Buku Harian Bisa Jadi Kesuksesan dalam Berkarir dan Bisnis

buku harian
buku harian

Ajaib.co.id – Terkadang seseorang butuh sesuatu yang bisa membantu atau memotivasi kehidupan bekerja maupun berbisnis. Dalam menjalani itu semua tak sedikit yang merasa jenuh dengan rutinitas yang sedang dijalani, apalagi jika dilakukan berulang hampir setiap harinya. Nah, ternyata kamu bisa menggunakan cara sederhana yang dapat membantumu mencapai kesuksesan dalam pekerjaan atau bisnis, yaitu buku harian. Loh, ko bisa? Ya, disamping mengerjakan tugas-tugas kantor kamu bisa mengerjakan aktivitas lain yang cukup menyenangkan dengan menulis buku harian lho.

Dilansir dari business insider, menulis buku harian bisa memberikan rangsangan atau energi positif kepada seseorang. Meski terkesan remeh, namun kebiasaan yang satu ini bisa membawamu pada kesuksesan. Hal itu bukan mustahil, karena seperti pada sejarah kaisar Romawi Marcus Aurelius dan kaisar Perancis Napoleon Bonaparte juga menulis buku harian. Selain itu ada hasil studi yang menunjukkan bahwa menuangkan isi hati dan pikiran ke dalam buku diary atau harian dapat membantu seseorang melepas stres.

Mungkin selama ini banyak orang yang menyarankan untuk bermeditasi demi membantu kamu melepas lelah dan stres. Karena memang dengan melakukan meditasi bermanfaat untuk fisik dan juga kesehatan mental, serta mampu memperbaiki daya ingat sampai sistem kekebalan tubuh. Begitu pula dengan menulis buku harian, yang juga punya manfaat untuk membuatmu merasa senang sehingga kesehatan mentalmu tetap terjaga. Saat kamu menulis, pastinya kamu akan membaca ulang apa yang sudah ditulis dan itu juga bisa meningkatkan daya ingat.

Selain menulis buku harian, jika kamu memang suka kamu bisa menulis buku tentang hal-hal lain, seperti bisnis atau cerpen dan lainnya. Atau bagi kamu seorang pebisnis, kenapa tidak luangkan waktu untuk menulis buku bisnis? Tentu selain melepas penat, siapa tau kamu bisa lebih kreatif dan bisa menambah pemasukan dari tulisan-tulisan tersebut. Jika kamu tertarik menulis buku tentang bisnis, bisa ikuti tipsnya di bawah ini.

Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Menulis

Untuk memulai menulis buku harian tentang bisnis tidaklah harus berlatar belakang penulis atau pendidikan sastra. Namun, memang sebagian besar orang akan berpikir menuangkan kata-kata ke dalam tulisan adalah hal yang sangat sulit dan menilai orang yang pandai dalam menulis pasti lebih pandai. Padahal tidak begitu, kamu harus buang pikiran seperti itu dan segera coba untuk menulis. Jika kamu tidak mencobanya, kamu tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya bisa menuangkan ide.

Menulis bukan hanya sekedar menuangkan gagasan secara nyata dan logika saja, tetapi kamu pun harus bisa menjabarkan serta menjelaskannya. Karena pada dasarnya, selain memuaskan diri kegiatan ini juga membagikan wawasan dan pengetahuan kepada orang banyak yang membacanya. Maka dari itu, nantinya akan jadi ilmu atau kesenangan banyak orang. Lakukan dengan memikirkan hal-hal yang positif sehingga akan lebih mudah bagi kamu untuk meningkatkan konsentrasi dan menuangkan ide.

Sama seperti halnya yoga, kamu perlu berlatih untuk bisa menulis. Semua penulis pun melakukan hal yang sama supaya dapat meningkatkan pikiran positifnya. Seperti namanya buku harian, kamu bisa menulis dengan gaya bahasamu sendiri atau menuangkan ide tentang kehidupan karirmu atau bisnis. Kamu bisa menulis mengenai segala apa yang kamu tahu dalam kegiatanmu, maka itu akan jadi awal yang bagus untuk menulis. Selain itu, pastikan membuat pikiranmu tetap fresh agar bisa memulai konsentrasi mengenai topik yang akan kamu bahas.

Setelah Mulai Menulis, Selanjutnya Melakukan Apa?

Sebetulnya menulis buku harian itu adalah kegiatan yang sangat santai, hanya perlu mengikuti alur dari ide yang kamu miliki. Apalagi jika mood sedang bagus, akan sangat mendukung semangatmu untuk menulis. Dalam hal menulis tidak ada aturan khusus ataupun spesifik, sehingga kamu bebas menuangkan segala pikiranmu tentang satu topik yang ingin dibahas.

Jangan dipaksakan jika kamu merasa tubuh dan pikiranmu lelah, karena itu bisa membuat kamu bukannya nyaman menulis melainkan makin emosi. Kamu boleh bermain media sosial sembari minum kopi atau teh, siapa tau tiba-tiba menemukan inspirasi untuk menulis buku harian. Karena lewat media sosial, selain sifatnya hiburan, kamu juga mendapatkan berbagaim informasi yang bisa membuka pikiranmu untuk mendapatkan ide dan mood kembali bersemangat.

Ada banyak cara untuk mengembalikan mood dan menyegarkan pikiran. Karena memang menulis itu butuh pikiran yang santai, sehingga tanpa disadari tulisanmu mengalir begitu saja mengikuti apa yang kamu mau.

Di sisi lain, ada kalanya seseorang jenuh ketika menulis. Namun, tak perlu khawatir karena banyak penulis terkenal yang juga mengalami hal serupa. Tinggalkan sejenak apabila kamu merasa jenuh dalam menulis buku harian, dan buat dirimu merasa tenang untuk mengumpulkan kembali energi dan suasana hati yang damai. Hal ini sama seperti kamu membiarkan otak beristirahat setelah seharian lelah bekerja di kantor, sehingga stres pun berkurang.

Perasaan Saat Menulis

Adakah diantara temanmu yang menjadi penulis? Pernahkah kamu bertanya bagaimana perasaanmu ketika menulis? Jawabannya tentu beragam, karena masing-masing orang punya pandangan berbeda. Jika kegiatan ini dilakukan dengan konsisten dan telaten, maka kamu pun bisa merasakan manfaat dari menulis. Lama-lama kegiatan menulis buku harian ini jadi sesuatu yang menarik dan tidak menjadi beban.

Untuk itu, mulailah membuat tulisan yang sederhana dan lakukan secara bertahap. Lakukan dengan santai tanpa keterpaksaan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait