Investasi, Investor Pemula, Saham

Ini Dia Cara Belajar Saham Secara Mandiri!

Ajaib.co.id – Saat ini cara belajar untuk investasi kian mudah dan murah. Bagaimana tidak? Banyak sekali yang cara untuk berinvestasi hanya dengan modal di bawah satu juta, bahkan hanya dengan puluhan ribu rupiah saja.

Tapi tentunya, berinvestasi tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk mendapatkan keuntungan besar, seiring waktu kamu harus bisa menambah nilai investasi. 

Sebagian besar orang mungkin takut memulai karena mereka sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang investasi. Khususnya untuk instrumen saham. Pasalnya, saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki peluang cuan tinggi, dengan risiko yang juga tinggi.

Banyak sekali calon investor yang ingin belajar tentang investasi saham, tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Padahal, saat ini sangat banyak sekali sumber pengetahuan dan informasi yang berkaitan dengan saham. Berikut ini adalah beberapa sumber yang dapat digunakan untuk belajar saham.

Belajar dari Internet

Saat ini sepertinya tidak ada informasi yang luput di internet. Hampir semua informasi yang kamu butuhkan bisa didapatkan dengan mencarinya di internet. Termasuk tentang cara belajar investasi saham.

Banyak sekali artikel dengan topik tentang investasi saham di internet yang bisa didapatkan secara gratis. Selain berupa artikel, ada juga berupa video, milis dan webinar. Kamu bisa mengikuti materi online yang dibagikan para investor melalui akun sosial medianya. 

Membaca Buku Investasi Saham

Buku sebagai jendela dunia dan sumber ilmu juga berlaku jika kamu ingin belajar saham. Terdapat banyak sekali buku bacaan tentang investasi saham yang dapat kamu pilih. Tidak jarang para pebisnis sekaligus investor sukses, juga menulis buku untuk berbagi ilmu dan tips kesuksesannya.

Beragam buku mengenai saham bisa kamu dapatkan baik dari toko buku online atau offline. Mulai dari konsep dasar investasi saham hingga strategi yang dapat diterapkan dalam berinvestasi saham. Buku-buku ini bisa membantu kamu dalam membuat rencana investasi saham dari awal. Darimana harus memulai dan kemana investasi tersebut akan menuju.

Saat hendak berinvestasi saham, hanya mengetahui masalah teknis saja tidaklah cukup. Kamu juga harus memiliki cara berpikir yang tepat. Seorang investor saham mempunyai cara pandang positif serta sikap mental yang tepat dalam menghadapi peluang dan risiko. Oleh karena itu, membaca buku-buku motivasi dari seorang investor sukses juga dapat mendorong kamu memiliki cara pandang positif dalam berinvestasi saham.

Mengikuti Kursus atau Seminar Investasi Saham

Cara belajar saham lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah dengan mengikuti kursus atau seminar. Jangan khawatir masalah jarak dan waktu. Saat ini ada banyak tersedia kursus dan webinar saham online yang dapat kamu ikuti.

Belajar melalui seminar atau kursus sangat sesuai bagi kamu yang cocok belajar melalui audio visual. Biasanya, kursus online juga selalu disertai dengan video dan gambar-gambar ilustrasi yang menarik. 

Pada saat mengikuti kursus investasi saham, biasanya akan diajarkan tentang langkah-langkah melakukan investasi saham pertama kali. Mulai dari membuat akun, melakukan simulasi investasi hingga kamu benar-benar siap untuk berinvestasi yang sesungguhnya. 

Kursus saham online juga memiliki kelebihannya sendiri. Kamu bisa memilih sendiri waktu yang tepat untuk belajar. Kapan pun di mana pun, kamu juga bisa belajar dengan kecepatan belajar yang paling sesuai untuk diri kamu sendiri.

Kalau ada yang belum dipahami, kamu bisa mengulangi pelajaran berkali-kali sampai merasa paham dan siap memulai investasi. Kursus online yang baik juga dapat membantu mengidentifikasi tujuan investasi serta membuat rencana mencapainya. 

Bergabung dengan Forum Investasi

Jika kamu termasuk orang yang suka belajar melalui diskusi dan tanya jawab, maka cara belajar saham melalui forum investasi adalah pilihan tepat. Di sini kamu bisa berinteraksi dengan investor lain, termasuk yang lebih senior. Bahkan tidak jarang orang-orang yang telah menjadi investor sukses juga mau membagi ilmunya di sini.

Di sini kamu bisa mempelajari cara para investor ahli melakukan trading saham. Kamu bisa membaca strategi mereka, kapan mereka membeli dan menjual saham miliknya. Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan jika memiliki masalah khusus terkait dengan investasi saham. Biasanya ada banyak anggota forum yang dengan senang hati memberikan pandangan serta solusi.

Berinvestasi dengan Menggunakan Simulator Pasar Saham

Simulator saham adalah fitur atau metode belajar yang berfungsi menyimulasikan pasar saham yang sesungguhnya. Semua kondisi pasar saham yang terdapat pada simulator saham adalah sesuai dengan kondisi real time

Simulator pasar saham pada dasarnya adalah permainan investasi yang memungkinkan kamu untuk berlatih melakukan investasi di pasar saham tanpa benar-benar berinvestasi.

Saat kamu memainkan simulator pasar saham, penyedia layanan akan memberikan “modal” yang bisa digunakan membeli saham. Selanjutnya kamu bisa mengetahui apakah investasi yang ditanamkan mendapatkan imbal balik atau merugi. Dengan menggunakan simulator, kamu bisa belajar menganalisa pasar serta mengetahui sejauh mana ketepatan dalam menilai peluang pasar.

Biasanya, aplikasi/fitur/program simulator saham disediakan di website komunitas belajar investasi online. Selain itu, website atau aplikasi milik perusahaan pialang saham juga seringkali menyediakan  fitur simulator pasar saham. Untuk proses belajar sambil praktik, menggunakan simulator pasar saham sebelum benar-benar berinvestasi sangat disarankan.

Berinvestasi dengan Reksa dana Saham

Proses cara belajar mandiri memang berbeda bagi setiap orang. Namun tidak sedikit orang yang ingin segera berinvestasi namun tidak memiliki waktu untuk belajar sebanyak mungkin informasi dalam waktu singkat.

Kalau begitu, maka kamu bisa memanfaatkan cara investasi dengan reksa dana saham. Berbeda dengan investasi saham mandiri, dalam berinvestasi reksa dana ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Di antara beberapa manfaat reksa dana saham adalah setoran awal yang rendah, dana akan dikelola oleh Manajer Investasi yang berpengalaman dan terpercaya. Kamu tidak harus menunda investasi hingga bisa jago saham dulu.

Sumber: 5 Great Ways to Learn About Investing in the Stock Market, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait