Istilah Finansial yang Menjadi Bagian dari Pinjaman BRI Syariah

Istilah Finansial yang Menjadi Bagian dari Pinjaman BRI Syariah
Istilah Finansial yang Menjadi Bagian dari Pinjaman BRI Syariah

Pinjaman BRI Syariah adalah salah satu jenis pinjaman yang dikeluarkan Bank Rakyat Indonesia kepada para nasabah BRI. Seperti namanya, Pinjaman BRI Syariah ditujukan kepada para nasabah yang mengikuti syariah islam sehingga tidak mengandung riba dan melakukan akad Murabahah dan Ijarah.

Dalam dunia finansial islam, terutama investasi syariah, akad Murabahah dan Ijarah memang sering digunakan. Dengan semakin maraknya investasi syariah, maka istilah-istilah lain juga semakin sering bermunculan.

Nah, jika investasi syariah adalah salah satu jenis investasi yang ingin kamu tekuni, dan dalam beberapa waktu kedepan kamu ingin melakukan pinjaman BRI Syariah, berikut beberapa istilah dalam dunia finansial islam yang bisa menjadi modal penting.

Mudarabah

Istilah investasi syariah yang pertama adalah Mudarabah. Istilah ini mengacu kepada kontrak Islami di mana satu pihak menyuplai dana dan pihak lain memberikan ahli manajemen untuk mengambil alih perdagangan spesifik. Pihak yang menyuplai disebur dengan Pemodal. Sementara pihak lain yang menjalankan bisnis disebut dengan Agen.

Musharakah

Jika Mudarabah kesannya memiliki hubungan yang vertikal, maka Musharakah memiliki sifat yang horizontal. Musharakah adalah perusahaan patungan atau struktur rekanan dalam dunia finansial islam di mana setiap pihak membagi rata keuntungan ataupun kerugian dari perusahaan.

Karena hukum Islam tidak memperbolehkan keuntungan dari bunga peminjaman, Musharakah memungkinkan untuk pemberi dana dari sebuah proyek atau perusahaan untuk mendapatkan penghasilan dalam bentuk sekian porsi atau persentase keuntungan dari rasio yang telah ditentukan sebelumnya.

Murabaha

Pinjaman BRI Syariah menggunakan ketentuan atau akad yang satu ini. Murabaha sendiri adalah struktur finansial islam di mana penjual menyediakan selisih biaya dan keuntungan dari sebuah aset. Murabaha sendiri bukanlah pinjaman berbunga, melainkan bentuk lain dari penjualan kredit yang dapat diterima berdasarkan syariat islam. Seperti halnya pengaturan sewa menjadi milik, pembeli tidak akan menjadi pemilik sepenuhnya jika pinjaman yang ada tidak dilunasi.

Ijarah

Satu hal lain yang juga dipakai oleh pinjaman BRI Syariah adalah Ijarah. Istilah ini sendiri mengacu kepada penjualan lisensi untuk menggunakan sebuah objek dalam periode waktu yang spesifik. Syaratnya adalah pembeli pinjaman harus memiliki objek sewaan lain selama periode penyewaan. Variasi lainnya adalah peminjam bisa menyetujui untuk akhirnya menjual objek yang disewakan pada masa akhir peminjaman dengan nilai yang telah jauh berkurang.

Mengetahui istilah dalam dunia finansial Islam selain Murabahah dan Ijarah tentunya penting untuk mengetahui investasi syariah secara lebih mendalam. Sehingga, jika sewaktu-waktu di masa depan kamu ingin mencari bentuk investasi lain, maka kamu sudah memiliki sedikit pengetahuan untuk menggali lebih dalam tentang dunia finansial Islam. Pelajari dunia finansial secara lebih menyeluruh dengan mengunjungi blog Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait