Investasi, Reksa Dana

Cara Jadi WAPERD: Wajib Ikuti Pembekalan WAPERD

Cara Jadi WAPERD Wajib Ikuti Pembekalan WAPERD
Sumber: WAPERD

Ajaib.co.id – WAPERD merupakan singkatan dari Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana. WAPERD adalah individu yang sudah mendapatkan izin untuk menjual reksa dana. Izinnya sendiri dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pasar Modal. Untuk mendapatkan izin ini tentu saja kamu perlu mengikuti cara jadi WAPERD yang benar, yaitu mengikuti ujian dan pembekalan. 

Mengapa harus jadi WAPERD?

Dalam praktiknya, WAPERD sering dihubungkan dengan APERD. Keduanya tentu berbeda, walaupun sama-sama menjual reksa dana.

WAPERD adalah individu atau orangnya, sedangkan APERD adalah lembaga yang menjual reksa dana. Keduanya harus sama-sama mendapatkan izin untuk dapat menjual reksa dana. Ada hukum dan aturan yang harus dipatuhi oleh keduanya.

Lalu, kamu pun bertanya-tanya, mengapa harus jadi WAPERD? Kamu bisa melihat jeli dari peluang yang sedang terbuka lebar ini. Sekarang semakin banyak orang yang tertarik berinvestasi di reksa dana, sehingga kesempatanmu untuk mendapatkan penghasilan dari sini semakin lebar.

Terlebih masyarajat juga perlu diedukasi bagaimana caranya memilih reksa dana terbaik untuknya agar nanti tidak salah pilih. Di sini tugas WAPERD yang bisa sekali memperkenalkan reksa dana dengan baik pada mereka.

Lalu, jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang reksa dana dan siapa tahu suatu hari ingin jadi investor reksa dana, menjadi WAPERD adalah cara paling tepat untuk tahu lebih banyak tentang reksa dana.

Tugas WAPERD hanya menjual dan menginformasikan kepada calon investor, sedangkan produk reksa dananya sendiri dikelola oleh Manajer Investasi yang sudah memiliki kesepakatan dengan Bank Kustodian yang ada di Indonesia. Dari sini mungkin kamu semakin penasaran bagaimana cara jadi WAPERD.

Cara jadi WAPERD

Cara jadi WAPERD adalah kamu harus lulus ujian untuk mendapatkan sertifikasi WAPERD. Namun, jangan gelisah dulu karena sebelum mengikuti ujian, kamu diharuskan ikut pembekalan atau training dulu di lembaga khusus yang menyediakan pelatihan untuk calon WAPERD.

Di sinilah pertama kalinya kamu menyaring semua pengetahuan tentang reksa dana. Kamu juga akan dilatih oleh mereka yang sudah ahli dalam bidang reksa dana.

Lama training pun tidak selama waktu kuliah, hanya kurang dari setahun. Setelah itu kamu bisa mengikuti ujian calon WAPERD yang diadakan di Jakarta, dan kota-kota lain. Informasi selengkapnya bisa kamu lihat di www.waperd.or.id. Inilah lembaga resmi pelatihan WAPERD yang ada di Indonesia. Kamu bisa menemukan berbagai macam informasi tentang WAPERD di sana.

Nanti ketika ujian, kamu akan diminta mengerjakan 100 soal. Kamu dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat WAPERD, apabila nilai ujiannya di atas 70.

Apabila kamu mendapatkan nilai di bawah itu, tidak perlu khawatir karena kamu nanti bisa mengikuti ujiannya lagi dengan persiapan yang lebih matang. Kamu punya kesempatan yang sama.

Ujian WAPERD memang harus disiapkan dari jauh-jauh hari karena banyak yang perlu kamu pelajari. Sebenarnya soal-soal yang akan keluar di ujian WAPERD itu tidak sulit karena ada kisi-kisinya yang sudah menjadi rahasia umum. Hal ini jadi memudahkanmu dalam mencari bahan untuk belajar.

Soal-soal ujian WAPERD sendiri tidak jauh dari reksa dana dan dunia pasar modal secara keseluruhan. Inilah kisi-kisi ujian cara jadi WAPERD.

  1. Peran dan Kelembagaan Pasar Modal.
  2. Undang-Undang Peraturan Pasar Modal.
  3. Code of Conduct.
  4. Pengetahuan Dasar Investasi.
  5. Pengetahuan tentang Reksa Dana.
  6. Tentang Prospektus Reksa Dana.
  7. Tentang laporan kinerja Reksa Dana.
  8. Pedoman Menawarkan Reksa Dana pada calon investor.
  9. Pengelolaan reka dana oleh Manajer Investasi.
  10. Perhitungan kinerja reksa dana.

Setelah lulus ujian WAPERD, kamu tidak langsung jadi WAPERD. Kamu harus mengajukan izin menjadi WAPERD ke Bapepam-LK. Kamu perlu mengurusnya seorang diri dengan mendatangi kantornya. Ada dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan untuk ini. Inilah daftar dokumennya.

  1. Fotokopi KTP atau Paspor yang masih berlaku.
  2. Copy ijazah pendidikan terakhir.
  3. Copy sertifikat lulus ujian WAPERD.
  4. Surat referensi dari perusahaan APERD.
  5. CV terbaru yang sudah ditandatangani.

Setelah pengajuan, Bapepam-LK yang akan memutuskan apakah kamu layak jadi WAPERD atau tidak. Biasanya kalau ada dokumen yang kurang, kamu akan diminta memperbaikinya, jadi tidak perlu khawatir. Setelah mendapatkan izin resmi dari Bapepam-LK, kamu pun akhirnya bisa menjadi WAPERD.

Apa keuntungan dari reksa dana?

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang cara kerjanya adalah mengumpulkan dana dari banyak orang atau masyarakat luas, lalu akan dimodalkan pada produk-produk reksa dana yang tersedia.

Reksa dana adalah instrumen yang paling cocok dijalankan oleh pemula karena pengelolaannya dibantu oleh Manajer Investasi, mereka yang sudah ahli dalam mengelola reksa dana.

Reksa dana juga dikatakan sebagai investasi yang risikonya lebih rendah ketimbang saham. Kamu yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan analisis dan mengelolanya pun akan dibantu oleh Manajer Investasi.

Tidak mengherankan jika reksa dana sekarang diminati oleh banyak orang dengan beberapa kemudahan yang dimilikinya. Terlebih keuntungan yang akan didapatkan pun bisa lebih besar dibandingkan membeli obligasi atau deposito. Jadi, sangat cocok untuk investasi di masa depan. 

Semoga cara jadi WAPERD yang diinformasikan di sini membuat jadi lebih semangat mengenal reksa dana dan mewujudukan impian jadi WAPERD. Kamu pasti bisa melakukannya.

Jika kamu ingin berinvestasi reksa dana, percayakan saja pada Ajaib. Ajaib menyediakan investasi reksa dana bagi kamu yang mengharapkan keuntungan di masa depan. Ada juga trading saham untuk kamu yang ingin investasi saham di jangka pendek. 

Artikel Terkait