Bisnis & Kerja Sampingan

Industri Blockchain Diramal Mendisrupsi Deretan Industri Ini

industri blockchain

Ajaib.co.id – Perkembangan industri Blockchain diprediksi akan mendisrupsi atau menggusur industri-industri berikut ini. Waspadalah, mungkin salah satunya merupakan industri yang jadi ladang bisnis kamu.

Blockchain merupakan penemuan cerdas dari seseorang atau kelompok yang dikenal dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Pada awalnya digunakan untuk cryptocurrency, namun kini mulai dikembangkan untuk industri.

Dalam istilah yang paling sederhana, Blockchain dapat digambarkan sebagai struktur data yang menyimpan catatan transaksional dan sekaligus memastikan keamanan, transparansi, dan desentralisasi.

Kamu juga dapat menganggapnya sebagai rantai atau catatan yang disimpan dalam bentuk blok yang dikendalikan oleh otoritas tunggal. Catatan transaksi tersebut masuk ke dalam blok-blok yang saling tersambung.

Jika satu blok sudah penuh, maka akan diciptakan blok berikutnya yang terkoneksi dengan blok sebelumnya. Catatan transaksi yang dimuat di blok yang sudah diciptakan, tidak akan bisa dirubah lagi, sehingga Blockchain sering disebut mempunyai sifat abadi.

Contoh Pemanfaatan Blockchain dalam Industri

Mari kita lihat contoh sederhana dengan keamanan makanan. Walmart baru-baru ini menguji kemampuannya untuk mengidentifikasi makanan yang terkontaminasi di tokonya.

Saat ini, perlu waktu berhari-hari bagi perusahaan untuk menentukan pemasok dan kelompok produk mana yang terkontaminasi dan membuat orang sakit. Menggunakan teknologi Blockchain, Walmart dapat membuat jejak audit digital untuk suatu produk dari asalnya, perusahaan pengiriman, titik inspeksi, dan gudang.

Dengan begitu, setiap toko dapat mengidentifikasi makanan yang dicurigai dan mengeluarkannya dengan cepat.

Hari ini, Blockchain adalah ide yang tersebar luas, setidaknya di industri teknologi. Para pengembang teknologi mencoba menggunakan ide-ide yang berbeda untuk menghilangkan otoritas pusat dan mengganggu berbagai industri, tentu saja untuk keuntungan mereka sendiri.

Industri Blockchain akan Mendisrupsi Industri Lainnya

Meskipun tidak ada peluang pasti industri mana yang akan terdisrupsi dan organisasi mana yang akan gagal, namun Blockchain diprediksi akan mendisrupsi industri berikut ini:

Perbankan

Perbankan (dan jasa keuangan) mungkin akan menjadi industri yang persentase kemungkinan cukup besar ketika seseorang berpikir untuk mengimplementasikan Blockchain dalam industri.

Kita tahu pada umumnya perbankan memakan biaya, waktu, dokumen, rawan penipuan, dan banyak kata atau istilah seperti itu telah dikaitkan dengan industri perbankan. Dan Blockchain menawarkan solusi untuk permasalahan seperti itu.

Properti

Properti mungkin merupakan industri kelas aset terkemuka yang dapat terganggu oleh Blockchain. Selama ini properti konvensional memiliki hambatan seperti ketersediaan rumah hanya untuk orang berpenghasilan tinggi, kurangnya transparansi, kurang likuiditas, makelar dan biaya perbankan, kecepatan transaksi, penipuan, dan lain-lain.

Hambatan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan Blockchain. Blockchain adalah serangkaian catatan abadi, desentralisasi, dan aman. Artinya, jika seseorang mendaftarkan properti miliknya, semua orang di lingkaran tersebut dapat mengetahui detil kepemilikannya, peluang akan adanya penipuan sangat kecil.

Manfaat lain dari Blockchain untuk kedua belah pihak adalah tokenization. Pembeli berpenghasilan rendah dapat memiliki sebagian kecil dari properti, yang berarti penjual akan mendapatkan uang tunai segera tanpa menunggu pihak yang tepat untuk membeli seluruh properti.

Rantai Pasokan

Rantai pasokan adalah industri yang kompleks. Bisa ada seratus tahap yang berada dalam rantai pasokan global, mulai dari kargo, kereta api, inventaris, dan lain-lain. Menggunakan buku besar digital yang terdistribusi bisa sangat berharga di sini.

Aplikasi Blockchain bisa membuat praktis dalam transparansi, perjanjian, pelacakan, dan pembayaran. Setiap individu di sepanjang rantai pasokan dapat memiliki akses ke detail blok sebelumnya dan informasi terkait lainnya.

Pemain besar seperti Walmart sudah merangkul Blockchain dalam rantai pasokan mereka dan menuai manfaatnya.

Hak Kekayaan Intelektual

Mencuri kreasi atau ide asli adalah kecurangan yang sering kali terjadi. Orang-orang sering memanfaatkan kekayaan intelektual untuk penggunaan pribadi dan komersial, Mereka yang mempunyai kekayaan intelektual dan ingin melaporkannya harus memberikan bukti seperti paten, merek dagang, atau hak cipta untuk karya yang dipublikasikan untuk umum, yang tentunya akan membutuhkan waktu dan uang.

Teknologi buku besar digital dapat membantunya. Dengan adanya sistem Blockchain yang abadi, tertera waktu, dan aman, semua orang dapat menyimpan karya atau kreasinya di buku besar digital. Ini bisa berfungsi sebagai bukti saat melaporkannya ke pihak yang berwenang. Singkatnya, Blockchain akan mencegah “pencuri digital” mengambil karya atau kreasi seseorang.

Kesehatan

Penggunaan Blockchain dalam rantai pasokan obat-obatan dapat menghilangkan pengedar obat terlarang. Setiap perusahaan farmasi dan toko medis yang legal dapat melakukan pendaftaran di Blockchain umum dan terhubung dengan database mereka. Penipuan dapat ditangkap karena transparansi dan data Blockchain tidak bisa dirubah.

Blockchain juga bisa berguna di rumah sakit. Jika industri Blockchain dibangun dengan data dari setiap fase medis pasien dan dapat diakses oleh dokter, mereka dapat menyelamatkan nyawa yang dalam keadaan darurat.

Selain itu, obat yang ideal untuk pasien dapat diberikan berdasarkan riwayat pasien. Perusahaan asuransi kesehatan juga dapat terhindar dari klaim penipuan dengan memanfaatkan teknologi Blockchain.

Pendidikan

Pendidikan online dan pembelajaran jarak jauh sudah menjadi kenyataan, namun Blockchain dapat mengolahnya lebih jauh. Menggunakan Blockchain, setiap catatan dari guru atau dosen mengenai prestasi dan keterampilan individu dapat diakses oleh institusi dan siswa yang bersangkutan.

Catatan-catatan ini tidak dapat diubah, transparan, dan diverifikasi, yang membantu lembaga dan organisasi untuk menemukan siswa yang relevan, dan meminimalisir kesalahan data. Selain itu, Blockchain membantu institusi dan siswa dalam kolaborasi.

Singkatnya, kapan saja dan di mana saja verifikasi latar belakang siswa, Blockchain dapat membantu. Blockchain juga berguna untuk kegiatan belajar mengajar dari manapun dan kapanpun.

Keamanan Cyber

Industri terakhir dalam daftar ini adalah keamanan cyber (Cybersecurity). Blockchain menyediakan solusi penyimpanan terdesentralisasi, yang berarti tidak disimpan di server tertentu. Dan meskipun blok buku besar tersedia untuk umum, kriptografi menjaga data sensitif diamankan dari peretas.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Blockchain dapat mengganggu industri apa pun yang melibatkan transaksi, transfer data, dan keamanan. Kecanggihan Blockchain dapat memberikan solusi terhadap cara-cara konvensional yang dilakukan di beberapa industri saat ini.

Bagaimana menurutmu? Industri mana yang menurut kamu akan tergusur lebih cepat dengan berkembangnya industri Blockchain?

Artikel Terkait