Bisnis & Kerja Sampingan

Ini 5 Langkah Membangun Bisnis Coworking Space

Bisnis Coworking Space
Bisnis Coworking Space

Ajaib.co.id – Tahukah kamu bahwa coworking space atau ruang kerja bersama pertama didirikan di Berlin pada tahun 1995, dan digunakan untuk hackerspace.

Terlepas dari ketenaran mereka, hackerspace sebenarnya adalah lokasi publik yang berfokus pada komunitas tempat orang-orang yang berpikiran sama dapat berkumpul dan bekerja. Ruang-ruang ini dianggap sebagai cikal bakal ruang kerja bersama saat ini.

Meskipun ruang kerja bersama telah berkembang pesat sejak 1995, prinsip panduannya adalah tetap tidak berubah, kolaborasi dan rasa kebersamaan. Selamat 25 tahun terakhir kita juga sudah melihat perubahan besar bagaimana orang bekerja. Semakin banyak profesional yang menghindari pekerjaan 9 to 5 demi pekerjaan lepas.

Ketika mobilitas tenaga kerja terus meningkat dan orang-orang menikmati fleksibilitas dalam memilih jadwal kerja mereka sendiri, banyak yang mengalami kesepian karena bekerja di rumah. Coworking space berhasil memecahkan masalah ini dengan membuat hub di mana orang-orang yang memiliki tujuan sama berkumpul, berbagi ide, berkolaborasi, tetapi tetap bekerja secara mandiri.

Masa depan bisnis ruang kerja bersama sangat cerah, sebanyak 1, juta orang diperkirakan bekerja di sekitar 19.000 ruang kerja bersama di seluruh dunia pada akhir tahun 2018. Para pemimpin industri juga memprediksi bahwa ruang kerja bersama akan berperan dalam setiap industri di dunia selama beberapa tahun mendatang.

Jika kamu berpikir untuk memulai bisnis & kerja sampingan ruang kerja bersama, sekarang adalah waktu yang tepat, dan berikut adalah 5 langkah untuk memulai bisnis tersebut.

Ketahui Tujuan Awal

Apa alasan kamu memulai bisnis coworking space? Apakah untuk mendapatkan keuntungan, mendapatkan keuntungan dari lingkungan kreatif, atau hanya sekedar hobi? Dalam kasus mendapatkan keuntungan dari lingkungan kreatif, kamu akan mengoperasikan ruang kerja bersama tidak hanya untuk keuntungan semata, tetapi juga memberikan manfaat untuk menyatukan banyak orang-orang yang berbakat.

Ukur Daya Tarik

Sebelum menandatangani sewa gedung dan membeli furniture, kamu perlu memastikan apakah benar-benar ada permintaan untuk ruang kerja bersama di sekitar lokasi? Untuk menjangkau dan mempromosikan ke target, kamu bisa membuat grup di media sosial dan kemudian memberikan survei terkait bisnis coworking space.

Saat melakukan hal tersebut, kamu tidak hanya melakukan beberapa pekerjaan dasar penting, tapi juga membangun komunitas online yang berfungsi sebagai strategi marketing tingkat lanjut untuk ruang kerja bersama yang sudah aktif dan berjalan di masa mendatang.

Kamu juga melakukan metode percakapan tatap muka untuk mengetahui ketertarikan klien potensial. Pergi ke tempat klien kamu biasanya bekerja, berkumpul, dan berinteraksilah dengan mereka. Sikap ini akan memberikan insight yang kamu butuhkan serta membangun hubungan baik dengan klien.

Jika awalnya hanya ada sedikit orang yang tertarik dengan ruang kerja bersama kamu, bangun komunitas perlahan-lahan hingga mendapatkan momentum. Kemudian, jika kamu telah mengetahui target dan ketertarikan mereka, langkah ketiga akan menentukan model bisnis yang sesuai untuk bisnis ruang kerja bersama.

Tentukan Model Bisnis

Biasanya model bisnis untuk ruang kerja bersama yang kamu inginkan termasuk ke dalam salah satu dari empat kategori ini:

1. Ruang Kerja Bersama dengan Kantor Pribadi

Jika ruangan yang kamu miliki cukup besar, menyewakan kantor pribadi di dalam ruang kerja bersama adalah ide yang cemerlang jika kamu ingin memaksimalkan pendapatan. Kamu dapat mengiklankan kelebihan ini sebagai nilai tambah karena ruang kerja bersama yang kamu jalankan berada di pusat lingkungan orang-orang kreatif dan berbakat.

2. Ruang Kerja Bersama Dalam Bisnis

Jika kamu memiliki bisnis dengan ruang kantor yang tidak terpakai, maka siapkanlah ruang kerja bersama untuk mengimbangi biaya pemeliharaan dan biaya pengaturan. Keuntungan dari model bisnis adalah uang yang kamu hasilkan dari satu bisnis dapat mengimbangi masa-masa sulit bisnis yang lain.

3. Ruang Kerja Bersama dengan Ruang Pribadi

Kamu bisa bekerja sama dengan coffee shop atau pemilik properti untuk memulai bisnis coworking space. Banyak coffee shop yang terbuka untuk kerja sama karena memberikan pendapatan tambahan ke pemilik dan mewujudkan bisnis kamu. Dengan demikian, kamu dapat membuat kesepakatan dengan seseorang yang memiliki properti kosong atau tidak terpakai.

4. Ruang Kerja Bersama untuk Acara

Mengadakan acara dalam ruang kerja bersama memberikanmu aliran pendapatan sekaligus memberikan cara lain untuk memberi nilai lebih di mata publik, Acara-acara seperti pertemuan, movie night, atau acara kreatif dan musk sangat layak dipertimbangkan untuk bisnis ruang kerja bersama.

Money Matters

Perencanaan keuangan penting untuk keberhasilan bisnis ruang kerja bersama. Kita akan membahas bagaimana membiayai ruang kerja bersama, cara menyusun jadwal biaya, dan cara membuat ruang kerja bersama menjadi lebih ekonomis.

1. Pembiayaan

Putuskan bagaimana kamu akan mendanai ruang kerja bersama tersebut, apakah kamu akan menggunakan uang sendiri atau mencari investor? Pemerintah, venture capital, keluarga, atau teman mungkin terbukti menjadi sumber modal yang terbaik.

2. Struktur Harga

Dasarkan jadwal harga pada tarif harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Klien yang memesan untuk waktu yang lebih lama akan mendapatkan harga yang lebih rendah. Kamu juga harus meminta pembayaran awal ketika kien melakukan pemesanan, dengan cara tersebut kamu tetap mendapatkan uang bahkan jika mereka tidak datang.

Siapkan Kebutuhan Klien

Siapkan coworking space di mana klien kamu berada, misalnya di pusat kota, tapi lokasi di pinggir kota menjadi semakin populer karena orang-orang pindah ke luar kota demi kehidupan yang lebih terjangkau di pinggir kota.

Kamu juga harus menyiapkan kebutuhan yang lain, seperti jaringan internet berkecepatan tinggi, furniture yang memberikan kesan yang nyaman atau sesuai dengan gaya ruang kerja bersama, hingga fasilitas seperti pembuat kopi dan teh, lemari es, microwave, pusat hiburan, dan area beristirahat.

Dengan fokus pada komunitas dan nilai-nilai kebersamaan, kamu akan selalu bertemu dengan orang-orang yang menarik dan bertalenta untuk menciptakan ruang kerja bersama yang lebih hidup.

Artikel Terkait