Bisnis & Kerja Sampingan

Ini Pinjaman Modal Usaha Dari Pemerintah Untuk Para UMKM

Pinjaman modal usaha
Pinjaman modal usaha

Ajaib.co.id – Modal seringkali menjadi hambatan seseorang untuk memulai menjalankan bisnis, padahal tekad sudah sangat kuat. Tak sedikit mereka yang berani mengambil risiko sehingga memilih tetap berada di zona nyaman.

Perlu kamu ketahui bahwa banyak para pengusaha sukses yang dana awalnya tidak semuanya berasal dari kantong sendiri. Mereka memanfaatkan sejumlah pinjaman yang ada, salah satunya pinjaman modal usaha dari pemerintah.

Meminjam kan sama dengan berutang! Memang, tapi jika utang itu diputar lagi dalam bentuk bisnis akan ada hasil yang kamu terima. Selain mendapat cuan, kamu pun bisa membayar utang dari keuntungan bisnismu. Selain itu pinjaman juga bisa dipakai untuk mengembangkan bisnis di kala kondisi tak menentu.

Mereka yang sudah lama merintis usaha pun tak jarang memanfaatkan pinjaman sebagai tambahan modal. Apalagi di saat pandemi covid-19 sekarang ini, banyak pengusaha terseok-seok karena virus corona terpaksa membatasi kegiatan masyarakat. Dampak langsung dari pembatasan sosial ini dirasakan langsung oleh pelaku UKM yang penghasilannya didapat secara harian.

Nah, kabar baiknya para pengusaha UKM bisa terus mempertahankan bisnisnya dengan memanfaatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah. Diharapkan adanya bantuan modal hingga subsidi bunga bisa membuat pelaku UKM semakin berkembang dan naik kelas untuk membantu pemulihan ekonomi nasional di tengah kondisi pandemi.

Pinjaman Modal Usaha Dari Pemerintah

Pemerintah memberikan pinjaman modal usaha kepada pelaku UKM melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Lewat program ini, pemerintah mensubsidi bunga pinjaman sehingga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mendapat bunga yang murah.

KUR ini ini disalurkan kepada beberapa bank pemerintah dengan total mencapai Rp253 triliun. Bagi pelaku usaha kecil yang butuh suntikan dana segar bisa mengajukan pinjaman modal usaha dari pemerintah ke bank-bank berikut ini.

1. KUR Mikro Bank BRI

Pemerintah menyalurkan KUR Mikro ke Bank BRI dengan plafon pinjaman maksimal sebesar Rp50 juta. Sementara untuk suku bunga per tahunnya mencapai 6% per tahun dan masa tenor sampai 24 bulan.

Untuk mengajukan pinjaman modal usahanya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

·  Peminjam merupakan individu yang memiliki usaha minimal berjalan 6 bulan, dan menjalankan usahanya di salah satu marketplace

·  Tidak sedang menerima kredit dari bank lain, kecuali kartu kredit, KKB, dan KPR

·  Melampirkan KTP, KK, dan SIUP

·  Pengajuan bisa dilakukan secara online ke situs KUR BRI, atau datang langsung ke kantor cabang atau agen BRILink.

2. KUR Mikro Bank Mandiri

Selain Bank BRI, kamu juga bisa mengajukan pinjaman KUR ke Bank Mandiri. Fasilitas pinjaman yang diberikan maksimal sampai Rp25 juta namun dengan agunan atau jaminan. Lalu jangka waktu pembayarannya selama 24 bulan atau 2 tahun dengan suku bunga 6% per tahun.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman modal usaha KUR Bank Mandiri:

·  Warga negara Indonesia berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun

·  Memiliki usaha produktif minimal berjalan 6 bulan

·  Tidak masuk dalam daftar hitam nasional

·  Tidak sedang menerima kredit dari bank lain

·  Pengajuan KUR bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang Bank Mandiri

Pemerintah Tambah Porsi Plafon KUR

Tahun ini pemerintah menambah lagi pinjaman tanpa agunan sebagai tambahan modal usaha kepada para pengusaha UKM. Pemerintah memperbesar plafon pinjaman yang sebelumnya sebesar Rp50 juta menjadi Rp 100 juta per orang.

Penambahan jumlah plafon kredit tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto. Menurut Hartanto, penyesuaian besaran KUR dilakukan atas dasar permintaan Presiden Joko Widodo yang ingin porsi pembiayaan UMKM bisa mencapai lebih dari 30 persen di tahun 2024 nanti. Sementara saat ini porsi pembiayaan UMKM ada di level antara 18-20 persen.

Selain penambahan nominal pada KUR tanpa agunan, pemerintah juga meningkatkan plafon kredit UMKM dari Rp500 juta hingga Rp10 miliar menjadi sebesar Rp20 miliar. Dengan penambahan porsi pinjaman modal usaha dari pemerintah melalui KUR tanpa jaminan, harapannya UMKM di Indonesia semakin bertambah.

Program yang digagas pemerintah ini sudah berlangsung sejak 2020 lalu dengan tujuan memulihkan kembali perekonomian Indonesia. Adapun realisasi KUR pada tahun lalu mencapai Rp198,53 triliun atau 104 persen melebihi target.

Kredit usaha mikro dengan plafon di bawah Rp10 miliar berhasil disalurkan kepada 2,4 juta nasabah dengan penyaluran sebesar Rp8,49 triliun. Kemudian KUR terbesar yakni kredit dengan nilai antara Rp10 juta hingga Rp 50 juta dengan total penyaluran mencapai Rp 128 triliun kepada 3,6 juta pelaku UMKM.

Sedangkan untuk kredit dengan jumlah antara Rp50 juta sampai Rp 500 juta penyalurannya sebesar Rp 59 triliun.

Jangan Takut Berhutang Untuk Dapat Cuan

Tidak melulu berhutang itu buruk sehingga kamu tidak perlu malu dan gengsi. Toh pinjaman tersebut bakal dipakai untuk kegiatan yang produktif. Terkecuali kamu ngutang untuk tujuan memenuhi gaya hidup dan hura-hura, kondisi keuangan bisa berantakan dan hidupmu jadi tidak nyaman.

Kalau memang kamu sudah punya ide dan persiapan matang untuk membuka usaha, jangan ditunda hanya karena tidak memiliki modal. Adanya pinjaman modal usaha dari pemerintah, kamu berpeluang kesempatan mendapatkan cuan lebih besar.

Justru pemerintah mengharapkan masyarakat Indonesia banyak beralih menjadi pengusaha sehingga mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi yang.membutuhkan.

Selain itu untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah, kamu perlu persiapkan proposal bisnis yang menarik. Pemerintah tentu akan membiayai usaha-usaha yang dianggap potensial supaya bisa lebih tepat sasaran.

Artikel Terkait