Saham

Cara Investasi Saham Unilever, Mudah & Bisa Dimulai Segera

Ajaib.co.id – Kamu pasti tidak asing dengan produk Unilever. Mulai dari produk rumah tangga seperti pencuci rambut bermerek Sunsilk hingga es krim Walls. Sejak bangun tidur hingga tidur lagi, banyak orang Indonesia bersinggungan dengan produk Unilever. Kini, bukan hanya produknya yang bisa kamu beli. Kamu juga bisa tahu bagaimana cara investasi saham Unilever Indonesia.

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) berdiri pada 5 Desember 1933. Kiprahnya dalam dunia bisnis tentu tidak diragukan lagi. Unilever berkembang menjadi salah satu perusahaan barang konsumen yang bergerak cepat (Fast Moving Consumer Goods – FMCG) terbesar di Indonesia.

Pada 1981, Unilever Indonesia membuka sahamnya untuk diperjualbelikan kepada publik di pasar modal. Secara resmi, saham Unilever Indonesia terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak 11 Januari 1982. Selain itu, Unilever Indonesia juga berhasil meraih predikat perusahaan terbesar nomor empat. Hal tersebut didasarkan pada kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia pada 2015 lalu.

Fakta Menarik Unilever Indonesia

Sebelum kamu cermati cara investasi saham Unilever, yuk simak fakta menarik tentang Unilever Indonesia.

1. Unilever Indonesia memiliki 44 merek dan 9 pabrik

Unilever Indonesia saat ini memiliki 44 merek. Tentu itu bukan jumlah yang sedikit ya, mulai dari sabun mandi, pencuci rambut, deterjen, kecap, dan sebagainya. Selain itu, Unilever Indonesia memiliki 9 pabrik yang berlokasi di area industri Jababeka-Cikarang, Rungkut-Surabaya, serta kantor pusat yang berlokasi di Tangerang.

Sembilan pabrik tersebut menghasilkan produk yang sudah bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jadi, kamu yang ingin berinvestasi sesuai syariah tidak perlu khawatir berinvestasi di Unilever karena perusahaan ini menjual produk-produk halal.

2. Prinsip bisnis Unilever berkelanjutan

Unilever Indonesia tidak hanya memproduksi berbagai produk untuk diperjualbelikan. Namun Unilever juga memiliki prinsip bisnis berkelanjutan. Prinsip bisnis berkelanjutan di sini maksudnya adalah Unilever juga memerhatikan keseimbangan lingkungan dan masyarakat.

Inti dari model bisnis Unilever adalah Unilever Sustainable Living Plan (USLP). Hal tersebut mengatur pengembangan bisnis serta mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan manfaat yang baik bagi masyarakat.

Mengutip dari situs perusahaan http://www. unilever.co.id, tiga tujuan besar USLP Unilever di antaranya:

● Membantu lebih dari satu miliar masyarakat untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

● Mengurangi separuh jejak lingkungan dari produk.

● Memasok 100 persen bahan baku pertanian secara berkelanjutan dan meningkatkan penghidupan masyarakat di seluruh rantai bisnis.

Menarik bukan? Selain menjual produk yang halal, Unilever juga memerhatikan lingkungan serta masyarakat. Sudah pasti uang yang kamu investasikan di Unilever tidak cuma memberikan kamu keuntungan tetapi juga membantu sesama.

3. Meraih beragam penghargaan dari program berkelanjutan serta inovasinya

Unilever mendapatkan berbagai penghargaan di antaranya:

● 4 Penghargaan dari Finance Asia Asia’s Best Companies Poll 2016 berupa peringkat 1 kategori Corporate Social Responsibility, peringkat 4 kategori Corporate Governance, peringkat 7 untuk kategori Investor Relations, dan peringkat 8 untuk kategori Best Managed Companies.

● 2 Penghargaan dari Sustainable Business Awards Indonesia 2016 kategori Business Responsibility & Ethics and Stakeholder Engagement serta kategori Overall Winner Award.

● 2 Penghargaan dari Warta Ekonomi kategori Social Business Innovation Company dan kategori Green CEO.

● Dinobatkan sebagai salah satu Best of the Best Company tahun 2016.

● Dinobatkan sebagai salah satu perusahaan terbaik versi majalah Forbes.

● Penghargaan Indonesia PR Of The Year 2016 berupa penghargaan Best of The Best Social PR Program kategori Social PR Program (Program “Bango Diplomasi Kuliner Nusantara) dan Best Corporate Communications Team kategori Consumer Goods Industry.

● Penghargaan dalam ajang CECT CSR Awards berupa Special Achievement-Creating Sustainable Partnership: Community Enterprise; CSR Performance in Each Fundamental Aspect: Community Development; dan CSR Performance Based on Overall Fundamental Aspects

4. Saham Unilever Indonesia termasuk dalam saham blue chip

Saham Unilever termasuk dalam saham blue chip atau saham yang memiliki pendapatan stabil serta memiliki aset yang besar. Bagi kamu yang menghindari risiko, saham Unilever ini cocok untukmu. Apalagi saham tersebut sudah termasuk ke dalam saham unggulan.

Cara Investasi Saham Unilever

Setelah mengetahui fakta-fakta tentang Unilever di atas, tentu sangat menarik bukan untuk beli saham Unilever? Yuk, simak cara investasi saham Unilever berikut.

1. Kamu perlu memilih broker atau perusahaan sekuritas untuk investasimu

Sebelum melakukan investasi saham, kamu perlu memilah terlebih dahulu broker atau perusahaan sekuritas yang akan kamu gunakan. Fungsinya agar uang yang kamu investasikan tetap aman dan terhindar dari penipuan.

2. Membuka rekening saham dan Rekening Dana Nasabah (RDN)

Setelah itu, kamu perlu membuka rekening saham pada perusahaan broker yang sudah kamu pilih. Agar memudahkanmu dalam bertransaksi, kamu bisa memilih broker yang memiliki aplikasi yang bisa digunakan secara mobile, kapan saja dan di mana saja.

Tidak kalah penting, kamu juga perlu membuat Rekening Dana Nasabah (RDN). RDN berfungsi untuk menyimpan dana transaksi saham yang kamu lakukan, tempat menyimpan setoran dana untuk membeli saham, serta hasil penjualan saham. Sedangkan rekening saham berfungsi untuk melakukan jual-beli saham.

3. Menyetor modal untuk berinvestasi

Setelah membuka rekening, kini saatnya kamu menyetorkan dana atau modal awal untuk membeli satu lot saham PT Unilever. Satu lot saham sama dengan 100 lembar saham. Harga saham UNVR per lembar sekitar Rp7.300 (data 12 Maret 2020).

Sebagai contoh, saham Unilever bergerak pada level Rp 7.300/lembar x 100 lembar, berarti kamu bisa menyetorkan uang minimal Rp730.000 atau lebih dari itu. Setelah melakukan transaksi dan berhasil, kamu perlu melakukan settlement atau suatu pembayaran wajib yang harus kamu keluarkan dalam waktu dua hari sejak transaksi dilakukan.

4. Membeli saham Unilever

Jika kamu membeli saham secara online atau melalui aplikasi online, hal berikut ini harus kamu perhatikan:

● Tentukan saham yang akan kamu beli, dalam hal ini adalah saham Unilever yang berkode UNVR.

● Saat melakukan permintaan, kamu akan diminta untuk menentukan pada harga berapa kamu akan membeli saham tersebut dan aplikasi milikmu akan menampakkan harga penawaran dan harga penjualan.

● Jika langsung melakukan pembelian efektif, kamu bisa memasang harga yang sama dengan harga penjualan terendah sehingga kamu bisa mendapatkan saham tersebut.

5. Kamu memiliki 1 lot saham UNVR

Setelah melakukan pembelian saham dan melakukan transaksi, kini kamu sudah bisa memiliki 1 lot saham Unilever. Mudah bukan? Agar investasi yang kamu lakukan lebih terasa dampaknya, ada baiknya kamu melakukan analisis fundamental, ya.

Sebagai pemegang saham, kamu perlu memerhatikan kinerja perusahaan yang kamu beli sahamnya. Hal ini bermanfaat jika kamu ingin menambah atau mengurangi jumlah lot saham yang kamu miliki.

Selain itu, tentu kamu ingin investasi yang kamu lakukan memberikan keuntungan bukan? Oleh karena itu, lakukanlah analisis fundamental. Selain itu, kamu juga bisa melakukan analisis teknikal atau memerhatikan grafik pertumbuhan naik turunnya saham yang kamu miliki.

Bagaimana, mudah bukan cara investasi saham Unilever? Jika kamu masih pemula dan tertarik berinvestasi, kamu bisa berinvestasi reksa dana di Ajaib. Ajaib adalah aplikasi investasi yang ramah bagi pemula. Selain itu, ada berbagai macam intrumen investasi yang bisa kamu pilih.

Kamu tidak perlu khawatir, Ajaib sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tidak perlu menunggu punya banyak uang untuk memulai investasi. Di Ajaib, kamu bisa memulai investasi dengan Rp10.000 saja. Tidak ada alasan tunda-tunda investasi, ya.

Bacaan menarik lainnya:

Giles et. al. (2003). Managing Collective Investment Funds. England : John Wiley & Sons Ltd


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait