Saham

Cara Melihat Harga Saham di IDX dan Platform lainnya

cara melihat harga saham di idx

Ajaib.co.id – Kamu ingin tahu cara melihat harga saham di IDX ataupun platform lainnya? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan membagikan cara melihat harga saham di IDX dan tempat-tempat lainnya melalui ulasan berikut ini.

Redaksi Ajaib mengamini, kamu bisa mencari informasi harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui IDX laporan keuangan. Namun jangan salah, informasi harga saham yang akan kamu dapatkan sifatnya bukan harian ya.

Karena jika melihat dari laporan keuangan, kamu tidak akan bisa mengikuti pergerakan harga saham untuk setiap harinya. Pasalnya, BEI mewajibkan setiap perusahaan menerbitkan laporan keuangan hanya setiap kuartal atau bisa dibilang tiap tiga bulan sekali.

Lalu, tidak adakah cara melihat harga saham di IDX? Tidak begitu juga. Kamu tetap bisa melihat harga saham tahunan berdasarkan data laporan keuangan yang dirilis di kuartal IV. Berarti, cara untuk mendapatkan data saham tersebut adalah dengan melihat harga pembukaan, tertinggi, terendah, dan penutupan di akhir tahun.

Perlu dicatat, bursa saham pada tanggal 31 Desember bisa dipastikan tutup. Hal ini dikarenakan pada tanggal itu BEI libur. Solusinya, untuk melihat harga saham yang kamu mau, kamu bisa melihatnya di tanggal 30 Desember.

Sudah memilih tanggal 30 Desember, tetapi datanya tetap kosong? Bisa jadi tanggal 30 Desember itu hari libur. Jika 30 Desember itu hari Minggu, dan 29 Desember itu hari Sabtu, maka kamu bisa menarik harga saham tahunan di tanggal 28 Desember.

Cara Melihat Harga Saham di IDX

Setelah mengetahui hal tersebut, ini cara melihat harga saham di IDX

  1. Buka situs IDX
  2. Pilih Data Pasar lalu ke Ringkasan Saham
  3. Nanti akan ada filter yang perlu kamu pilih. Pilih bagian “kode saham”, “tertinggi”, “terendah”, “penutupan”, dan sebelumnya.
  4. Setelah dipilih, nanti akan muncul daftar saham beserta harga tertinggi, terendah, penutupan, dan sebelumnya.

Dari situlah kamu bisa mengetahui harga saham tahunan. Lalu, mengapa memilih pilihan “sebelumnya”, bukan “open price”? Hal ini dikarenakan seringkali harga open price tidak tampil atau hanya terpampang angka 0.

Memakai harga penutupan di hari sebelumnya adalah cara terbaik untuk mengetahui harga pembukaan atau open price. Namun, jika kamu masih ingin mengetahui harga saham secara harian dan real time, kamu bisa menggunakan cara dan platform lain untuk mengetahuinya. Beberapa diantaranya adalah:

Beli Data Harga Penutupan 7 Tahun Terakhir

Karena membeli, cara ini tentunya tidak gratis atau berbayar. Jika kamu tidak masalah dengan hal tersebut, kamu bisa mencarinya di internet. Nantinya, kamu bisa menemukan file-file informasi dengan data yang telah diolah. Biasanya untuk membelinya, kamu harus menggelontorkan dana sekitar Rp100 ribuan hingga Rp200 ribuan.

Melalui Google

Cara ini paling praktis dan tentunya gratis. Kekurangan cara ini, kamu hanya bisa melihat satu per satu indeks saham. Jadi, data yang tersaji adalah data yang mendetail untuk satu kode saham, bukan berbentuk tabel dari kumpulan beberapa saham.

  • Caranya mudah. Kamu cukup ketik keyword saham yang ingin kamu cari tahu, misalnya saham BUMI. Nantinya, Google akan menampilkan informasi lengkap saham BUMI pada halaman teratas. Kamu bahkan bisa melihat histori harga saham BUMI yang cukup lengkap.
  • Keyword yang diolah juga bisa bermacam-macam. Kamu bisa saja menulis saham perusahaan Bumi Resources atau harga saham PT Bumi Resources. Selama keyword tersebut memiliki korelasi, kamu bisa mendapatkan update harga saham hariannya. Simpel ‘kan?

Yahoo Finance

Widget milik Yahoo ini seringkali jadi andalan untuk cari harga saham terkini. Dari Yahoo Finance ini, kamu bisa menemukan grafik saham secara lengkap. Mulai dari jumlah saham, hingga ke harga saham penutupan sekalipun. Caranya juga cukup mudah. Kamu tinggal ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka alamat Yahoo Finance
  • Lalu klik kode saham yang ingin dicari dengan disertai .JK. Misalnya, kamu ingin mencari tahu harga saham BUMI, maka kamu masukkan keyword BUMI.JK di kolom pencarian keyword. Nanti akan muncul daftar saham dengan kode BUMI, ingat untuk selalu memilih dengan yang belakangan .JK.
  • Setelahnya, nanti data saham BUMI milik PT Bumi Resources Tbk akan terbuka. Banyak data yang bisa kamu lihat di sini.
  • Kalau kamu ingin ditampilkan dengan grafik berdasarkan harian bulanan atau tahunan, kamu bisa memilih pilihan 1D, 5D, 1M, YTD, 1Y hingga seterusnya untuk mengoperasikannya.

Aplikasi Trading Saham

Ingin memantau pergerakan harga saham dengan mudah? Kamu juga bisa menginstal aplikasi trading saham di smartphone kamu. Jadi, kamu bisa mengaksesnya dengan mudah dan lengkap. Bukan hanya mengamati dan memonitor harga saham, kamu juga bisa melakukan transaksi saham juga lho. Beberapa aplikasi rekomendasi dari Ajaib adalah:

RTI Business

RTI Business adalah aplikasi yang begitu populer di kalangan trading saham. Ketika pertama kali membuka aplikasi ini, kamu akan melihat Movers atau daftar saham yang menjadi penggerak pasar dalam satu hari tersebut.

Kamu juga bisa menyusun watchlist kamu sendiri untuk mengamati harga saham yang kamu inginkan. Informasi yang disajikan RTI Business ini begitu lengkap. Bukan hanya berisi grafik Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tetapi juga sampai memiliki grafik Bullish dan Bearish di BEI.

Stockbit

Berbeda dengan RTI Business, Stockbit memiliki keunikannya sendiri. Selain kamu bisa mengamati harga saham dan trading saham, kamu juga bisa ikut dalam komunitas trader. Pasalnya, Stockbit ini menyediakan wadah untuk sharing dan chatting. Bisa dibilang, Stockbit ini seperti media sosialnya untuk trader.

Dengan menjadikan aplikasinya semi-media sosial, Stockbit menjadi tempat yang nyaman untuk memperdalam ilmu informasi. Karena kamu bisa bertukar ilmu antara trader yang satu dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga jadi memiliki teman diskusi untuk membahas segala sesuatunya di dunia investasi.

Belum cukup sampai di sana, Stockbit juga menyediakan InsiderNews. Fitur ini cukup berguna karena kamu bisa mengetahui aksi apa yang dilakukan oleh investor atau trader kawakan Indonesia dalam berinvestasi. Aksi mereka ini bisa jadi referensi kamu juga untuk memutuskan aktivitas investasi apa yang ingin kamu lakukan.

Kenapa aksi investor kawakan ini begitu berharga? Karena selain kamu bisa mengikuti langkah mereka, tidak jarang mereka ini jugalah yang membuat harga saham bisa bergerak.

Itulah dia pembahasan cara melihat harga saham di IDX dan platform lainnya. Untuk kamu yang memang ingin mengawasi dan memonitoring saham yang kamu incar, bisa mencoba cara-cara yang sudah redaksi Ajaib sebutkan tersebut.

Jika menurut kamu investasi saham yang kamu incar masih begitu berisiko, kamu juga bisa lho memulai investasi dengan instrumen lainnya yang lebih rendah risiko, salah satunya adalah investasi reksa dana. Bisa dibilang, reksa dana adalah salah satu instrumen investasi berisiko rendah dengan keuntungan yang cukup besar.

Karena itu, untuk investor pemula, ada baiknya kamu mencoba produk investasi reksa dana. Kini, investasi reksa dana juga lebih praktis karena hanya dengan bermodal smartphone saja, kamu sudah bisa memulainya. Untuk lebih simpel dan anti ribet, kamu bisa gunakan aplikasi Ajaib untuk memulai investasi reksa dana. Yuk dicoba!

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto, H. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Jakarta: Rajawali Pers.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait