sosial.

Endowment fund reksa dana dapat menjadi pilihan dalam berinvestasi. Kamu dapat berdonasi untuk kegiatan sosial dan turut serta mendukung program yang sedang dijalankan. Pilihlah reksa dana abadi yang sesuai dengan profilmu. Percaya deh, investasimu akan lebih berkembang jika sebagian hasilnya digunakan untuk menolong sesama.

Artikel Terkait