Pajak

Cek Pajak Kendaraan Jakarta via Smartphone

Ajaib.co.id – Kini sistem jaringan online yang telah digunakan oleh Samsat DKI Jakarta kian mempermudah pemilik kendaraan untuk cek pajak online DKI Jakarta. Kamu tidak perlu bersusah payah mendatangi Samsat untuk sekadar membayar dan mengecek pajak kendaraanmu.

Cara ini tentunya mempermudah para wajib pajak yang ingin mengecek dan membayar pajak tanpa perlu menyisihkan banyak waktu. Wajib pajak tidak perlu beranjak dari lokasinya, dan hanya membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya secara online. Di bawah ini adalah cara cek pajak kendaraan bermotor dengan mudah dan cepat.

Cek Pajak Kendaraan Jakarta via Website & Aplikasi

Dalam mengecek besaran dan nominal pajak kendaraan bermotor (PKB), kamu bisa melalui website atau aplikasinya di smartphone Android. Adapun nominal pajak yang akan dibayar langsung tertera setelah kamu memasukkan data kendaraan dan data diri.

Untuk kamu yang ingin mengetahui besaran pajak kendaraan bermotor, bisa mengakses website https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ atau mengunduh aplikasi Cek Ranmor DKI di Play Store.

Kedua cara tersebut bisa dilakukan dengan masukkan data pelat nomor berikut nomor KTP dan klik checklist Captcha kemudian klik gambar kaca pembesar. Kemudian, tampilan pada website kamu akan menunjukkan berapa pajak yang harus dibayar, periode pembayaran pajak, berikut denda apabila terlambat atau biaya perpanjangan STNK dan penerbitan pelat nomor baru.

Cek Pajak Kendaraan Jakarta via SMS

Jika kamu merupakan pengguna ponsel biasa, tidak usah khawatir karena bisa tetap mengecek pajak kendaraan bermotor di Provinsi DKI Jakarta via SMS. Kamu bisa mengetik *368# kemudian pilih angka 1 yang bertuliskan Ditlantas PMJ. Kemudian akan tampil pilihan info, mulai dari Info kendaraan bermotor, pajak kendaraan bermotor, pajak reminder, info SIM keliling, dan terakhir Samsat keliling.

Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan nomor kendaraan tanpa perlu spasi. Tak perlu menunggu lama, kamu akan memperoleh SMS masuk dari Polda Metro Jaya yang memberikan informasi pajak kendaraan sesuai dengan yang kalian cari.

Pembayaran Pajak Kendaraan

Di sisi lain, untuk melakukan pembayaran pajak, Kamu bisa dengan berbagai cara. Misalnya Kamu bisa mendatangi loket Samsat, Samsat Drive Thru, hingga melalui jalur online via jaringan ATM dan bank yang bekerja sama dengan Dispenda DKI Jakarta. Melakukan pengecekan besaran pajak juga bisa melalui situs e-Samsat yaitu situs: https://samsat-pkb.jakarta.go.id/ sekaligus untuk verifikasi pembayaran pajak via online.

Dalam mendapatkan informasi besaran pajak pun bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Saat ini kamu tidak perlu lagi repot datang ke kantor Samsat hanya untuk mengecek besarnya pajak kendaraan bermotor di Jakarta. Kamu hanya perlu datang ke Samsat sekali dalam lima tahun untuk perpanjangan STNK dan mencetak pelat nomor baru.

Manfaat Aplikasi Pajak Kepemilikan Kendaraan

Aplikasi pajak kendaraan bermotor juga bisa dimanfaatkan untuk memeriksa keabsahan data mobil atau motor. Dalam aplikasi ini, kamu akan terkoneksi dengan server data kendaraan di Samsat DKI Jakarta.

Selain itu, untuk aplikasi Cek Ranmor daerah DKI Jakarta bisa kamu gunakan untuk melacak keabsahan pelat nomor dari suatu kendaraan bermotor asal Jakarta. Caranya sangat mudah, yakni dengan masukkan data pelat nomor kendaraan saja. Kemudian, aplikasi akan menampilkan seluruh data kendaraan. Jika pelat nomor salah atau tidak terdaftar reguler maka aplikasi tidak bisa menampilkan data kendaraan tersebut.

Dengan cara tersebut kamu dapat mengetahui tanggungan pajak apabila ingin membeli kendaraan bermotor di Jakarta. Kini sering kita jumpai penjual mobil atau motor bekas tidak mengungkapkan secara gamblang ketika kendaraan yang mereka jual telah menunggak pajak selama beberapa tahun.

Saat melihat iklan di website jual beli mobil, maka kamu bisa langsung meng-input pelat nomornya dari foto yang penjual tampilkan. Dengan cara ini terbukti bisa mengurangi modal kamu dalam melakukan negosiasi harga dengan penjual.

Selanjutnya, kamu bisa menawar lebih rendah dengan alasan untuk melunasi pajak yang menunggak beberapa tahun dan balik nama. Kamu hanya perlu membuktikan dan penjual pun sulit mengelak apabila kenyataannya kendaraan yang mereka jual pajaknya mati.

Kemudian, dalam aplikasi cek pajak kendaraan bermotor bisa dimanfaatkan juga untuk mengetahui taksiran nilai jual apabila kamu tidak begitu mengetahui pasaran harga suatu kendaraan. Di sisi lain, taksiran harga yang ada tidak selalu akurat.

Umumnya, harga jual kendaraan lebih murah dari nilai jual objek pajak. Hanya saja dalam data NJOP, pajak kendaraan bermotor ini bisa dipakai juga untuk patokan harga tertinggi.

Artikel Terkait