Investasi, Investor Pemula, Properti, Reksa Dana, Saham

Ciri-Ciri & Produk Investasi yang Aman untuk Kamu Pilih

Ajaib.co.id – Investasi yang aman adalah investasi yang menjadi dambaan banyak orang. Investasi sekarang menjadi salah satu jalan yang ditempuh untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Investasi merupakan salah satu cara untuk mengelola finansial dengan baik demi kehidupan yang seimbang dan kalau bisa tidak banyak berutang.

Sekarang masyarakat Indonesia sudah banyak yang menyadari pentingnya investasi dengan adanya banyak seminar investasi dan orang-orang yang masuk ke dunia investasi. Makin banyak yang menyadari bahwa siapa saja bisa berinvestasi asalkan punya niat yang penuh, jadi investasi tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki banyak uang saja.

Investasi mungkin bagi sebagian orang masih terasa asing dan terasa menakutkan. Karena bagi mereka yang ingin berinvestasi memang sebaiknya harus mengetahui bagaimana cara kerja investasi tersebut agar bisa menjalankan investasinya tanpa hambatan.

Investasi dibilang menakutkan karena risikonya memang ada dan mereka bisa saja mengalami kerugian. Namun, di situlah ciri khas dari investasi. Risikonya besar karena keuntungan yang besar juga bisa didapatkan. Asalkan kamu tahu strateginya, dijamin keuntungan akan terus kamu dapatkan.

Cara kinerja investasi pun bergantung dengan waktu. Semakin lama kamu berinvestasi, maka akan semakin besar hasil dari investasi itu yang akan kamu dapatkan.

Ciri-Ciri Investasi Aman yang yang Harus Diperhatikan

Investasi di Indonesia ada bermacam-macam, dan kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Investasi yang aman perlu diketahui ciri-cirinya, karena sekarang juga marak investasi bodong yang merugikan dan uangmu tidak akan kembali sepeser pun. Investasi yang aman memiliki ciri khas sebagai berikut:

1. Pengelola investasi mendapatkan izin dari OJK

Perusahaan pengelola investasi yang sudah mendapatkan izin dari OJK biasanya sudah terjamin aman. Ini adalah ciri khas investasi yang aman yang bisa pertama kali kamu lihat. Jangan mau berinvestasi di sebuah perusahaan yang belum memiliki izin dari OJK karena bisa saja itu adalah penipuan.

2. Janji yang ditawarkan rasional

Dengan modal yang kamu tanam pada sebuah investasi memang akan mendatangkan keuntungan. Namun keuntungan itu tentunya adalah keuntungan yang wajar, yang seimbang juga dengan modal yang kamu tanam. Perusahaan yang menjanjikan keuntungan rasional biasanya adalah perusahaan pengelola investasi yang aman.

Kamu boleh mempercayakan investasimu pada mereka. Jika kamu menemukan perusahaan yang menjanjikan keuntungan besar tanpa mendasar, maka kamu perlu mencurigai perusahaan itu.

3. Risiko itu selalu ada

Perusahaan pengelola investasi biasanya akan menjelaskan padamu risiko-risiko apa saja yang bisa kamu alami ketika melakukan investasi di tempat mereka. Ini bukan untuk menakuti, tapi agar kamu bisa melakukan persiapan.

Justru akan terdengar aneh jika ada perusahaan pengelola investasi yang mengatakan bahwa kamu tidak akan menghadapi risiko. Yang cukup wajar adalah mereka mengatakan bahwa risikonya kecil.

4. Balik modal di waktu yang wajar

Perusahaan pengelola investasi dikatakan memiliki investasi yang aman apabila menjelaskan padamu bahwa kamu akan mendapatkan keuntungan di waktu yang wajar. Apabila mereka menjanjikan return yang terlampau cepat, hal itu justru akan mencurigakan.

Pilihan Investasi Aman yang Ada di Indonesia

Setelah mengetahui ciri-ciri investasi yang aman, sekarang kamu perlu mengetahui jenis investasi apa saja yang ada di Indonesia. Investasi ini termasuk investasi yang aman dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja. Inilah pilihan investasi yang ada di Indonesia.

1. Investasi saham

Merupakan investasi yang cukup populer di Indonesia dan sudah banyak yang melakukannya. Dengan memiliki saham perusahaan tertentu, kamu bisa dianggap sebagai pemiliki perusahaan itu. Setiap perusahaan tersebut membagikan keuntungan kepada para pemegang saham, kamu juga bisa mendapatkannya.

Keuntungan yang didapatkan bisa diraih di waktu yang cukup teratur, karena biasanya perusahaan bisa membagikan keuntungan dua kali dalam setahun.

Investasi saham memiliki risiko yang besar karena keuntungan yang akan didapatkan juga tentunya cukup besar. Karena itu investasi saham merupakan investasi yang harus dijalankan secara serius dan perlu strategi yang jitu.

2. Investasi emas

Investasi emas merupakan salah satu investasi yang diminati banyak orang. Investasi emas dinilai sebagai investasi yang aman dan bisa mendatangkan keuntungan besar juga karena logam mulia ini jarang mengalami penurunan harga yang signifikan.

Namun, kamu perlu menyimpan emas ini di tempat yang aman, kalau bisa jauh dari jangkauan orang-orang. Akan lebih baik jika kamu melakukan investasi emas di lokasi-lokasi tepercaya, misalnya saja di bank karena mereka memiliki tempat penyimpanan yang aman.

3. Investasi properti

Investasi properti juga merupakan investasi yang aman dan menghasilkan keuntungan besar. Hal ini karena banyak orang yang membutuhkan tempat tinggal. Misalnya saja kamu berinvestasi dengan mendirikan kos-kosan dan hotel. Investasi properti dikatakan sebagai investasi jangka panjang karena sejauh ini harga properti setiap tahunnya selalu naik.

Namun, agar investasi propertimu tetap mendatangkan keuntungan, kamu harus tetap merawat aset propertimu dengan baik. Hal ini tentu saja membutuhkan modal yang cukup. Karena itu kamu harus mempertimbangkan juga modal yang kamu miliki.

4. Investasi reksa dana

Investasi reksa dana merupakan investasi dari masyarakat yang dikelola oleh manajer investasi. Investasi ini bisa kamu lakukan dengan modal yang kecil dan tetap mendatangkan keuntungan. Yang menguntungkannya, bagi kamu yang tidak mengerti reksa dan dan tidak ada waktu untuk memantau jalannya investasi kamu tetap bisa melakukan investasi karena ada manajer yang membantu.

5. Investasi deposito

Merupakan investasi yang dilakukan dengan menyimpan uang di bank dalam kurun waktu tertentu. Bunga yang diperoleh akan lebih besar dibandingkan uang yang kamu simpan di tabungan biasa. Nanti kamu bisa mengambil uangnya kembali di kurun waktu yang telah dijanjikan bersama pihak bank.

Itulah beberapa produk investasi yang aman dan bisa kamu jadikan alternatif untuk memulai investasi. Nah, untuk kamu yang ingin mulai investasi reksa dana maupun saham, kamu bisa memulainya sekarang juga di Ajaib!

Ajaib merupakan salah satu platform investasi yang membantu kamu untuk membeli instrumen investasi reksa dana maupun saham dengan mudah, kapan dan di mana saja. Melalui aplikasi ini, kamu hanya perlu modal awal mulai dari Rp10ribu untuk reksa dana dan Rp100 ribu untuk saham. Selain itu, Ajaib juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan dana untuk investasi. Jadi tunggu apalagi? Yuk investasi dengan aman di Ajaib mulai hari ini!

Artikel Terkait