Cek Pajak Kendaraan Medan dan Bagian Indonesia Lainnya

cek pajak kendaraan medan
cek pajak kendaraan medan

Mengecek pajak kendaraan, termasuk cek pajak kendaraan Medan, adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh kamu jika memiliki kendaraan pribadi, baik itu roda dua atau roda empat.

Seperti bangunan dan pribadi, kendaraan juga merupakan objek wajib pajak yang harus dilunasi. Itulah kenapa, jika kamu di Medan atau bagian Indonesia lainnya., kamu harus wajib cek pajak kendaraan Medan secara berkala.

Nah, supaya kamu tidak bingung, berikut cara cek pajak kendaraan Medan atau daerah lainnya di Indonesia.

Beberapa Cara Cek Pajak Kendaraan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, keberadaan teknologi memudahkan kamu untuk mengecek pajak kendaraan. Termasuk cek pajak kendaraan Medan. Nah, berikut beberapa cara untuk cek pajak kendaraan yang mudah can cepat.

Melalui SMS

Cara cek pajak kendaraan yang pertama adalah melalui SMS. Munculnya berbagai aplikasi chatting membuat SMS kerap dilupakan, namun kini kamu bisa menggunakan SMS untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah mengecek pajak kendaraan.

Cara cek pajak kendaraan melalui SMS adalah dengan format sebagai berikut: Info<spasi>kode plat kendaraan di Jawa Barat/nomor polisi/kode seri plat kendaraan<spasi> warna plat kendaraan.

Contoh SMS-nya akan berbentuk sebagai berikut: info b/3456/bb hitam

Setelah kamu mengirim SMS tersebut, nanti akan ada balaskan yang memberitahukan kamu rincian mengenai pajak kendaraan tersebut. Mudah, bukan?

Melalui Online

Jika metode SMS dirasa terlalu usang, maka cek pajak kendaraan Medan juga bisa dilakukan melalui online, lebih tepatnya dengan mengakses beberapa tautan Samsat yang menyediakan layanan cek pajak kendaran secara online. Beberapa Samsat tersebut adalah:

  • DKI Jakarta http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
  • Jawa Barat http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  • Jawa Tengah http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  • Yogyakarta http://infonjkbdiy.com/
  • Jawa Timur http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas
  • Aceh http://esamsat.acehprov.go.id/
  • Riau http://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/
  • Kepulauan Riau http://dispenda.kepriprov.go.id/Home/InfoPajak
  • Sulawesi Tengah http://dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkb.php

Melalui Aplikasi

Samsat juga melengkapi diri mereka dengan aplikasi untuk mempermudah proses cek pajak kendaraan bermotor. Nama aplikasi tersebut adalah e-samsat. Berbeda dengan cek pajak kendaraan via online yang bisa diakses di mana-mana, aplikasi e-samsat hanya mengover 3 provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur dan Sumatera Barat. Selain itu, aplikasi e-samsat juga baru ada di Google Play saja.

Dengan banyaknya channel untuk cek pajak kendaraan Medan atau daerah lainnya, maka tidak ada lagi alasan untuk tidak melakukan pembayaran objek wajib pajak yang satu ini. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu yang sebelumnya teledor dalam membayar objek wajib pajak apapun, bisa mulai mengubah kebiasaan kamu.

Pajak kendaraan bukan satu-satunya aspek yang perlu kamu ketahui guna menjadi wajib pajak yang disiplin. Ada beberapa hal lainnya, termasuk bagaimana membayar SPT atau hal lainnya yang perlu kamu pahami untuk menjadi wajib pajak yang patut dijadikan contoh. Untuk perkaya pengetahuan kamu tentang pajak atau hal yang berkaitan dengan dunia finansial, blog Ajaib Indonesia adalah titik awal yang bagus.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait