Investasi, Investor Pemula, Milenial

Investasi Paling Populer Belum Tentu Potensial

investasi paling populer

Ajaib.co.id – Meskipun Pemerintah via Bursa Efek Indonesia dan segenap jajaran startup fintech, Manajer Investasi serta APERD online sudah memberikan upaya terbaik bagi sosialisasi manajemen finansial dan kesadaran berinvestasi di kalangan milenial, para calon investor belia ini masih “tersandera” oleh kekhawatiran dan stigma investasi di masa lalu.

Akhirnya, saat timbul tuntutan untuk berinvestasi, kalangan milenial masih sering kembali memilih jenis investasi yang paling populer saja, yang sebetulnya bisa jadi bukan yang terpotensial.

Kesadaran Berinvestasi Naik, Investasi Paling Populer Panen

Kabar baik tentang Indonesia adalah kesadaran dan tingkat literasi milenial terhadap investasi – khususnya di kota besar – meningkat. Hal ini didukung oleh banyak faktor seperti:

  • Penggalakkan gerakan investasi di kalangan milenial oleh Pemerintah. 
  • Biaya hidup tinggi yang menuntut kotinuitas penghasilan hingga melampaui usia produktif.
  • Ketidakpastian lapangan kerja.
  • Meningkatnya literasi ekonomi, keuangan dan inflasi.
  • Meningkatnya literasi kualitas hidup dan perencanaan masa depan.

Investasi terdiri dari beberapa pilihan jenis instrumen. Sebagian adalah investasi paling populer sejak dulu kala, sebagian lagi masih jadi “barang baru” di mata milenial. Setiap jenis investasi punya karakter, keuntungan dan resiko masing-masing.

Investasi yang membutuhkan literasi dunia bisnis dan keuangan masih dicurigai sebagai biang kerugian, daripada sumber keuntungan. Akibatnya, masih banyak kalangan milenial yang memutuskan untuk memilih jenis investasi yang aman, bukan potensial.

“Mendingan nggak untung besar deh, daripada rugi,” begitu kira-kira insight-nya. Tapi tidak ada investasi yang untung terus tanpa pernah rugi!

Tinggal sekarang bagaimana caranya agar kalangan milenial bisa menguasai secara menyeluruh “seni menyiasati” potensi maupun resiko itu, demi mengoptimalkan keuntungan investasi di masa depan.

Urutan Investasi Paling Populer di Kalangan milenial Indonesia Menurut Survei

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh jakpat.net pada 2.000 responden milenial di seluruh Indonesia, sejumlah produk investasi berikut ini menempati urutan peringkat favorit:

1. Tabungan: 64,7%

Survei jakpat.net pada responden di seluruh Indonesia menunjukkan mayoritas milenial Indonesia memilih tabungan sebagai produk investasi favorit.

Tapi masalahnya adalah: Tabungan bukan Investasi!

Investasi justru merupakan aktivitas yang perlu dilakukan guna melindungi penurunan nilai tabungan akibat gerusan inflasi. Ironisnya, hasil riset ini menunjukkan bahwa masih banyak kalangan milenial yang belum memahami hal ini.

2. Emas Batangan: 50,8%

Investasi emas batangan adalah salah satu jenis investasi paling populer di kalangan masyarakat sejak dulu kala, baik emas batangan, logam mulia, ataupun perhiasan, karena mudah, aman dan cukup menguntungkan dalam jangka waktu panjang. Investor hanya perlu membeli emas dan menyimpannya baik-baik selama beberapa waktu. 

Jenis investasi klasik ini juga banyak dipilih karena semakin menjamurnya aplikasi jual beli emas yang memungkinkan kaum milenial “menyicil” emas via aplikasi online dalam nominal kecil, seperti BukaEmas dari Bukalapak, Tokopedia Emas dan Tabungan Emas dari Pegadaian. 

3. Deposito Berjangka: 25,7%

Deposito menempati peringkat ke-3 investasi favorit milenial, dan menurut jakpat.net  merupakan instrumen investasi yang terpopuler dari tahun ke tahun, karena meskipun keuntungannya tergolong kecil, keuntungan yang pasti meminimalisasi risikonya, dan dianggap mudah dimengerti dan dilakukan. Hanya dengan menabung sejumlah uang dalam jangka waktu tertentu, akan memperoleh nilai bunga yang fixed.

Namun, investasi ini memiliki tanggal jatuh tempo yang sudah kamu tentukan di awal. Dan tidak bisa kamu ambil ketika jatuh tempo belom selesai.

4. Properti: 22,3%

Meski bukan produk investasi yang murah, properti ternyata cukup jadi favorit di kalangan milenial. Dengan besarnya kenaikan nilai konstan yang mungkin diterima, properti jelas merupakan investasi yang menguntungkan. Namun, likuiditas investasi properti terbilang sulit – terutama di tengah resesi ekonomi – karena jarangnya pembeli yang siap memiliki cukup uang untuk membeli properti.

5. Reksa Dana: 15,9%

Walaupun masih berada di peringkat ke-5, reksa dana memang sedang jadi investasi “hits” di kalangan milenial, khususnya investor pemula karena fleksibilitasnya dalam aspek variasi besaran modal. Investasi reksa dana bahkan sudah bisa dimulai dengan modal hanya Rp10.000!

Ragam jenis reksa dana yang terdiri dari reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap (obligasi), reksa dana pasar uang dan reksa dana campuran, mampu menyediakan pilihan kombinasi tingkat keuntungan dan resiko, yang bisa disesuaikan dengan profil investor. Kehadiran Agen Penjual Reksa Dana via aplikasi online pun kini tambah mempermudah milenial memulai investasinya, kapan pun, di mana pun.

Kamu bisa membeli investasi ini di Ajaib, platform investasi reksa dana yang dapat membantu kamu memulai investasi, kapan dan di mana saja. Investasi terbaik ini sangat cocok bagi pemula yang baru memulai investasi.

6. Saham: 13,7%

Peringkat berikutnya adalah saham, produk investasi ideal bagi investor milenial yang memburu keuntungan besar dan menguasai literasi pasar modal dan bisnis keuangan. Namun, hukum pasti dalam dunia investasi adalah: keuntungan besar juga berarti risiko kerugian yang besar pula – high risk high return.

Karenanya, sebelum berinvestasi saham, sesuaikan dahulu pilihan produk investasi saham dengan kondisi keuangan, tingkat resiko, dan tujuan investasi kamu. Keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi saham ada 2 jenis: yaitu dividen (pembagian keuntungan) dan capital gain (selisih harga jual dan harga beli saham).

Kamu juga bisa membeli investasi saham di Ajaib. Dengan membeli saham di Ajaib, kamu bisa memilih berbagai emiten saham dengan mudah dan cepat.

7. Valuta Asing: 11,6%

Di peringkat ke-7,  investasi mata uang asing (valuta asing=valas) dipilih sebagai jenis investasi favorit yang umumnya dituangkan dalam mata uang asing pilihan, seperti USD, Euro, Poundsterling, dan Yen. Tiap mata uang asing memiliki kelebihan dan kelemahan, yang perlu dipelajari lebih dahulu oleh calon investor. Jenis investasi ini juga menuntut ketelatenan mengecek harga kurs mata uang asing secara rutin, baik harga beli, harga jual, serta tempat untuk berjual-beli dengan harga yang menguntungkan.

Urutan Investasi Paling Populer Di Kalangan milenial Amerika Serikat Menurut Hasil Survey Bankrate National pada 17 Juli 2019:

  • Properti – 31%
  • Cryptocurrency (Bitcoin) – 11%
  • Investasi lain 58%

Urutan peringkat popularitas jenis investasi berbeda-beda dari suatu negara ke negara lainnya, yang tampaknya dipengaruhi oleh tingkat literasi keuangan, kondisi ekonomi dan politik, dan nilai budaya yang eksis di negara yang bersangkutan.

Jenis investasi mana pun yang jadi favorit kamu, jalani saja dengan sepenuh hati karena sebagai seorang milenial, kamu punya keleluasaan jangka waktu yang masih sangat panjang guna mengoptimalkan portfolio investasi.

Jika masih ragu, mulailah melatih keterampilan berinvestasi dengan investasi reksa dana di Ajaib yang dengan minimum modal hanya Rp10.000 dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta pengawasan penuh Otoritas Jasa Keuangan, masih jadi pilihan berinvestasi reksa dana yang cerdas dan berakal sehat untuk kaum milenial!

Artikel Terkait