Kegunaan Minyak Bumi Bagi Kehidupan dan Ekonomi

kegunaan minyak bumi
kegunaan minyak bumi

Sumber daya alam merupakan anugerah yang tak ternilai bagi kehidupan manusia. Adanya sumber daya alam ini tentu saja memberikan sejumlah manfaat untuk kebutuhan sehari-hari, baik itu untuk produksi atau pengolahan makanan, bahan pembuatan pakaian, untuk tempat tinggal, telekomunikasi, hingga transportasi. Salah satu sumber daya energi yang paling dibutuhkan manusia yaitu gas dan minyak bumi. Namun, tahukah kamu apa kegunaan minyak bumi? Pastinya ada beragam manfaat yang bisa digunakan untuk manusia dan juga perekonomian negara.

Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat penting untuk mendukung kebutuhan dan sumber kehidupan manusia. Bagi negara, dengan adanya minyak bumi mampu meningkatkan ekonomi nasional untuk berbagai keperluan bangsa. Kegunaan dari minyak bumi bisa dijadikan sebagai bahan untuk penghasil bensin, solar, minyak tanah, serta bensol yang berguna untuk menjalankan alat transportasi dan mesin.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari minyak bumi, sejumlah pakar sudah melakukan berbagai pengolahan berdasarkan kebutuhan secara rinci untuk setiap aspek kehidupan. Artinya, setiap kehidupan punya elemen yang berbeda-beda sehingga kegunaan minyak bumi dibedakan sesuai dengan tipenya. Menurut para ahli, ada beberapa klasifikasi dari minya bumi yang dapat dijadikan produk siap pakai, yaitu:

Minyak Mentah

Minyak mentah memiliki sifat yang ringan. Di dalam kondensat minyak mentah ini mengandung gas bumi dalam jumlah besar.

Bisa dibilang minyak mentah ini merupakan jenis minyak berat yang kandungan gas buminya sangat sedikit, bahkan kadang tidak ada sama sekali. Karena sifatnya yang kental, minyak mentah bisa digunakan sebagai aspal.

Hasil Sulingan Minyak Bumi

Sulingan minyak bumi merupakan hasil dari proses penguapan dan pengembunan yang terjadi pada tekanan atmosfer. Di dalamnya terkandung kadar logam dan belerang rendah dan sedikit gas bumi.

Bagaimana Proses Minyak Bumi Bisa Terbentuk?

Sebelum kita membicarakan kegunaan minyak bumi, pernahkah kamu bertanya seperti apa proses pembentukan dari minyak bumi? Mungkin sebagian dari kamu mendapatkan jawabannya saat duduk di bangku sekolah. Namun, untuk mengulang ingatan kita kembali, berikut proses terbentuknya minyak bumi:

  • Hewan dan tanaman yang terkubur di kerak bumi selama ribuan hingga ratusan juta tahun yang lalu.
  • Tanaman dan juga hewan yang sudah mati akan terbawa menuju lapisan gerak bumi melalui lapisan lempengan bumi.
  • Seluruh tanaman beserta hewan yang sudah menjadi fosil akan bereaksi dengan panas bumi dan gas alam untuk menghasilkan cairan hitam atau minyak bumi secara alami.

Kegunaan Minyak Bumi

Sumber daya mineral minyak bumi ini bisa ditemukan di beberapa negara, seperti di Arab Saudi, Amerika, Iran, Irak, China, termasuk Indonesia. Minyak bumi sudah sejak lama dikonsumsi untuk berbagai keperluan manusia dan mampu meningkatkan ekonomi negara. Kegunaan minyak bumi banyak macamnya, diantaranya adalah:

Bahan Bakar

Minyak bumi yang masih mentah harus diolah terlebih dahulu sebelum digunakan. Penyulingan jadi salah satu proses pengolahan minyak bumi dan hasilnya yang kita lihat sehari-hari seperti minyak tanah bensin, solar, dan juga bensol.

Industri Kimia

Cat dinding, cat kayu, cat mobil, serta beberapa produk plastik yang sering digunakan masyarakat ternyata berasal dari hasil olahan minyak bumi.

Gas Cair

Untuk kegiatan memasak pastinya membutuhkan yang namanya LPG. Nah, LPG ini merupakan gas cair yang juga didapatkan dari hasil olahan minyak bumi melalui proses penyulingan dan pemurnian khusus.

Pembangkit Listrik

Kegunaan minyak bumi berikutnya adalah sebagai pembangkit listrik. Minyak bumi yang diolah secara khusus akan menghasilkan tenaga dari uap, yang nantinya dipakai untuk menggerakkan turbin pada pembangkitnya. Selanjutnya akan diterima oleh penggerak magnet yang kemudian menghasilkan aliran listrik untuk keperluan rumah tangga dan industri.

Produksi Polimer

Industri plastik merupakan salah satu industru yang menggunakan polimer. Plastik yang digunakan sehari-hari oleh manusia untuk menampung berbagai benda ini berasal dari minyak bumi. Namun, ada beberapa plastik yang menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia.

Pengolahan Pupuk

Kegunaan minyak bumi juga memberi dampak bagi pertanian, salah satunya untuk pengolahan pupuk. Sebelum menjadi pupuk, ada senyawa sintetis yang diperlukan dari hasil pengolahan minyak mentah. Pupuk ini bermanfaat untuk menyuburkan tanaman.

Itulah kegunaan minyak bumi yang bisa diolah untuk mendukung kehidupan manusia. Banyak sekali macam-macam hasil olahan minyak bumi yang pastinya sangat bermanfaat.

Manfaat Minyak Bumi Dilihat Dari Segi Ekonomi

Dari segi ekonomi, minyak bumi mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian suatu negara. Itulah kenapa Arab Saudi jadi salah satu negara kaya raya karena mengandalkan sumber mineral minyak bumi sebagai pendorong utamanya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat dari minyak bumi dilihat dari kacamata ekonomi:

Sektor Industri

Baik industri yang bergerak di bidang produksi maupun jasa sama-sama membutuhkan yang namanya minyak bumi. Ya, bahan bakar untuk menggerakkan mesin, alat transportasi, serta listrik jadi penggerak utama industri.

Ekonomi Negara

Minyak bumi adalah salah satu sumber mineral yang berasal langsung dari alam. Namun, hanya beberapa negara saja yang memiliki sumber minyak bumi. Sementara minyak bumi tersebar di beberapa negara Asia dan Amerika, maka minyak bumi bisa jadi sumber pendapatan dengan mengekspor bahan mentah ataupun hasil olahannya ke negara yang membutuhkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait