Berita

Cara Pengajuan KTA Agar Cepat Disetujui Pencairannya

pengajuan kta

Ajaib.co.id – Saat ini ada banyak sekali orang yang sangat senang dan mudah dalam pengajuan KTA. Adapun pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) ini lebih mudah dimana sudah banyak tools yang menghadirkan verifikasi data diri sehingga proses yang dilakukan lebih cepat.

Ada banyak alasan mengapa orang melakukan pengajuan KTA. Salah satunya adalah proses yang singkat dan persyaratan yang mudah.

Namun demikian kemudahan pengajuan kredit ini juga harus kamu pikirkan, sebagai debitur kamu harus mengetahui dan bagaimana dana pengajuan kredit ini nantinya akan kamu gunakan.

Ini mengingat KTA bukanlah jenis utang yang bisa dengan mudah kamu lunasi. Hanya saja ada bunga dan biaya lainnya yang memiliki jumlah tidak kecil yang wajib kamu setor tiap harinya.

Namun demikina, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum kamu melakukan kredit ini, antara lain :

Alokasi Dana

Hal pertama yang perlu kamu pikirkan sebelum melakukan pengajuan KTA adalah alokasi dana kamu kemudian. Ini penting mengingat jangan sampai kredit ini dilakukan untuk membiayai kebutuhan yang tidak menghasilkan profit.

Misalkan saja, pengajuan KTA untuk membeli mobil, ponsel terbaru ataupun liburan ke luar negeri. Hal ini tentunya bukan merupakan penggunaan dana KTA yang baik, mengingat manfaat yang diperoleh tidak maksimal.

Tak hanya itu, beberapa alokasi dana tidak tepat ini membuat kamu akan semakin terlilit utang berlebihan. Ini mengingat di waktu tak terduga, kamu akan membutuhkan sejumlah dana segar yang mungkin akan sangat darurat.

Namun kamu akan sulit melakukan pengajuan KTA lagi karena kamu masih memiliki cicilan KTA sebelumnya yang belum kamu lunasi.

Melakukan Cicilan KTA

Selanjutnya, hal lain yang harus kamu pikirkan sebelum melakukan pengajuan KTA adalah dengan melakukan pelunasan cicilan terhadap KTA pinjaman sebelumnya.

kamu perlu tau bahwa meskipun kamu memiliki gaji atau penghasilan tetap dalam jumlah beasr. Hal tersebut tentunya tidak menjamin kamu memiliki kemampuan dalam melakukan pembayaran dan pelunasan pinjaman KTA.

Hitung Besaran Cicilan KTA

Dalam melakukan hal ini, kamu tentunya harus memiliki sejumlah perhitungan yang cukup matang. Ini mengingat kamu harus mengetahui besaran rasio utang yang mampu kamu tanggung setiap bulannya.

Selanjutnya, kamu juga perlu memperhitungkan terkait dengan jumlah utang kamu lainnya yang sudah kamu miliki dan masih dalam proses pelunasan. Ini menjadi sangata penting dalam membantu kamu mengelola dan menjalankan rencana finansial kamu kedepannya.

Sementara itu, dalam prosesnya, tentunya jangan sampai kamu memiliki kerugian setiap bulannya karena seluruh penghasilan kamu sudah habis untuk melunasi cicilan utang.

Walaupun ini dianggap sepele, namun ada banyak orang yang pada awalnya tidak memiliki sebuah gambaran mengenai perencanaan keuangan sebelum akhirnya melakukan pinjaman KTA.

Adapun beberapa langkah aman yang bisa kamu lakukan dalam melakukan pinjaman KTA antara lain dengan memastikan tersedianya uang untuk melakukan pelunasan KTA.

Perlu kamu tahu juka sewaktu kamu lalai dalam melakukan kewajiban pembayaran maka sudah bisa dipastikan kamu akan terlilit bunga pinjaman yang tinggi. Selain itu, pihak bank akan berupaya maksimal memaksa kamu melunasi KTA kamu.

Maka dari itu, kamu harus memastikan memiliki penghasilan yang cukup dan memiliki kemampuan dalam melakukan pembayaran sebelum kamu kembali melakukan pengajuan KTA lagi.

Adapun beberapa tahap yang bisa kamu lakukan agar aman dalam melakukan jenis kredit ini, antara lain :

Melakukan Simulasi Cicilan KTA

Walaupun kamu kini telah memiliki pendapatan bulanan dalam jumlah yang teramat besar. Namun kamu harus memastikan bahwa kamu sudah melakukan simulasi ataupun perhitungan awal kamu akhirnya melakukan peminjaman KTA kepada pihak perbankan.

Hal ini tentunya akan membantu kamu terbebas daripada beragam kejadian yang menyulitkan seperti gagal bayar dan penunggakan cicilan pada pinjaman kamu.

Mengajukan KTA

Apabila kamu nyatanya sudah memiliki keinginan dalam melakukan perhitungan KTA, maka kamu harus mengikuti beberapa tahapan dibawah ini, antara lain :

Memilih Bank yang Tepat

Seharusnya kamu jangan terlalu berfokus pada satu bank saja. Namun perlu kamu lakukan perbandingan dan pilihan yang paling sesuai dan kamu harus memberikan manfaat serta memberikan keuntungan bagi kamu.

Ada juga banyak bank yang selalu menyediakan beragam fasilitas KTA dalam sebuah layanan mereka. Ini mengingat mereka mendapatkan informasi yang lengkap dari beberapa bank yang pada akhirnya kamu akan mengambil keputusan melakukan pengajuan KTA.

Melengkapi Dokumen yang Diperlukan

Secara umum seluruh bank akan meminta kamu untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Seluruh bank akan mengajukan beragam persyaratan yang berbeda dalam proses pengajuan KTA. Adapun persyaratan pengajuan KTA, antara lain :

  1. KTP dan KK
  2. Akta nikah / cerai / kematian / perjanjian pra nikah
  3. NPWP / SPT
  4. Rekening tabungan 3 bulan terakhir
  5. Slip gaji karyawan / Surat Keterangan Penghasilan

Beberapa dokumen-dokumen diatas harus kamu siapkan dalam bentuk fotocopy. Namun untuk slip gaji maupun bentuk surat keterangan penghasilan, umumnya bank akan meminta dokumen asli untuk dilampirkan.

Menghubungi Perbankan untuk Pengajuan KTA

Untuk melakukan pengajuan KTA, maka kamu bisa secara langsung datang ke bank yang menjadi pilihan kamu untuk melakukan pengajuan KTA. Tapi, kamu juga bisa melakukan pengajuan KTA secara online melalui situs resmi bank yang kamu pilih.

Apabila kamu sudah mengajukan permohonan pengajuan KTA secara online, maka kamu bisa melakukan penghematan dari hal waktu dan biaya yang dikeluarkan dalam melakukan pengajuan KTA. Di mana kamu bisa mengakukan pengajuan KTA dari rumah.

Proses Verifikasi dan Survey

Dalam proses verifikasi, maka pihak bank akan melakukan serangkaian verifikasi dan survey mengenai dokumen dan juga data yang kamu cantumkan dalam aplikasi pengajuan KTA.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait