Bisnis & Kerja Sampingan

Ini Cara Perhitungan Gaji YouTuber, Pemula Wajib Tahu!

perhitungan gaji youtuber

Ajaib.co.id – Apakah YouTuber adalah profesi yang menjanjikan untuk mendapatkan uang? Simak perhitungan gaji YouTuber berikut untuk tahu jawabannya.

Menjadi YouTuber adalah aspirasi anak masa kini karena potensinya yang makin lama makin menjanjikan. Menjadi YouTuber berarti bisa membuat konten video yang seru sekaligus mendapatkan gaji. Mereka tahu bahwa uang bisa didapatkan dari fitur-fitur yang ada di YouTube.

Kalau kamu penasaran, berikut perhitungan gaji YouTuber yang dirangkum oleh redaksi Ajaib. Mungkin dengan membacanya, kamu jadi makin semangat untuk membuat konten yang bisa menarik viewers dan subscribers.

Cara Melakukan Perhitungan Gaji YouTuber

Perhitungan gaji YouTuber bisa dilakukan melalui 2 indikator, yaitu CPM (Cost Per Mille)dan CPC (Cost Per Click).

CPM adalah jumlah yang dibayarkan pengiklan untuk 1.000 tayangan iklan. Penghitungan tayangan iklan ini dilakukan setiap iklan ditampilkan di kontenmu. CPM penting karena kamu bisa mendapatkan uang yang dibayarkan pengiklan.

Semakin besar pengiklan membayar, semakin banyak uang yang kamu dapatkan. Nominal CPM di Indonesia adalah sekitar US$1 atau Rp14.000 per tayangan iklan, namun jumlah ini juga tidak mutlak karena selalu disesuaikan dengan peraturan YouTube.

CPC adalah perhitungan gaji YouTuber berikutnya yang bisa dibilang lebih besar dibanding CPM. Perhitungan CPC didapatkan dari jumlah klik pada iklan di halaman video. Harga per-kliknya bervariasi mulai dari Rp5.000 sampai Rp12.000.

Jumlah pendapatan atau gaji didapatkan dari jumlah total CPM ditambah CPC. Misalnya kamu punya 3.000 views pada iklan di YouTube, maka nominal yang akan kamu terima adalah US$3. Lalu tambahkan jumlah klik pada iklan. Total dari CPM atau CPC itu akan disebut revenue. Jumlah ini tentunya bisa lebih besar jika kamu rutin mengunggah video yang menarik ribuan bahkan jutaan subscriber.

Berapa Gaji YouTuber Indonesia?

Kita akan mengambil contoh Jess No Limit untuk perhitungan gaji YouTuber Indonesia. Jess No Limit adalah YouTuber dengan tipe channel games yang meluncurkan YouTube tahun 2017 dan kini sudah memiliki 14 juta subscribers.

Berdasarkan data dari Social Blade, Jess No Limit punya viewers 157 juta dalam waktu 30 hari terakhir. Jika dihitung, 157 juta dibagi seribu lalu dikali US$1, uang yang dihasilkan kira-kira US$157 ribu atau sekitar Rp2 miliar per bulan.

Ini baru pendapatan yang dihasilkan dari iklan, belum lagi jika ia bekerjasama untuk menjalankan pemasaran afiliasi (affiliate marketing) atau kerjasama dengan brand dalam bentuk kolaborasi maupun endorsement.

Bagaimana dengan YouTuber lainnya? Berdasarkan perhitungan situs Nox Influencer, Atta Halilintar yang kini sudah menyandang predikat YouTuber nomor 1 di Asia ini bisa punya Rp1-Rp4 miliar per bulan.

Ria Ricis yang juga jadi salah satu YouTuber terkenal di Indonesia juga punya gaji yang tak kalah fantastis, mencapai Rp2,5 miliar per bulan.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang kini mengembangkan channel YouTube bernama Rans Entertainment dengan 14 juta subscribers ini juga masuk dalam jajaran YouTuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia. Mereka bisa mendapatkan Rp1-Rp5 miliar per bulan.

Sekali lagi, itu semua pendapatan yang berasal hanya dari iklan.

Cara Mendapatkan Gaji Tambahan dari YouTube

Kalau kamu akan serius menjadi YouTuber, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan gaji tambahan selain dari iklan. Hal ini bisa dilakukan dengan catatan kamu aktif mengunggah video dan punya banyak jumlah penonton.

Pemasaran Afiliasi (Affiliate Marketing)

Pemasaran afiliasi atau populer juga disebut affiliate marketing adalah salah satu cara yang cukup mudah untuk mendapatkan tambahan gaji lewat YouTube.

Sistem kerja affiliate marketing adalah kamu menjadi mitra affliliate dan mempromosikan barang yang dijual perusahaan (biasanya e-commerce) di link yang biasanya ada di deskripsi video. Kamu akan mendapatkan komisi tergantung dari setiap link yang diklik orang-orang.

Endorsement

Mungkin kamu sudah akrab dengan cara mendapatkan gaji tambahan YouTuber yang satu ini karena sering terpapar melalui konten-kontennya. Yup! Jika kamu sudah punya jumlah subscribers dan viewers yang cukup banyak dan berkualitas, berbagai brand pasti akan melirik kamu untuk mempromosikan barang atau jasa yang dijual mereka.

Konsekuensinya, kamu mungkin dituntut untuk kreatif mengemas barang dan jasa dalam videomu agar subscribers tidak merasa dipaksa melihat iklan. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan sosial media lainnya seperti Instagram untuk menjadi platform endorsement.

Menjual Bisnis Baik Produk Maupun Jasa

Kalau kamu lihat, Atta Halilintar juga kini menjadi pemilik berbagai jenis bisnis, begitu juga dengan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Nah, kamu bisa mengikuti jejak mereka dengan menjadikan YouTube sebagai tempat promosi barang dan jasamu sendiri!

Mengoptimalkan Channel

Semua hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan gaji dari YouTube tidak akan berarti jika konten yang kamu sajikan tidak memikat viewers. Jadi, usahakan untuk rutin mengunggah video yang sesuai dengan demografi subscribers dan idealisme kamu.

Jangan lupa untuk rajin melakukan kontak dengan subscribers karena jumlah komentar, like, dan share adalah faktor-faktor yang bisa meningkatkan peringkatmu di YouTube. Peringkat inilah yang membuat video kamu masuk dalam jajaran teratas jika ada orang yang melakukan pencarian kata kunci.

Itu dia hal-hal yang menjadi perhitungan gaji YouTuber. Sangat menjanjikan, bukan? Memang tidak mudah untuk bisa menjadi YouTuber ternama di Indonesia karena persaingan yang ketat. Namun tidak ada yang tidak mungkin selama kamu konsisten menghasilkan konten berkualitas yang disukai penonton. Penonton senang, rupiah datang!

Kalau kamu sudah punya gaji dari YouTube, mungkin akan bijak kalau kamu menginvestasikan uangmu untuk hal-hal yang lebih besar di kemudian hari seperti dana pendidikan, dana pensiun, dan dana darurat. Tidak ada yang bisa menebak tren di masa yang akan datang.

Nah, Ajaib bisa jadi salah satu pilihanmu untuk berinvestasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu yang bisa disesuaikan apapun tujuanmu, bebas setor dan tarik investasi, dipandu oleh Manajer Investasi terpercaya. Info lengkap investasi, cek Ajaib.

Artikel Terkait