Dunia Kerja, Milenial

Kamu Akan Psikotes? Ini Tips Lolos Wartegg Test

Ajaib.co.id – Siapa yang tidak tahu Wartegg Test? Sebuah tes psikologi yang umumnya diberikan perusahaan untuk melihat kondisi psikis calon karyawannya melalui serangkaian tes yang diberikan oleh psikolog.

Wartegg test berisikan delapan buah kolom dengan garis atau coretan yang kecil. Coretan tersebutlah kemudian yang kamu rangkai menjadi sebuah bentuk gambar yang memiliki arti, baik benda mati ataupun benda hidup.

Jika kamu pernah mengikuti psikotes pastilah wartegg test bukan hal yang asing. Sekilas wartegg test tampak mudah, karena hanya perlu mengisikan deretan gambar dan penomoran saja. Namun, nyatanya ada pesan tersembunyi di balik kolom-kolom gambar yang kamu kerjakan.

Manfaat Persiapan Melalui Wartegg Test

Dalam psikotes tak hanya wartegg test saja yang dijadikan parameter dari kondisi mental calon pekerja, ada juga tes pauli, tes logika dan banyak lagi. Oleh sebab itu, dalam mengerjakan wartegg test kamu membutuhkan persiapan atau paling tidak mengenal beberapa trik yang bisa kamu jadikan rekomendasi dalam mengerjakan satu dari serangkaian soal psikotes.

Beberapa manfaat, jika kamu memiliki persiapan menjalani rangkaian tes psikotes dalam sehari, antara lain:

1.   Tidak bingung ketika akan menggambar.

2.   Bisa lebih cepat menyelesaikan gambar.

3.   Hasil menggambar bisa lebih maksimal dan bisa memiliki gambar yang terbaik.

4.   Hasil gambar biasanya lebih anti-mainstream dan berbeda dari orang-orang yang mengikut tes serupa saat itu.

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melakukan Wartegg Test

Nah, tak perlu perpanjang kata, apa saja yang perlu kamu persiapkan dalam pengerjaan tes wartegg agar lolos ke tahapan selanjutnya? Simak uraian berikut ini :

1.   Berdoa

Siapapun dan di manapun seseorang pastilah memiliki kepercayaan akan Tuhan yang mampu memberikan jalan keluar dalam setiap masalah dan juga memberikan kebaikan serta keberuntungan bagimu. Di Indonesia sendiri budaya berdoa sesaat akan melaksanakan ujian psikotes banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan.

Manfaatkan waktu berdoa semaksimal mungkin dan meminta kepada-NYA untuk memberikan kemudahan bagimu dalam mengisi setiap tes yang diberikan. Yakin dan percaya bahwa Tuhan mendengarkan, mengetahui dan memberikan yang terbaik untukmu.

2.   Memikirkan rencana dalam membuat gambar

Saat kamu mengikuti wartegg test untuk seleksi karyawan, ada baiknya jika kamu mencari tahu mengenai cara menyelesaikan wartegg test tersebut. Dengan teknologi yang semakin canggih, kamu dapat mencari tahu melalui browsing terkait dengan seluk beluk psikotes sebelum memulainya. Setelah mengetahui seluk beluk wartegg test, kamu bisa mulai memikirkan rencana gambar yang akan dibuat saat menjalani wartegg test.

3.   Berlatih

Saat kamu sudah mengetahui soal wartegg test yang akan dijalani, ada baiknya berlatih dalam membuat gambar pada kertas yang berisi wartegg test. Ini akan memudahkan penggambaran saat dihadapkan pada tes psikologi yang sesungguhnya.

Jika sering berlatih, maka otomatis kesalahan yang kamu miliki akan berkurang dan akan terbiasa dalam mengerjakannya sehingga kemungkinan lolos akan semakin besar. Apalagi jika tes bisa dikerjakan sebelum waktunya, maka penguji bisa memberi nilai plus untuk kamu.

4.   Mendahulukan yang mudah

Jika kamu tidak sempat berlatih dan membuat rencana gambar saat menjalani wartegg test, kamu bisa mengerjakan gambar lain terlebih dahulu yang kamu anggap paling mudah. Strategi ini sangat efektif dalam memaksimalkan waktu mengerjakan tes.

5.   Pastikan kertas tetap bersih

Menjalani wartegg test, hal yang perlu diingat adalah menjaga kertas agar tetap terlihat bersih. Ada baiknya jika meminimalisir kesalahan saat membuat gambar. Apalagi alat bantu seperti penghapus dilarang dalam menjalankan wartegg test. Jika halaman kamu kotor, maka kamu akan dianggap lemah dalam perencanaan dan tidak bisa mengorganisir pekerjaan dengan rapi.

Trik Mengerjakan Wartegg Test

Selanjutnya ada beberapa trik lain secara teknis yang bisa kamu aplikasikan untuk mengerjakan gambar tes wartegg agar tidak salah melangkah:

1.   Kotak atau Gambar 1

Kotak 1 berisikan sebuah gambar titik kecil yang berada di tengah kotak. Kotak ini berhubungan dengan adaptasi dan kelincahan. Kamu bisa menggambar benda hidup yang memiliki karakteristik yang berhubungan dengan lingkungan.

2.   Kotak atau Gambar 2

Kotak 2 berisikan coretan berbentuk huruf S di sebelah kiri atas. Kotak ini berhubungan dengan sikap kebebasan. Jika ingin menggambar benda hidup, kamu bisa menggambarkan burung yang identik dengan sikap kebebasan.

3.   Kotak atau Gambar 3

Pada kotak ketiga berisikan tiga garis di mana kotak ini mengisyaratkan tentang kemauan, tekad untuk memperbaiki diri dan ambisi yang terpendam. Kamu bisa menggambarkan bentuk tangga, tiang listrik ataupun pagar.

4.   Kotak atau Gambar 4

Kotak keempat berisikan satu garis lurus di sebelah kanan atas. Kotak ini akan menggambarkan sikap ataupun cara kamu dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kamu bisa menggambarkan sebuah konstruksi atau bangunan pada kolom ini.

5.   Kotak atau Gambar 5

Kotak nomor 5 dalam wartegg test berisikan dua buah coretan garis membentuk huruf T miring dengan garis-garis yang terpisah. Kolom ini berisikan cara dalam memecahkan sebuah permasalahan. Beberapa yang bisa kamu gambarkan adalah bentuk jarum suntik, mobil gokar atau layang-layang.

6.   Kotak atau Gambar 6

Kotak 6 dalam wartegg test menunjukkan sebuah garis horizontal dan daris vertikal yang terpisah seperti akan membentuk segi empat. Kotak ini menunjukkan kesederhanaan dan realitas. Pada kotak ini kamu bisa menggambarkan benda mati seperti kamera, televisi atau komputer.

7.   Kotak atau Gambar 7

Kotak 7 menunjukkan titik-titik melengkung yang memerlukan kehati-hatian. Kotak ini menunjukkan bagaimana kamu berhati-hati dalam bekerja dan menunjukkan perasaanmu. Hal yang bisa kamu gambar adalah sepatu atau sandal.

8.   Kotak atau Gambar 8

Kotak 8 menunjukkan sebuah gambar garis melengkung menyerupai payung. Kotak ini menunjukkan bagaimana hubungan sosial kamu dengan lingkungan sekitar, kebijaksanaan, kebesaran dan kewibawaan. Garis melengkung ini bisa menjadi sebuah gambar payung, topi atau jamur.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait