Perencanaan Keuangan

Lolos dari Gadai Ilegal dengan 5 Cara Ampuh Ini

lolos dari gadai ilegal

Ajaib.co.id – Jangan sampai kamu terjerat oleh iming-iming gadai ilegal. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan membagikan cara lolos dari gadai ilegal. Bagi kamu yang ingin lolos dari gadai ilegal ini, yuk simak ulasan berikut.

Walaupun pergadaian terlihat seperti mesin dana cepat, namun masih banyak orang yang terjebak ke dalam sistem gadai ilegal yang merugikan nasabah. Apalagi dengan suku bunga yang tinggi dan sistem yang rumit.

Jika kamu adalah salah satu orang yang salah memilih perusahaan gadai, dan terjebak di lingkaran yang sama, maka kamu harus mencoba untuk membebaskan diri dari lingkaran tersebut dan berusaha untuk tidak merugi (walaupun dengan kemungkinan kecil).

Jangan berkecil hati, kamu tetap dapat lepas atau bebas dari jahatnya sistem gadai ilegal yang menjeratmu dan banyak nasabah lainnya dengan bunga yang tinggi dan ketidak transparanan sistem yang dimilikinya.

Selain mempelajari hal-hal seperti perbedaan pergadaian legal dan ilegal, berikut adalah cara untuk lolos gadai ilegal, dengan menekan biaya kerugian yang kamu alami selama ini.

1. Membayar Bunga

Mungkin akan terdengar ‘tidak bijak’ bagi kebanyakan orang, namun pada kenyataannya kebanyakan orang tidak mampu untuk melunasi atau menebus barang yang dijamin di perusahaan gadai secara sekaligus.

Membayar bunga adalah jalan kecil yang bisa kamu pilih untuk tetap bertahan dalam kepemilikan barang yang dijamin hingga kamu dapat melunasi atau mengembalikan uang pinjaman yang kamu dapatkan.

Walaupun bunga yang diterapkan terasa tidak masuk akal untukmu, kamu harus tetap membayarnya demi jalan yang lebih baik ke depannya. Dan ini adalah strategi awal untuk dapat menebus barang yang kamu jamin di perusahaan gadai ilegal.

2. Menabung untuk Melunasi

Iya, benar. Kamu harus menabung. Kamu telah dirugikan dengan nilai barang yang direndahkan dan suku bunga gadai yang sangat tinggi. Dan inilah saatnya untuk mendapatkan atau menebus barang jaminanmu kembali.

Setelah kamu mengetahui atau sadar akan pilihan yang salah, cobalah untuk menyisihkan penghasilanmu sedikit demi sedikit untuk menebus barang gadaian. Tentu saja, biaya yang akan dikenakan akan terasa ‘tidak masuk akal’, tapi ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan keuntunganmu.

Jangan takut kehilangan uangmu, khawatirlah dengan nasib barangmu yang ‘belum tentu’ aman di pergadaian ilegal. Dan berpikirlah ke depan, tentang bagaimana kamu akan memilih pergadaian yang lebih terpercaya dan tidak memberatkanmu.

Bulatkan tekadmu untuk menabung dan miliki tujuan untuk segera melunasi atau menebus barangmu dengan segera. Kamu akan lebih untung untuk memiliki barang jaminanmu kembali daripada harus kehilangannya di lelang barang.

3. Mencari Celah untuk Bernegoisasi

Sistem yang tidak transparan dan semuanya serba tertutup. Manfaatkan kebobrokan sistem ini dengan bernegoisasi ke pemilik perusahaan gadai. Jika dia mengizinkan, kamu akan dapat diberi waktu lebih untuk menebus kembali barang yang kamu gadaikan.

Cobalah dengan bermain kartu simpati kepada pemilik gadai, dan yakinkan dengan janjimu untuk segera menebusnya. Dan pastikan si pemilik untuk tetap menjaga barang jaminanmu dengan aman dan disimpan secara tepat di tempat penyimpanan.

Karena dengan bernegoisasi, semuanya akan berakhir pada keberuntunganmu untuk mendapatkannya atau kehilangan kesempatan itu. Bersyukurlah jika pemilik gadai mau untuk menurunkan suku bunga gadai, namun di kebanyakan kasus, hal tersebut jarang atau tidak akan terjadi.

4. Minta Bantuan Teman atau Kerabat

Jika di situasi ini kamu tidak dapat mengatasinya, dan cenderung menyerah dan merelakan barang jaminanmu. Maka, berhentilah mengeluh dan menyerah tentang semua hal yang kamu lakukan.

Manusia membuat kesalahan, dan itu wajar. Kamu memiliki teman atau kerabat yang dapat mendengarkan dan memberimu solusi atas kegelisahanmu. Jadi, berbicaralah kepada mereka dan mintalah bantuan kepada mereka.

Entah itu bantuan finansial atau moral, kamu akan merasakan perbandingannya jika kamu berusaha melakukannya semua sendiri. Meminta bantuan tidak akan membuat harga dirimu jatuh dan pecah berkeping-keping, namun dalam keadaan finansial yang lemah, kamu tidak memiliki pilihan lain.

Katakanlah dan jujurlah jika itu adalah pilihan yang salah dalam hidupmu, dan kamu akhirnya sudah belajar tentang hal tersebut. Kamu tidak akan pernah rugi untuk menceritakannya kepada teman atau kerabat terdekat. Percayalah, mereka akan memberimu dukungan!

5. Laporkan

Nasi sudah menjadi bubur, dan kesalahan memang tidak dapat diperbaiki atau kamu tidak dapat memutar ulang waktu. Jadikanlah pengalaman ini menjadi pengalaman yang pahit di hidupmu dan berjanjilah kamu akan membagi pengalaman ini kepada teman atau kerabatmu.

Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah melaporkannya ke Otoritas Jasa Keuangan, mereka mencari usaha gadai yang mencurigakan dan terindikasi ilegal, apalagi jika kamu adalah salah satu korban gadai ilegal.

Kamu dapat melaporkannya melalui kontak OJK di nomor 157, atau juga ke alamat email [email protected] atau [email protected], tentunya ini akan membantu banyak orang sebelum mereka tercebur ke lubang yang sama sepertimu.

Menjadi seseorang yang mengalami nasib buruk memang tidak enak, namun jangan biarkan perasaan atau pengalaman itu menimpa orang lain yang mungkin saja keadaan finansialnya jauh di bawah kamu. Lebih baik, kamu menyalamatkan mereka dengan segera melaporkannya ke pihak yang berwenang.

Itu dia adalah lima cara untuk lolos dari gadai ilegal yang marak di era seperti ini, kamu memang tidak akan lepas dari kerugian namun kamu bisa segera keluar dari lingkaran yang semakin lama akan semakin menjeratmu.

Dan gunakanlah pengalamanmu untuk mengajari orang-orang di sekitarmu betapa pentingnya untuk memilih pergadaian yang legal dan menghindari pergadaian ilegal. 

Artikel Terkait