Mempersiapkan Dana Darurat Ajaib

Sejumlah uang yang dipersiapkan sebagai dana darurat

Investor Ajaib, sudahkah kamu menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk dana darurat? Atau jangan-jangan kamu belum memahami pentingnya memiliki dana darurat?

Meskipun kamu sudah memiliki perencanaan pengeluaran yang cukup matang setiap bulannya, tidak jarang terjadi insiden yang memaksamu untuk menggunakan anggaran uang yang telah dipersiapkan untuk kebutuhan lain. Kebutuhan untuk penggunaan dana secara mendadak dan untuk hal tidak diduga ini adalah alasan kenapa kamu harus memiliki simpanan yang dinamakan dana darurat.

Dengan kata lain, dana ini adalah sebagian dari gaji bulanan yang kamu sisihkan untuk digunakan hanya dalam keadaan yang genting dan butuh solusi finansial cepat. Tidak pernah ada yang tahu kapan dan seperti apa kondisi darurat yang akan menghampiri kita, kan? Oleh karena itu persiapan dana darurat pun harus serius dengan porsi yang disesuaikan dengan pengeluaran bulanan kamu.

Jika kamu belum menikah, kamu harus menyisihkan uang yang setara dengan tiga kali lipat pengeluaran bulanan kamu. Jadi, jika kamu menganggarkan Rp5.000.000,00 setiap bulannya untuk menutupi kebutuhan-kebutuhan dasar seperti tagihan cicilan rumah, biaya transportasi dan biaya makan, maka setidaknya kamu harus memiliki simpanan darurat sebesar Rp15.000.000,00.

Lain hal jika kamu telah berkeluarga dan memiliki tanggungan. Untuk mempersiapkan dana darurat, kamu harus menyisihkan uang sebesar enam kali lipat pengeluaran bulananmu.

Kenapa begitu besar? Tentu saja, karena jika kamu sudah keluarga maka risiko keuangan tidak hanya dari dirimu saja. Kamu pasti akan membutuhkan uang untuk menutupi keadaan darurat yang menimpa anggota keluarga yang menjadi tanggunganmu.

Bagaimana Cara Terbaik Mengumpulkan Uang?

Tentunya menyisihkan uang sebesar tiga kali atau bahkan enam kali pengeluaran bulanan bukanlah hal yang mudah. Berbagai macam tantangan akan muncul di hadapanmu. Mulai dari panggilan hasrat konsumtif hingga keinginan menolong teman atau saudara yang datang meminjam uang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu tanamkan dalam diri kamu bahwa dana darurat adalah aspek keamanan finansial yang tidak bisa kamu hindari. Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah dana darurat tidak boleh digunakan selain dalam kondisi darurat. Artinya, dana darurat tidak bisa kamu ‘pinjam’ sebentar untuk menambah anggaran liburan atau membeli gadget terbaru.

Memang sulit, namun pasti ada cara untuk mengumpulkannya jika kamu sungguh-sungguh dan disiplin.

Dalam perencanaan keuangan, disiplin adalah kunci utama. Jika kamu ingin menabung untuk bisa mencapai besaran dana darurat yang sesuai dengan kebutuhanmu, maka sebaiknya kamu menabung di bank supaya tabunganmu menghasilkan bunga atau pendapatan pasif.

Namun, cara paling bijak dalam memenuhi jumlah dana darurat yang tidak sedikit adalah dengan berinvestasi. Investasi apa yang paling tepat untuk mengumpulkan dana darurat?

Dana Darurat Ajaib

Jangan bingung, jangan gundah. Di Ajaib, kamu akan menemukan jenis investasi bertujuan khusus yang akan membantu kamu merencanakan kebutuhan finansial dalam kondisi darurat. Investasi untuk mengumpulkan dana darurat ini termasuk ke dalam investasi risiko rendah. Artinya, meskipun kondisi ekonomi sedang tidak pasti, kamu akan mendapatkan return yang lebih tinggi dari tingkat inflasi.

Hal lain yang juga penting, dengan berinvestasi kamu bisa menarik dana yang kamu kumpulkan ini kapan saja. Bayangkan jika kamu menaruh dana daruratmu di instrumen yang tidak membolehkanmu menarik uangmu dalam jangka waktu tertentu, padahal tidak ada yang tahu kapan kondisi genting itu muncul.

Nah, makanya, salah satu syarat utama dalam mengumpulkan dana darurat adalah aset tersebut harus memiliki likuiditas tinggi yang memungkinkanmu menjual aset tersebut kapan saja.

Jika kebanyakan orang kebingungan memilih instrumen investasi yang paling cocok untuk mempersiapkan dana darurat, di Ajaib, persiapan dana daruratmu telah dipersonalisasi sedemikian rupa agar instrumen investasi yang akan kamu pilih sudah sangat sesuai denga profil risikomu serta pengeluaran bulananmu.

Dalam aplikasi, berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti sebelum mendapatkan rekomendasi investasi terbaik untukmu dalam mempersiapkan dana untuk kondisi darurat:

  1. Masukan jumlah pengeluaran bulananmu. Jika kamu tidak yakin perihal jumlah keseluruhannya, kamu dapat memasukan komponen pengeluaran bulananmu seperti anggaran untuk:
    • Cicilan rumah, apartemen atau sewa kos per bulan
    • Tagihan listrik, air per bulan
    • Tagihan internet, telepon per bulan
    • Biaya transportasi per bulan
    • Bayar hutang atau tagihan kartu kredit per bulan
    • Pengeluaran untuk makan per bulan
    • Biaya sekolah anak (jika ada) per bulan
  2. Setelah itu, kamu akan mendapatkan jumlah minimum dana darurat yang harus kamu persiapkan. Angka ini adalah hasil kalkulasi dari jumlah pengeluaran bulananmu dikali enam. Dikalikan enam karena dana darurat yang kamu persiapkan harus mampu menutupi kebutuhan utamamu minimal selama enam bulan ketika kamu sedang berada di tengah bencana finansial.
  3. Dalam fitur aplikasi Ajaib ini, kamu juga akan diberikan rekomendasi jumlah uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya guna mencapai target dari total kebutuhan dana darurat. Kalkulasi di tahap ini memperhatikan berbagai aspek seperti durasi yang harus kamu penuhi dalam mencapai target dana darurat (asumsi utama adalah 12 bulan) serta return tahunan dari instrumen investasi kamu (contoh: investasi di salah satu reksa dana pasar uang dengan return 6 persen per tahun).
  4. Langkah terakhir adalah memilih instrumen investai dari rekomendasi yang telah diberikan oleh Ajaib. Rekomendasi ini nantinya akan berbentuk ‘paket investasi’ yang terdiri dari beberapa opsi instrumen investasi terbaik. Jangan khawatir, rekomendasi ini sudah menerapkan metode diversifikasi yang akan meminimalisir risiko investasi.

Cobaan keuangan kerap datang tanpa mengenal waktu. Tidak sedikit orang-orang yang terpuruk begitu dalam ketika tertempa badai finansial karena perencanaan keuangan mereka tidak dilengkapi persiapan dana darurat yang sesuai. Jangan biarkan cobaan finansial menghalangi rencana-rencana besar dalam hidupmu. Siapkan dirimu dari sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait