Hadapi Krisis Finance Global Mendatang Dengan Klik Yahoo Finance Indonesia

Ajaib:
Hadapi Krisis Finance Global Mendatang Dengan Klik Yahoo Finance Indonesia

Titik Balik Sentimen Global Finance 2019

Sovereignty versus Globalism. Sentimen kedaulatan Negara versus sentimen Globalisme, itu adalah dinamika tarik-menarik yang sedang terjadi di peta perekonomian dunia. Dimulai dari tercetusnya gerakan Brexit baru-baru ini yang mendorong Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa. Gaya kepemimpinan Presiden Trump juga cenderung menghancurkan kebijakan global finance di masa sebelumnya.

Belum lagi kebijakan populis Pemerintah Perancis terhadap tuntutan demo masyarakatnya, menularkan sentimen pro nasionalisme ke seluruh penjuru dunia. Sama dengan yang pernah terjadi di tahun 1930-an, sentimen ini dipicu oleh kesadaran masyarakat dunia bahwa sistem global finance seringkali menomorduakan kepentingan nasional negara-negara yang terkait.

Sistem ini menimbulkan persepsi bahwa, “Sebagian pihak diuntungkan di atas kerugian banyak pihak lain”. Persepsi sumbang terhadap sistem ini akan banyak mempengaruhi trend ekonomi mendatang, karena dulunya sistem itu dirancang dengan skema peran dominasi pemain-pemain utama seperti Federal Bank, mata uang USD dan Uni Eropa. Maka tahun 2019 akan menjadi titik balik penentu kejayaan ekonomi global, atau malah kehancurannya.

Pahami lebih lanjut situasi perekonomian dunia dengan klik Yahoo Finance Indonesia

4 Tanda Peringatan Dini dari Global Financial Crisis Mendatang

Selain perubahan sentimen dalam skema global finance, ditemukan pula 4 tanda peringatan dini bahwa akan datangnya financial crisis, yaitu:

  1. Permintaan pinjaman modal bank menurun
  2. Pinjaman pribadi meroket
  3. Defisit anggaran Federal menggelembung
  4. Besarnya hutang pinjaman mahasiswa

Keempat tanda ini merupakan indikator tingginya tingkat konsumsi di seluruh penjuru dunia. Hal ini melampaui tingkat kemampuan reservasi atau pengamanan stabilitas ekonomi oleh Federal Bank. Situasi ini menimbulkan keraguan atas keberlanjutan stabilitas perekonomian dunia. Akankah hal ini berdampak buruk bagi kita di Indonesia? Kalau ya, lalu harus bagaimana?

Lindungi Keselamatan dan Harapan Finansial

Daripada merasa semakin depresi membayangkan buramnya masa depan perekonomian dunia, lebih baik bangkitkan semangat dengan optimisme baru. Tetapi bukan optimisme buta tanpa kalkulasi, tapi lebih bersifat optimisme terukur untuk memulai langkah sederhana yang berpotensi besar.

  1. Mulailah melindungi Keselamatan Finansial dengan mengamankan tabungan dengan produk tabungan yang terpercaya, dan hindari pengeluaran yang tidak perlu, guna mengamankan keberlanjutan kesejahteraan di masa-masa sulit.
  2. Mulailah melindungi Harapan Finansial dengan mengembangkan dana lewat produk investasi yang relatif lebih aman seperti Reksa Dana, guna memberikan pemasukan tambahan pada portfolio keuangan. Modal yang relatif ringan, kinerja praktis dan portfolio variatif menjadikan investasi ini dianggap beresiko rendah. Masa sih? Katanya banyak yang frustasi gara-gara bisnis saham? Reksa artinya penjaga, dana artinya uang, reksa dana adalah si penjaga uang terpercaya yang disertifikasi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. Jadi, tenang saja.

Pilih Bisnis yang Paling Cocok dengan Profil Pribadi

Serahkan pertimbangan kalkulasi untung-rugi pada ahlinya. Tak perlu pusingkan diri dengan mencoba menyelami kinerja semua jenis reksa dana dan untung-ruginya, cukup klik http://www.ajaib.co.id untuk mendapatkan konsultasi manajemen bisnis reksa dana yang paling fit bagi karakter profil pribadi tiap nasabah. Ajaib mengerti betul bahwa tiap individu memang berbeda, sehingga masing-masing perlu rancangan skema portfolio investasi tersendiri.

Jadi biarkanlah perekonomian dunia berproses saling tarik-menarik hingga menemukan titik imbang barunya, sementara itu mari bentengi keamanan finansial pribadi dengan cara berinvestasi di usaha-usaha yang mampu mendorong terus berputarnya roda perekonomian dunia maupun lokal pada khususnya.

Bacaan Terkait:
https://www.cigionline.org/articles/global-economy-2019
https://www.investopedia.com/investing/early-warning-signs-next-financial-crisis/

Share to :
Tags: , , , ,
Artikel Terkait