Rumah Tangga Masa Kini

Manfaatkan Filter Youtube Go Sebelum Anak Menonton

Filter Youtube Go

Ajaib.co.id – Kehadiran Youtube yang memberikan layanan streaming video secara gratis, seolah menjadi solusi untuk mendapatkan tontonan video yang informatif dan menghibur. Apalagi bagi kamu yang sudah memiliki anak.

Untuk mendapatkan tontonan yang cocok dikonsumsi oleh anak-anak, di mana ada unsur hiburan sekaligus pelajaran, kamu bisa memanfaatkan keberadaan Youtube. Apalagi kini Youtube telah mengeluarkan aplikasi versi terbaru yaitu Youtube Go yang memungkinkan kamu untuk mengunduh dan menyimpan video, lalu menontonnya di lain waktu.

Nah, kamu bisa memanfaatkan fitur download atau unduh ini pada video untuk anak-anak. Namun sebelumnya, kamu harus memanfaatkan filter Youtube Go.

Hal ini dilakukan agar anak-anak nantinya tidak mengkonsumsi tayangan atau video yang tidak seharusnya atau bersifat dewasa. Dengan memanfaatkan filter Youtube Go untuk anak, kamu tidak perlu mengawasi tontonan yang sedang disaksikan oleh anak-anak setiap waktu. Mengingat, ada jutaan video yang tersebar di Youtube dan dapat disaksikan oleh siapa saja.

Selain itu, filter Youtube Go untuk anak ini merupakan salah satu dari beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tayangan-tayangan yang baik, informatif, dan juga menghibur bagi anak.

Lalu, bagaimana cara melakukan setting filter Youtube Go untuk anak? Nah, berikut ini penjelasan yang bisa kamu pahami.

Mengatur Filter Youtube Go untuk Anak

Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab setiap orang tua untuk mengawasi tayangan atau video yang dikonsumsi oleh anak terutama melalui Youtube. Mengingat video apapun yang ingin dilihat sudah pasti melalui layanan streaming Youtube.

Untuk mengawasi dan membatasi beberapa jenis tontonan bagi anak, kamu bisa melakukan setting pada aplikasi Youtube baik di smartphone atau tablet, berdasarkan kategorinya. Berikut penjelasan langkah-langkah melakukan setting filter Youtube Go untuk anak:

●       Ketika masuk ke dalam aplikasi Youtube yang ter-install di smartphone atau tablet, lalu kamu klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas.

●       Ikon tersebut merupakan pilihan beberapa menu, lalu kamu pilih menu setting.

●       Di menu setting akan muncul beberapa pilihan, kemudian pilih general.

●       Pada bagian general ini ada pilihan Restricted Mode, lalu kamu pilih On untuk mengaktifkannya.

●       Setelah pilihan Restricted Mode telah diaktifkan, maka secara otomatis Youtube akan membatasi video-video dengan unsur dewasa.

Tentunya sangat mudah untuk dilakukan bagi kamu dalam mengawasi setiap video atau tayangan yang dikonsumsi oleh anak-anak. Setiap video yang ditonton oleh anak kamu pastinya akan memberikan informasi dan hiburan tanpa khawatir dengan unsur-unsur vulgar di dalamnya karena kamu yang telah mengaktifkan filter Youtube Go untuk anak.

Tambahan Tips Mengatur Keamanan Tayangan Youtube bagi Anak

Melakukan setting dengan filter Youtube Go untuk anak merupakan salah satu cara dalam mengantisipasi tayangan dewasa atau vulgar yang satu waktu dapat muncul.

Nah ternyata, ada beberapa cara lain yang dapat kamu lakukan jika dirasa filter Youtube Go untuk anak dirasa masih belum sepenuhnya aman. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah keamanan pada tayangan Youtube bagi anak:

Membuat Akun Keluarga

Pada dasarnya, cara yang satu ini sama halnya dengan membuat akun baru. Di mana, kamu akan membuat akun Google baru dan menggunakan akun tersebut untuk digunakan bagi anak-anak. Hal ini untuk membedakan rekomendasi tayangan berdasarkan riwayat tayangan.

Misalkan saja, jika kamu habis menonton video dengan kategori yang mengandung unsur kekerasan atau dewasa, tidak akan bercampur dengan tayangan bagi anak kamu.

Kamu bisa menggunakan akun baru tersebut khusus untuk tontonan bagi anak-anak. Selain itu, kamu juga dapat memantau riwayat atau history yang sudah ditonton oleh anak.

Membuat Daftar Putar atau Playlist Tertentu

Untuk membatasi tayangan yang cocok dan tidak bagi anak, kamu bisa membuat daftar putar yang sesuai dengan usianya. Dengan begitu, setiap rekomendasi video masih dalam kategori yang sama yaitu untuk anak-anak seperti video kartun pembelajaran, hiburan, dan masih banyak lainnya.

Memastikan Tayangan yang Sudah Sesuai untuk Anak-Anak

Sebisa mungkin, kamu memilih kanal untuk tayangan anak di Youtube yang sesuai usianya dengan melihat video terlebih dahulu. Kamu juga bisa memilih kanal-kanal Youtube yang sudah terjamin kualitas isi dari setiap videonya. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan tayangan yang ditonton oleh anak-anak.

Memberikan Edukasi dan Pemahaman akan Tayangan yang Ditonton

Selain mengawasi dan membatasi setiap tayangan yang dikonsumsi oleh anak, kamu juga harus memberikan penjelasan dan edukasi terkait hal-hal tersebut. Edukasi anak dengan pemahaman yang dapat dimengerti seperti tayang yang ada unsur kekerasan dan dewasa serta menjelaskan dampak negatif dan positif yang akan didapat.

Kamu juga bisa mengedukasi anak tentang istilah bullying online agar anak dapat memahami dan mengantisipasi hal-hal yang mereka mengerti secara tepat.

Mengawasi dan membatasi tayangan yang ditonton oleh anak seperti filter Youtube Go untuk anak merupakan cara bijak bagi kamu sebagai orang tua yang peduli dengan perkembangan pola pikir anak. Mengingat, apa yang mereka tonton akan memberikan pemahaman pada suatu hal dan cara menyikapinya.

Hal ini karena proses tumbuh kembang anak sangat rentan jika tidak didampingi dan dibimbing oleh orang tua. Pastinya kamu ingin memiliki anak yang pintar dan memiliki pendidikan berkarakter. Untuk mewujudkan keinginan dan harapan kamu bagi anak-anak, pastinya kamu menginginkan pendidikan yang layak bagi anak.

Pastinya kamu ingin memberikan pendidikan yang berkualitas dengan menyekolahkan anak-anak di tempat yang berkualitas pula. Mengingat biaya sekolah atau pendidikan kini tidaklah murah, kamu harus mempersiapkan keuangan yang cukup untuk mewujudkannya. Kamu harus merencanakan keuangan untuk pendidikan anak di masa mendatang dengan rentang waktu beberapa tahun.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai untuk menabung sedini mungkin agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak. Salah satu alternatif menyimpan dan mengelola uang adalah menggunakan instrumen investasi yang dapat menghasilkan keuntungan yaitu investasi saham.

Dengan modal awal yang kecil, kamu bisa memperoleh keuntungan besar dengan berinvestasi saham. Apalagi kini investasi saham bisa dilakukan dengan mudah secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi melalui instrumen saham dan reksa dana.

Dengan menggunakan fitur Ajaib saham, kamu bisa membuat rekening saham langsung melalui smartphone. Dengan begitu kamu bisa mulai bertransaksi jual beli saham melalui aplikasi Ajaib.

Berinvestasi saham melalui Ajaib tentu bisa menjadi media kamu dalam mengelola dan merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang seperti biaya pendidikan bagi anak.

Jadi tunggu apalagi, yuk download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

“filter youtube go untuk anak, youtube, anak, orang tua, investasi”

Artikel Terkait