Bisnis & Kerja Sampingan

Gaji Part Time Starbucks Cukup Menggiurkan untuk Mahasiswa

gaji part time starbucks

Ajaib.co.id – Kalau kamu mahasiswa dan kepikiran ingin menambah uang jajan, kerja part time di Starbucks bisa jadi solusinya. Memang, berapa gaji part time Starbucks dan apa saja syaratnya?

Kalau kamu berkunjung ke Starbucks, orang pertama yang kamu cari pasti barista yang akan membantu kamu memesan kopi, membuat, hingga menyajikannya sampai kopi siap diminum, betul? Ya, mereka adalah garda terdepan pelayanan gerai kopi yang kini sudah punya lebih dari 30ribu cabang di seluruh dunia.

Namun tidak semua barista merupakan pegawai full time. Starbucks membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk bergabung kerja part time bagi para mahasiswa.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi barista part time Starbucks untuk menambah uang jajan? Artikel dari redaksi Ajaib berikut ini akan menjelaskan beberapa hal mengenai part time Starbucks.

Gaji Part Time Starbucks

Starbucks tentu punya ketentuan untuk jam kerja pegawainya baik yang full time maupun part time. Pegawai part time punya ketentuan untuk bekerja minimal 4 hari dalam satu minggu dengan aturan minimal 4 jam kerja per hari.

Saat ini informasi mengenai gaji part time Starbucks memang belum ada yang betul-betul jelas karena merupakan informasi sensitif. Namun, dari berbagai review, bisa ditarik kesimpulan bahwa gaji part time Starbucks ada di kisaran Rp150 ribu – Rp200rb per sembilan jam. Jadi jumlahnya bisa dihitung sendiri kalau kamu bekerja 4 jam per harinya.

Besar dan kecil gaji memang subjektif, namun jumlah ini tentu cukup besar bagi kamu para mahasiswa yang ingin menambah uang jajan. Belum lagi pengalaman kerja yang didapatkan bisa menjadi bekal di kemudian hari.

Syarat Menjadi Barista Part Time Starbucks

Barista adalah orang yang akan berhadapan langsung dengan pelanggan dan menjadi wajah perusahaan kopi terbesar di dunia ini. Tak hanya membuat kopi, kamu juga harus mampu membuat kunjungan pelanggan berkesan baik dengan kemampuan komunikasi yang baik juga. Selain itu, kamu juga harus cekatan untuk memastikan lingkungan kerja selalu bersih.

Berikut adalah syarat menjadi barista part time Starbucks:

  • Mampu bekerja minimal 4 hari per minggu
  • Minimal mahasiswa tahun kedua atau semester 5, diutamakan berasal dari jurusan hospitality, pariwisata, atau ilmu sosial.

Orang-orang yang diterima menjadi part time Starbucks tentunya juga memenuhi sejumlah persyaratan sikap hingga bisa diterima. Nah, sebelum melamar, pastikan dulu apakah kamu memenuhi syarat berikutnya di bawah ini:

  • Antusias dan berenergi, kamu juga harus menunjukkan passion saat bekerja. Coba diingat lagi, hampir semua barista Starbucks merupakan orang-orang yang bersemangat, bukan?
  • Punya kepribadian ramah dan bersahabat, mampu melayani pelanggan.
  • Mampu bekerja di dalam tim yang positif dan dinamis
  • Mampu bekerja dalam shift, fleksibel baik dini hari, larut malam, akhir pekan atau hari libur lainnya.

Keuntungan Part Time Starbucks

Semua pekerjaan tentunya punya manfaat tersendiri, begitu pula dengan menjadi part time Starbucks. Bagi kamu peminum kopi, pasti akan sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari brand ternama yang punya reputasi internasional ini. Namun, selain kebanggaan, apa keuntungan lain kerja part time di Starbucks?

Menambah Pengalaman dan Kemampuan

Kamu akan diajari sehingga mampu menjadi barista, staf kasir, dan staf pastry sehingga pengalaman yang kamu dapatkan sangat kaya. Selain itu, kamu juga akan diajari untuk cekatan membersihkan area kerja dan area gerai, memastikan kenyamanan untuk semua orang.

Hal ini tidak bisa didapatkan di sembarang tempat. Jika kamu sudah terbiasa bekerja dengan cekatan, hal ini biasanya akan terbawa hingga nantinya kamu bekerja di tempat impian selepas kuliah. Ketekunan adalah faktor penting yang membuat seseorang sukses.

Belajar Membaca Karakter Manusia

Menjadi barista berarti bertemu dengan manusia setiap saat. Kamu tidak pernah tahu seorang pelanggan baru mengalami hal apa dan sedang merasakan apa. Tapi mereka datang untuk satu hal: minum kopi enak. Jadi sudah menjadi tugasmu untuk mampu mengantarkan kopi bagi para pelanggan dan membuat hari mereka lebih ceria dan lebih baik dengan keramahan yang kamu tawarkan.

Selain berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, kamu juga dituntut harus lancar berkomunikasi dalam bahasa Inggris jika ingin bekerja sebagai part time di Starbucks.

Reputasi Starbucks sebagai gerai kopi internasional tentunya membuat banyak orang asing yang memilih tempat ini untuk minum kopi. Kamu harus mampu menangkap pesanan mereka dengan tepat walau memiliki aksen yang berbeda-beda.

Belajar Mengatur Waktu

Walau part time, kamu tetap akan menginvestasikan sejumlah waktu untuk bekerja. Makanya Starbucks mewajibkan mahasiswa semester 5 yang bergabung sebagai barista part time karena biasanya punya jam kuliah yang sedikit lebih longgar.

Kamu jadi bisa mengatur waktu agar kehidupan perkuliahan, pekerjaan, dan sosialisasi tetap lancar. Pastikan kamu menyesuaikan jadwal perkuliahan dengan jam kerja ya!

Lebih Menghargai Uang

Uang yang kamu dapatkan dari gaji part time Starbucks mungkin tidak besar, namun itu adalah hasil kerjamu sendiri. Kamu mendaftar dan berkompetisi dengan ratusan atau ribuan orang lain yang juga ingin menambah pengalaman, berangkat bekerja setiap ada shift, mengatur jadwal agar tidak bentrok dengan perkuliahan, hingga mendapatkan pengalaman dengan bertemu pelanggan setiap harinya.

Semua sikap itu biasanya membuat kamu lebih menghargai uang dan mampu mengalokasikan uang untuk berbagai kebutuhan dan memisahkan kebutuhan primer dengan sekunder. Jika dipupuk terus, sikap ini bisa membuat kamu mengelola uang dengan lebih baik di masa yang akan datang.

Itu dia beberapa hal yang harus diketahui jika kamu ingin part time di Starbucks. Jika kamu ingin membaca tips lain soal kerja sampingan, blog Ajaib bisa jadi jawabannya. Blog Ajaib punya ratusan artikel yang bisa kamu manfaatkan sebagai inspirasi.

Artikel Terkait