Bisnis & Kerja Sampingan

Ini Cara Menentukan Tujuan Perusahaan, Visi, dan Misi

tujuan perusahaan

Ajaib.co.id – Teruntuk kamu yang ingin memulai bisnis haruslah memiliki tujuan perusahaan, baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. Layaknya nakhoda kapal tanpa kompas, seperti itu juga perusahaan tanpa tujuan. Dengan memiliki tujuan perusahaan yang baik dan benar, maka kamu tidak akan kehilangan arah. Jika kamu ingin mendapatkan tujuan perusahaan, maka artikel dari Ajaib ini cocok untuk kamu.

Sebelum kita menentukan tujuan perusahaan, mari kita mendefinisikan apa itu tujuan terlebih dahulu. Tujuan merupakan hasil akhir, yang menjadi ukuran perusahaan dalam keberhasilan atau kegagalan di sepanjang perjalanan bisnis. Dalam mewujudkannya perlu melibatkan seluruh sumber daya perusahaan secara efektif pada tiap tingkatan manajemen. Griffin dan Ebert (2002) menjelaskan secara spesifik fungsi utama penetapan tujuan perusahaan, yaitu:

  • Penentuan tujuan akan memberi arah dan panduan bagi para karyawan di seluruh tingkatan manajemen. Dengan semua karyawan dari berbagai tingkatan, mulai yang paling bawah hingga palling atas mengetahui dengan jelas apa yang ingin dicapai perusahaan. Maka probabilitas terjadinya kesalahan-kesalahan dalam pengambilan keputusan kemungkinan akan lebih kecil.
  • Penentuan tujuan membantu perusahaan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki secara efektif.
  • Penentuan tujuan membuat perusahaan mengukuhkan identitas dirinya melalui budaya perusahaan (corporate culture).
  • Penetapan tujuan membuat perusahaan mampu melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan yang diperlukan untuk kembali fokus dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.
  • Tujuan perusahaan adalah pencapaian atau yang dihasilkan oleh perusahaan yang tersebut. Tujuan perusahaan adalah target yang mengukur pencapaian target keberhasilan kinerja perusahaan dan juga berisikan tentang komitmen beserta resikonya. Tujuan juga berfungsi untuk memberikan gambaran arahan bagi perusahaan secara jelas, dalam merumuskannya tujuan harus memberikan ukuran yang lebih spesifik.

Tujuan sendiri dibagi menjadi dua, yaitu tujuan jangka panjang (long term goals) dan tujuan jangka pendek (short term goal). Tujuan jangka panjang dirumuskan ke dalam visi perusahaan, yang memiliki jangka waktu sepuluh hingga dua puluh tahun ke depan. Sedangkan tujuan jangka pendek (short term goals) merupakan turunan dari visi perusahaan, berupa sasaran-sasaran yang harus dicapai dalam kurun waktu yang lebih pendek, biasanya antara tiga hingga lima tahun.

Sebuah visi yang efektif menurut Kotler adalah sebagai berikut:

  • Imagible (dapat di bayangkan)
  • Desirable (menarik)
  • Feasible (realities dan dapat dicapai)
  • Focused (jelas)
  • Flexible (dapat menyesuaikan dengan perubahan)
  • Communicable (mudah dipahami)

Sebuah visi juga menjadi sebuah sarana perusahaan untuk:

  • Mengkomunikasikan alasan keberadaan perusahaan dalam arti tujuan dan tugas pokok.
  • Memperlihatkan framework hubungan antara perusahaan dengan pemangku kepentingan.
  • Memberikan pernyataan sasaran utama kinerja perusahaan dalam lingkup pertumbuhan dan perkembangan.
  • Visi harus dapat ditafsirkan dengan baik, tidak mengandung makna ganda sehingga dapat menjadi acuan yang mempersatukan semua pihak dalam sebuah perusahaan.

Sehingga dalam pembuatan visi hal-hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Visi harus dapat memberikan panduan/arahan dan motivasi.
  • Visi harus disebarkan di kalangan anggota perusahaan (stakeholder)
  • Visi harus sanggup menyebarluaskan keputusan dan tindakan perusahaan yang penting.

Dari seluruh poin di atas, contoh visi yang dapat kita hasilkan untuk perusahaan makanan adalah,

“Menjadi pemimpin pasar nasional dalam industri makanan kemasan, yang dikenal dengan produk yang berkualitas dan higienis.”

Dengan penetapan visi tersebut, langkah selanjutnya adalah menerjemahkannya menjadi serangkaian misiyang lebih singkat.

Menurut Wheelen (2006) Misi adalah rangkaian kalimat yang memberikan pernyataan tujuan atau alasan eksistensi perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

Misi merupakan tindakan atau upaya untuk mewujudkan visi. Jadi misi adalah visi yang telah dijabarkan dalam bentuk rumusan tugas, kewajiban, dan rancangan tindakan yang dijadikan arahan untuk mewujudkan visi. Jadi, misi adalah suatu bentuk layanan untuk memastikan tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya.

Misi bagaikan sebuah kompas yang membimbing untuk menemukan arah dan menunjukkan jalan yang tepat dalam berbisnis. Oleh karena itu, rangkaian kalimat dalam misi sebaiknya dinyatakan dalam satu bahasa dan komitmen yang dapat dimengerti dan dirasakan relevansinya oleh semua pihak yang terkait. Setiap buah pemikiran yang tertuang dalam misi harus berisi target yang harus dicapai, bersifat dapat diukur secara kuantitatif. Contoh: market share, profits, jumlah cabang, coverage area, dan sebagainya.

Dalam merumuskan perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai cara berikut :

  • Melibatkan seluruh pihak yang berkepentingan.
  • Menyelaraskan kegiatan utama dengan sumber daya yang ada, untuk memungkinkan perusahaan melaksanakan kegiatannya lebih baik dan efisien.
  • Memastikan misi perusahaan perusahaan tidak bertentangan secara internal dan eksternal.

Menurut Akdon (2006) Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan misi antara lain:

  • Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh perusahaan dan bidang kegiatan utama dari perusahaan yang bersangkutan.
  • Secara eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.
  • Mengundang partisipasi masyarakat luas terhadap perkembangan bidang utama yang digeluti perusahaan.

Melalui perumusan tujuan jangka panjang atau visi dan jangka pendek atau misi inilah, tujuan perusahaan dapat tercapai dan dapat menentukan langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan agar dapat merealisasikan misinya dan mencapai sasaran yang dituju.

Sehingga segala hal yang dilaksanakan terkait bisnis dan juga kinerja pegawai dapat terukur. Perumusan visi dan misi pastinya akan memerlukan mufakat dari seluruh pemangku kepentingan. Sehingga berbagai poin di atas berguna sebagai panduan untuk pembuatan visi misi kamu. Semoga dengan artikel dari Ajaib ini, kamu dapat segera menentukan tujuan yang cocok untuk perusahaan kamu!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait