Dunia Kerja

Lakukan Ini Agar Proses Mencari Pekerjaan Berjalan Lancar

Ajaib.co.id – Mencari pekerjaan di masa pandemi ini memang banyak tantangannya. Persaingan jadi lebih ketat karena satu lowongan bisa diminati oleh sekitar lima ratusan orang. Lalu, untuk rekrutmen pun harus dilakukan dari jarak jauh sehingga dibutuhkan koneksi yang bagus.

Walaupun begitu, kamu jangan menyerah dulu. Mencari pekerjaan mungkin sulit, tapi masih sangat bisa diusahakan. Masih ada perusahaan yang membutuhkan kemampuanmu untuk meningkatkan kinerja mereka. Yang perlu kamu lakukan adalah hal-hal di bawah ini agar proses mencari pekerjaan yang kamu lakukan berjalan dengan lancar.

1.   Manfaatkan portal pencari kerja online

Sekarang mencari pekerjaan itu mudah karena kamu bisa memanfaatkan beberapa portal pencari kerja online yang tersedia di Indonesia. Portal pencari kerja ini setiap harinya selalu update ratusan lowongan kerja dengan perusahaan yang berbeda-beda. Kamu pun tinggal mengajukan lamaran secara online.

Hal ini tentu bisa kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Dengan ponsel yang kamu miliki, kamu bisa melamar ke beberapa posisi. Pilih posisi yang benar-benar kamu inginkan, dan sesuai dengan kemampuan, serta pengalamanmu.

Jadi, kamu tidak perlu memaksakan melamar pekerjaan di banyak lowongan dengan posisi yang beragam. Semakin spesifik, akan semakin bagus.

Lalu, kamu bisa mencari pekerjaan tidak hanya di satu portal pencari kerja online, tapi bisa di beberapa portal lain. Kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan baru pun nanti akan semakin besar.

Kirimkan lamaranmu ketika di pagi hari di jam kerja. Biasanya para rekruter memeriksa lamaran yang masuk di waktu krusial itu.

2.   Siapkan referensi kerja, jangan hanya CV

Ketika mencari pekerjaan, kamu jangan hanya mengandalkan CV, tapi tambahkan dengan referensi kerja. Referensi kerja adalah rekomendasi yang bisa melancarkan proses pencarian kerjamu.

Referensi ini bisa didapatkan dari orang-orang yang kamu kenali, mulai dari kolega, mantan atasanmu, atau orang yang kamu kenali yang berada di perusahaan itu.

Referensi kerja ini sudah banyak membantu orang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya. Referensi kerja membuat proses lebih cepat. Perusahaan yang sedang butuh cepat karyawan pun ada yang mengandalkan cara ini.

Beberapa perusahaan ada yang bersedia menerima referensi, ada juga yang tidak. Jika perusahaan yang kamu tuju meminta referensi, kamu bisa langsung memanfaatkan hal ini.

Sebelum mengajukan referensi pada perusahaan yang dituju, jangan lupa untuk meminta izin dulu pada pihak yang ingin kamu mintai referensi. Mereka pasti bersedia memberikan referensi jika kamu meminta izin dengan cara yang pantas. Kamu bisa menyediakan surat referensi dari sekarang juga.

3.   Latih kemampuan wawancaramu

Proses wawancara adalah hal yang penting yang tidak boleh kamu remehkan. Di sini pihak rekruter akan memberikan penilaian yang lebih banyak dibandingkan ketika memeriksa CV yang kamu ajukan.

Untuk itulah kamu perlu berlatih untuk menjawab pertanyaan wawancara. Disarankan untuk jujur ketika menjawab berbagai macam pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Kamu juga perlu menjadi dirimu sendiri selama proses wawancara. Namun, kamu harus menyampaikannya secara elegan sehingga terkesan tidak kurang ajar.

Kamu bisa membaca tips-tips menjawab pertanyaan wawancara yang saat ini tersebar banyak di internet. Kamu akan dengan mudah menemukannya.

Lalu, jangan lupa mencari tahu lebih banyak tentang perusahaan yang kamu ingin masuki itu. Biasanya tidak hanya tentang pengalamanmu, mereka juga akan bertanya apakah kamu tahu tentang perusahaannya.

4.   Tingkatkan relasimu

Tidak dapat dipungkiri relasi ini sangat penting untuk mencari pekerjaan yang diinginkan. Dari relasi kamu bisa menemukan pekerjaan yang kamu cari, lalu meminta referensi pada orang yang kamu kenali.

Mendapatkan referensi biasanya memang hanya bisa dilakukan untuk orang yang telah saling kenal tidak hanya secara pribadi, tapi juga tahu tentang kemampuan masing-masing. Cara meningkatkan relasi adalah kamu bisa mengikuti komunitas-komunitas yang ada, lalu berkontribusi di dalamnya.

Walaupun di masa pandemi ini berkumpul menjadi sesuatu yang sulit, kamu tetap bisa menjalin komunikasi melalui online.

5.   Sembari mencari pekerjaan, ikuti pelatihan online

Proses mencari pekerjaan terkadang dirasa berat karena kamu tidak melakukan apa-apa. Di masa-masa ini kamu jangan membiarkannya kosong. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan yang kamu miliki. Semuanya bisa dilakukan secara online.

Biasanya pelatihan ini bisa diakses kapan saja, jadi kamu tidak akan kerepotan dalam mengatur jadwal. Setelah mengikuti pelatihan, kamu bisa mencantumkan pelatihan itu pada CV-mu. Tentu saja hal itu akan menjadi nilai tambahmu ketika mencari pekerjaan.

Carilah pelatihan online yang sesuai dengan yang kamu sukai, dan linear terhadap posisi pekerjaan yang kamu inginkan. Sekarang sertifikat pelatihan online pun bisa menjadi nilai tambah untuk para pencari kerja.

Apalagi pelatihan online ini ada yang tersedia berbayar dengan harga terjangkau, ada juga yang tersedia secara gratis.

6.   Terus mengajukan lamaran sampai mendapatkan pekerjaan impian

Jika kamu mengalami penolakan, kamu boleh bersedih, tapi kamu jangan patah semangat. Kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan baru masih terbuka lebar.

Masih banyak lowongan pekerjaan yang bisa kamu lamar, oleh karena itu terus ajukan lamaran sampai kamu mendapatkan pekerjaan yang sudah lama kamu impikan. Suatu hari kamu bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan yang layak dari pekerjaanmu itu.

Mendapatkkan pekerjaan baru memang butuh perjuangan dan melelahkan. Namun, suatu saat kelelahan yang kamu rasakan akan terbayarkan. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah untuk mencari pekerjaan yang akan sangat baik untuk masa depanmu. Selamat berjuang!

Artikel Terkait