Teknologi

Cara Mendaftar PayPal Indonesia untuk Berbagai Keperluan

Ajaib.co.id – Banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan PayPal Indonesia. Bahkan bisa dikatakan semua transaksi keuangan secara virtual bisa menggunakan PayPal. Sayangnya masih banyak yang belum menggunakan semua layanan PayPal secara maksimal. Memangnya apa saja layanan PayPal? 

Secara fungsi sebenarnya PayPal memiliki kesamaan dengan akun-akun rekening bank online di Indonesia pada umumnya. Yang membedakan adalah PayPal bisa digunakan untuk transaksi beda negara. 

Tetapi untuk bisa menggunakannya, tentunya Anda harus memiliki akun PayPal. Selain itu, akun PayPal Indonesia juga harus sudah terhubung dengan rekening tabungan pribadi atau kartu kredit. 

Mengenal Jenis Layanan PayPal

Sebenarnya banyak sekali layanan PayPal yang bisa Anda manfaatkan. Sementara itu cara menggunakannya sendiri pun bisa dikatakan sangat mudah. Berkenaan dengan layanan PayPal, berikut ini adalah daftar kegunaan dari PayPal:

  1. Bisa digunakan untuk transfer uang dari bank ke akun PayPal. 
  2. Bisa digunakan untuk transfer uang dari akun PayPal Anda ke akun PayPal orang lain ke berbagai negara yang ada di dunia. 
  3. Bisa digunakan untuk transfer uang dari akun PayPal ke rekening bank pribadi Anda.
  4. Bisa digunakan untuk melakukan pembelian apapun. Baik secara offline maupun online di berbagai negara. 

Tetapi untuk bisa menikmati semua layanan PayPal, Anda diharuskan untuk memiliki akun/rekening PayPal terlebih dahulu. Jika memang seperti itu persyaratannya, lalu bagaimana cara daftar akun PayPal? 

Cara Membuat Akun PayPal

Membuat akun PayPal Indonesia adalah perkara yang sangat gampang. Pasalnya akun PayPal bisa dibuat lewat PC, Laptop, atau Smartphone yang tersambung ke internet. Artinya Anda tidak perlu repot-repot datang langsung ke kantor PayPal. Penasaran bagaimana caranya? Pelajari lebih lanjut langkah daftar akun PayPal berikut ini: 

  1. Buka situs resmi PayPal Indonesia.
  2. Pilih jenis akun PayPal. Apakah akun pribadi atau akun bisnis. Setelah menentukannya klik saja “ Daftar”. 
  3. Lanjutkan dengan mengisi beberapa data pribadi pada kolom formulir yang sudah disediakan. Setelah Anda selesai mengisinya, klik tombol “Setuju dan Buat Rekening”. 
  4. Lakukan verifikasi. Caranya adalah dengan memasukkan kode. Kemudian klik “Lanjutkan”. Setelah itu klik “Masuk ke Rekening Saya”. 
  5. Setelah berhasil, nanti akan ada halaman untuk masuk ke akun PayPal Anda. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi lewat alamat email Anda
  6. Nantinya Anda bisa langsung masuk ke akun PayPal. Caranya adalah dengan login dan masukkan e-mail serta password yang sebelumnya sudah Anda daftarkan. 
  7. Setelah Anda berhasil masuk, biasanya akan diminta mengisi kolom pertanyaan keamanan. Setelah Anda mengisinya, lanjutkan dengan klik “Kirimkan”. 

Sekarang akun PayPal Anda sudah berhasil dibuat. Anda bisa langsung menggunakannya untuk berbagai transaksi online. Mulai dari pembelian hingga penarikan dana. Setelah berhasil membuat akun PayPal Indonesia, kini saatnya untuk tahu bagaimana cara menggunakannya. 

Menggunakan PayPal untuk Belanja Online

Untuk Anda yang ingin menggunakan PayPal untuk belanja online, cara menggunakannya adalah seperti ini: 

  1. Masuk terlebih dahulu ke situs toko online atau e-commerce yang Anda tuju. Misalnya saja eBay atau Amazon yang menerima pembayaran dengan PayPal. 
  2. Setelah itu Anda tinggal pilih barang yang akan Anda beli. Lalu masukkan ke keranjang. 
  3. Setelah Anda selesai memilih barang apa saja yang ingin dibeli, selanjutnya lakukan checkout. Kemudian pilih menu pembayaran dengan metode Pay with PayPal. 
  4. Kemudian masukkan akun PayPal lalu lakukan konfirmasi pembayaran di e-mail yang sudah terhubung ke akun PayPal Anda. 
  5. Pembayaran selesai. Anda tinggal menunggu konfirmasi selanjutnya dari pihak toko online atau e-commerce terkait dengan proses pengiriman barang yang sudah dibeli. 

Menggunakan PayPal untuk Transfer Uang ke Rekening Lain

Untuk Anda yang ada niatan untuk transfer uang ke rekening lain dengan menggunakan PayPal Indonesia, seperti inilah caranya:

  1. Buka situs PayPal. Atau Anda juga bisa membukanya lewat aplikasi PayPal yang ada di ponsel Anda. 
  2. Setelah berhasil login, langsung klik “Transfer Money”. Lalu masukkan jumlah nominal yang yang akan Anda transfer. 
  3. Kemudian masukkan nama akun PayPal atau nomor rekening yang Anda tuju. Nantinya setelah semua data transfer terisi, lalu klik “Send”

Menggunakan PayPal untuk Menarik Uang ke Rekening Bank Anda

Untuk menarik uang dari akun PayPal ke rekening bank sebenarnya sangat mudah. Meskipun langkahnya bisa dikatakan cukup banyak. Langkah yang harus Anda lalui adalah: 

  1. Pastikan terlebih dahulu di dalam akun PayPal Anda memiliki jumlah saldo yang cukup untuk melakukan pencairan. Setelah itu buka aplikasi PayPal Indonesia.
  2. Kemudian masuk ke opsi “Withdraw Funds” atau tarik dana.
  3. Setelah itu masukkan sumber dana dan bank lokal Indonesia tujuan Anda. Caranya Anda tinggal klik tanda panah yang ada pada kolom. Kemudian klik “Continue”. Lalu pilih jumlah yang ingin Anda carikan. Kemudian klik tombol “Continue”
  4. Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi. Sebab untuk menarik uang dari PayPal ke bank lokal Indonesia memang diharuskan untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu. 
  5. Ingat untuk memastikan semua data sudah benar sebelum Anda benar-benar mengklik tombol “Tarik”. Setelah itu akan muncul sebuah notifikasi. 
  6. Setelah Anda menerima notifikasi, pihak PayPal akan akan mengirimkan sebuah e-mail yang berisi jika mereka sedang melakukan proses pengiriman uang ke rekening bank lokal Indonesia yang Anda tuju. Umumnya uang akan terkirim 1 hingga 2 hari kerja
  7. Setelah itu Anda tinggal mengecek apakah saldo Anda sudah bertambah ataukah belum. 

Sebenarnya cara menggunakan PayPal untuk berbagai keperluan transaksi virtual sangatlah mudah. Namun untuk bisa memanfaatkan semua fitur yang ada pada PayPal, Anda harus memiliki akun PayPal Indonesia terlebih dahulu.

Artikel Terkait