Perencanaan Keuangan

Pemerintah Perpanjang Diskon Tambah Daya Listrik Usaha Kecil

daya listrik bagi usaha kecil

Ajaib.co.id – Pemerintah, melalui PT PLN (Persero), memperpanjang diskon tambah daya listrik untuk usaha kecil hingga akhir Desember 2020. Tertarik? Cek mekanismenya.

Kabar gembira buat kamu yang sedang merintis usaha kecil. Pasalnya, PLN memperpanjang diskon tambah daya listrik Super Merdeka karena minat masyarakat sangat tinggi. Di antaranya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM), CNBCIndonesia.com (01/12/2020).

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menjelaskan sebanyak 55.000 pelanggan telah mendaftar program Super Merdeka hingga 29 November 2020. Namun pendaftaran masih terus bertambah.

Super Merdeka

Super Merdeka merupakan program keringanan kepada pelanggan listrik golongan tarif Bisnis dan Industri tegangan rendah mulai dari daya listrik sebesar 450 Volt Ampere (VA), daya listrik sebesar 13.200 VA, dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya listrik 16.500 VA.

Tujuan Super Merdeka yang diklaim Bob sebagai program super ekonomis tersebut bertujuan membantu meningkatkan produktivitas UMKM dan IKM di tengah pandemi Covid-19. Karena ketika pandemi terjadi, UMKM dan IKM menjadi tumpuan kegiatan ekonomi.

Di sisi lain, pelaku UMKM dan IKM membutuhkan listrik guna menjalanjankan roda bisnisnya. Seperti yang dituturkan oleh Galung, pemilik Etnic Coffee Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sebagai pelaku UMKM, ia mengikuti program menambah daya listrik sebesar 5.500 VA, sebelumnya sebesar 3.300 VA, sumedangekspres.com (24/11/2020).

Menurut Galung, program ini sangat mendukung usahanya untuk menaikkan produksi kopi di tengah pandemi. Kini mesin produksi kopi Etnic Coffee bisa digunakan bersama-sama, kapasitas produksi bertambah, dan tentunya menghemat waktu karena proses produksi lebih cepat.

Cara Menambah Daya Listrik

Buat kamu yang tertarik melakukan penambahan daya listrik, ada beragam cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Datang ke Kantor PLN

Pelaku UMKM mendatangi Kantor Unit Layanan Pelanggan PLN terdekat, berdasarkan lokasi bangunan. Katakan bahwa ingin mengikuti Super Merdeka dan membawa KTP dan fotokopiannya yang menyatakan bahwa kamu adalah pemilik atau pengguna, denah atau peta lokasi bangunan untuk mempermudah petugas PLN melakukan survei, bukti pelunasan tagihan bulan terakhir, dan membayar biaya administrasi penambahan daya listrik.

  • Contact Center

Pelanggan bisa menelpon contact center PLN 123 dan mengutarakan ingin ikut serta pada program Super Merdeka. Nomor ini dapat diakses dengan menggunakan telepon rumah maupun ponsel.

  • Laman PLN

Proses penambahan daya listrik yang praktis dengan mengakses laman pln.co.id. Masuk ke kanal Permintaan Tambah Daya, lalu menuju Golongan Tarif. Lalu isi data diri dan ikuti prosesnya. Namun fitur ini berlaku untuk penambahan daya dari 1300 watt menjadi 2200 watt.

Cara Menurunkan Daya Listrik

Bisakah menurunkan daya listrik? Apa alasan untuk mengajukannya? Apapun alasannya, kamu sebagai pelanggan PLN bisa mengajukan penurunan daya listrik. Prosesnya sama seperti cara penambahan daya.

Hanya saja bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu mendatangi Kantor Unit Layanan Pelanggan PLN terdekat dan contact center 123. Sebelum mendatangi kantor PLN, siapkan nomor meter, alamat detail, nomor yang bisa dihubungi, dan KTP atau SIM. Proses ini tidak dipungut biaya.

Bagi pengguna listrik prabayar pulsa, penurunan dari 4.400 watt ke 1.300 watt tidak memiliki perbedaan kWh, Liputan6.com (22/10/2018). Jika pelanggan memiliki pulsa listrik sebesar Rp100.000, maka kWh yang terpakai sama saja.

Jika ada kendala atau ingin bertanya tentang daya listrik, hubungi PLN melalui e-mail [email protected], Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, dan Instagram @pln123_official.

Listrik Gratis Untuk Bisnis Kecil

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan program listrik gratis untuk pelanggan bisnis skala kecil (B1) dan industri skala Kecil (I1) dengan daya listrik 450 VA (volt ampere). Program bantuan ini dalam rangka program perlindungan masyarakat terdampak covid-19, CNBCIndonesia.com (02/05/2020).

Program tersebut berlangsung selama enam bulan dan dimulai Mei 2020. Adapun mekanisme pemberiannya, yaitu:

  • Pelanggan golongan B1 dan I2 dengan daya listrik 450 VA pascabayar, tagihan akan otomatis nol rupiah pada tagihan. Mulai Mei hingga Oktober 2020.
  • Pelanggan golongan B1 dan I2 dengan daya listrik 450 VA dengan token listrik harus konfirmasi melalui laman PLN atau WhatsApp 08122123123. Jangan lupa untuk menuliskan nomor meter.

Proses tersebut membutuhkan waktu beberapa hari, karena petugas harus memasukkan data agar bantuan tepat sasaran. Jika konfirmasi disetujui, maka pelanggan segera menerima token. Selanjutnya ia bisa memasukkan token pada listrik prabayar.

Menurut Executive Vice President Communication & CSR PLN Made Suprateka, distribusi token juga dilakukan melalui perangkat desa. Hal ini bertujuan agar menjangkau pelanggan B1 dan I2 yang kesulitan menggunakan internet maupun aplikasi WhatsApp.

Dengan program Super Merdeka, pelaku UMKM dan IKM dapat menggandakan keuntungannya. Sehingga ia mampu belanja bahan baku dan menyisihkannya untuk investasi.

Investasi di sini bukan hanya usaha yang sedang dijalankan saat ini. Namun investasi keuangan yang bermanfaat mengamankan dana dari inflasi sekaligus meningkatkan kekayaan di masa mendatang.

Menjalankan usaha kecil dan rutin berinvestasi akan membantumu dalam mencapai financial freedom. Artinya, kekayaan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tak hanya untuk diri sendiri melainkan untuk keluarga. Cek di Ajaib bagi kamu yang ingin berinvestasi di reksa dana maupun saham. Aplikasi Ajaib membantumu memilih jenis investasi sesuai dengan tujuan dan bertransaksi dari mana saja. Ajaib telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Artikel Terkait