Investor Pemula

Diskonto Adalah: Hubungan Diskonto dengan Obligasi

Diskonto adalah selisih nilai nominal obligasi dengan present value-nya saat akan dilakukan penjualan. Pahami cara menghitung diskonto di sini.

Ajaib.co.id – Mungkin kamu baru menemukan dan mengenal kata diskonto ketika akhirnya memilih untuk berinvestasi pada surat Obligasi.

Obligasi sendiri adalah surat utang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi, beserta persyaratan pembayaran kembali dan bunganya.

Jenis surat obligasi yang paling umum dikenal di Indonesia adalah jenis surat berharga seperti Surat Utang Negara Indonesia dan Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Ini adalah alternatif bagi masyarakat selain menyimpan uangnya di bank.

Surat Obligasi dapat diperjual-belikan dengan beberapa ketentuan dari bank sentral. Jika kamu ingin menjual investasi surat obligasi milikmu sebelum jatuh tempo, pahami prinsip diskonto, agar bisa digunakan untuk mengetahui present value-nya.

Diskonto adalah Potongan Nilai

Definisi umum diskonto adalah: potongan nilai yang wajib dibayar oleh orang yang menjual wesel atau surat dagang yang dicairkan (diuangkan) sebelum waktu jatuh temponya.

Politik diskonto adalah sebuah kebijakan untuk menambah dan mengurangi jumlah uang yang beredar, dengan cara menaikkan atau menurunkan suku bunga bank yang dilakukan oleh Bank Sentral, yang di Indonesia adalah Bank Indonesia.

Diskonto Dalam Dunia Obligasi

Dalam dunia Obligasi, diskonto adalah: selisih antara jumlah nominal obligasi dengan jumlah penghasilan bersih dari penjualan obligasi tersebut. Biasa disebut dengan nilai par, nilai nominal obligasi adalah nilai yang harus dibayarkan saat obligasi tersebut jatuh tempo.

Cara Menghitung Diskonto

Perlu diingat, kamu harus melakukan tahapan-tahapan di bawah ini secara berurutan, guna menemukan nilai yang akurat:

A. Hitung present value pokok obligasi

1.   Kumpulkan data informasinya.

2.   Hitung suku bunga pasar saat ini untuk tiap periode pembayaran.

3.   Hitung jumlah total pembayaran potongan atau bunga.

4.   Hitung Present Value Interest Factor (Faktor Nilai Sekarang Bunga) atau PVIF.

B Hitung present value pembayaran bunga

1.   Kumpulkan data informasinya

2.   Hitung suku bunga nominal per periode.

3.   Hitung nilai dari setiap pembayaran bunga.

4.   Hitung Present Value of an Ordinary Annuity (Faktor Nilai Sekarang Anuitas Biasa) atau PVOA.

5.   Hitunglah present value pembayaran bunga. 

C Menghitung tingkat diskonto obligasi

 1.  Kumpulkan semua informasinya.

2.   Hitung harga pasar obligasi.

3.   Hitung nilai diskonto obligasi.

4.   Hitunglah tingkat diskonto obligasi.

Sudah tahu cara menghitingnya kan? Kalkulasi investasimu bisa jadi lebih matang, sehingga kamu bisa mengendalikan jual-beli investasimu agar mendatangkan keuntungan yang optimal.

Agar lebih efektif, kembangkan portfolio investasimu dengan platform investasi yang multifungsi seperti Ajaib, yang memungkinkan investasi saham dan reksa dana sekaligus dalam 1 aplikasi, biaya beli saham s/d 50% lebih murah, dan daftar 100% online tanpa biaya minimum.

Ayo miliki saham pertamamu sekarang!

Artikel Terkait