Milenial

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Melalui Online dan SMS

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mewajibkan pengguna kartu prabayar untuk melakukan registrasi ulang. Mau tahu cara registrasi ulang kartu prabayar? Mulai dari online hingga SMS semua bisa.

Bagi calon pelanggan maupun pelanggan lama kartu prabayar wajib melakukan registrasi. Jika tidak, kartu perdana tidak akan dapat dipakai atau kartu lama bakal diblokir. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menkominfo Nomor 12/2016.

Jadi calon pelanggan atau pelanggan baru registrasi untuk pertama kalinya sebelum menggunakan kartu. Sementara untuk pelanggan lama, melakukan daftar ulang.

Kewajiban registrasi tersebut sudah disosialisasikan sejak tahun lalu. Karena jika tidak registrasi, pihak operator akan memblokir kartu tersebut. Yuk, ketahui cara registrasi ulang kartu prabayar 2019 di bawah ini!

Telkomsel (simPATI, Kartu As, Loop)

●    Lewat SMS

Untuk pelanggan baru Telkomsel, ketik REG(spasi)NIK#Nomor KK#, lalu kirim SMS ke 4444. Sedangkan untuk pelanggan lama mau daftar ulang, ketik ULANG(spasi)NIK#Nomor KK#. Kirim ke 4444.

●    Datang ke GraPARI

Jika mengalami kesulitan dalam registrasi atau daftar kartu prabayar, kamu bisa mengunjungi gerai GraPARI terdekat di kotamu.

XL Axiata

●    Lewat SMS

Ketik DAFTAR#NIK#Nomor KK (harus sesuai dengan yang tertera pada KK) Kirim ke 4444. 

●    Customer Service

Jika menemui kendala saat registrasi kartu XL Prabayar, hubungi customer service XL melalui [email protected] atau call center di nomor 817.

Kartu Indosat

●    Lewat SMS

Ketik NIK#Nomor KK Kirim ke 4444.

●    Melalui Website

Bila ingin daftar ulang supaya nomor kartu Indosat kamu tidak hangus, kunjungi https://myim3.indosatooredoo.com/registration. Masukkan nomor handphone untuk cek nomor. Selanjutnya klik verifikasi.

Smartfren

●    Melalui SMS

Kirim SMS dengan format NIK#Nomor KK (Kartu Keluarga)# Lalu kirim ke 4444.

●    Melalui My Smartfren

Kunjungi https://my.smartfren.com/reg. Kamu akan diminta melengkapi data diri. Seperti, nomor kartu Smartfren, NIK, Kartu Keluarga, email, nomor ponsel.

Verifikasi menggunakan PUK, kode aktivasi, atau SMS. Kemudian masukkan data verifikasi tersebut. Masukkan kode.

●    Daftar di Galeri Smartfren

Kamu dapat mengunjungi atau datang ke Galeri Smartfren terdekat dengan membawa KTP dan KK.

Kartu 3 (Tri)

●    Lewat SMS

Untuk registrasi ulang ketik ULANG#Nomor NIK#Nomor KK. Kirim ke 4444. Jika pelanggan baru, ketik Nomor NIK#Nomor KK, dan kirim ke 4444.

●    Lewat Website

Mengunjungi laman https://registrasi.tri.co.id/daftar. Masukkan NIK atau nomor KTP, nomor KK. Pilih kode rahasia untuk keamanan data dan kartumu. Lalu klik “Kirim.”

Jadi, sudah tahu dong cara registrasi ulang kartu prabayar? Selanjutnya kamu bisa langsung aktifkan simcard-nya deh.

Bukan tanpa tujuan pemerintah memberlakukan kebijakan tersebut. Salah satunya untuk melindungi pelanggan dari segala bentuk kejahatan lewat handphone. Selamat mencoba ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait