Bosan Jadi Pegawai, Berapakah Usia untuk Mengawali Bisnis?

Usia untuk Mengawali Bisnis

Kamu merasa lelah menjadi karyawan atau pegawai. Kamu berkeinginan untuk berbisnis atau memulai usaha sendiri alias untuk menjadi pengusaha sukses. Namun kamu ragu dengan usiamu saat ini. Apakah tepat merintis bisnis di usiamu saat ini? Ataukah sudah terlambat?

Umumnya para pegawai yang akan memulai bisnis, karena merasa sudah tidak produktif lagi di perusahaan yang memperkerjakannya. Dengan kata lain, sudah memasuki usia pensiun. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2015 (Pasal 15), batas maksimal usia pensiun yaitu 56 sampai 65 tahun.

Di luar itu, ada juga pegawai yang baru mendapatkan ide bisnis atau usahanya ketika bekerja di perusahaan. Kemudian memutuskan untuk pensiun dini dan memulai usahanya.

Sebenarnya berapapun usiamu tidak ada batasan usia untuk mengawali bisnis. Yang terpenting, kamu memiliki ide bisnis dan siap untuk mengembangkan usahamu. Termasuk menghadapi keuntungan dan kerugiannya.

Sedini mungkin kamu memasuki dunia bisnis, akan membuat pengalaman bisnismu semakin banyak seiring bertambahnya usia. Pengalaman bisnis juga akan membuatmu lebih memahami untuk menghindari potensi-potensi kerugian bisnis.

Kini, usia untuk mengawali bisnis yang saat ini kamu alami adalah akan beranjak pensiun, misalkan di usia 40 tahun. Mungkin saat ini waktunya untuk kamu berpikir, dalam memulai sebuah bisnis menjelang pensiun merupakan hal yang mustahil untuk dicapai. Di sisi lain melakukan bisnis merupakan ladang investasi jangka panjang yang mampu mendukung kebebasan finansial di masa depan.

Jika melakukan dan memulai bisnis, keuntungan yang kamu peroleh sifatnya tidaklah sementara. Secara tidak langsung, maka keuntungan yang kamu dapat bisa digunakan lagi sebagai modal untuk ekspansi bisnis. Makin besar bisnis yang kamu bangun, maka semakin besar pula keuntungan yang akan kamu peroleh.

Tak ada seorang pun yang bisa memastikan apa yang akan terjadi di masa depan, termasuk kamu. Maka dari itu, kamu juga tidak akan mengetahui hasil akhirnya sebelum mencobanya. 

Yang perlu kamu lakukan hanyalah meyakinkan diri bahwa bisa melakukannya. Dengan perasaan percaya diri itulah, kesuksesan perlahan akan muncul dalam hidupmu. 

Maka dari itu, ketahui alasan-alasan berikut ini, agar meyakinkan dirimu bahwa tidak ada yang salah dengan usia untuk mengawali bisnis menjelang pensiun.

1. Mendapat Kesempatan untuk Kembali Bekerja

Saat usia mendekati masa pensiun, kamu akan mulai merasa kesulitan mencari pekerjaan. Karena sudah jarang perusahaan yang mau menerima karyawan di usia yang beranjak ke usia pensiun.

Namun ada banyak orang-orang yang mengakui sulitnya mencari kerja di usia rata-rata 30 tahun. Kecuali kamu memiliki keahlian khusus dan pengalaman-pengalaman yang mumpuni.

Di usia mendekati masa pensiun, sangat baik jika kamu memilih pekerjaan sesuai dengan kesanggupanmu. Misalkan saja pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah, bahasa kerennya remote atau work from home. Atau pekerjaan yang memiliki lokasi tak jauh dari rumah, juga pekerjaan yang tidak terlalu memberatkan diri.

2. Memiliki Banyak Pengalaman

Pada usia saat ini, sudah pasti kamu memiliki banyak pengalaman yang telah didapatkan selama hidup di dunia ini. Mengawali bisnis dari pengalaman memimpin meeting dengan atasan, membuat presentasi, mengajukan ide-ide brilian dalam sebuah diskusi, serta pengalaman-pengalaman lain yang dapatkan di perusahaan maupun di luar perusahaan.

Paling tidak selama memiliki pengalaman, ada beberapa tingkat lebih tinggi dibandingkan para pebisnis usia muda yang rata-rata memiliki usia 20-an. Singkat cerita, kamu sudah banyak merasakan asam, garam, pahit, manis kehidupan.

Dengan begitu, kamu juga cenderung lebih bisa memecahkan permasalahan dengan mudah dalam sekejap mata. Karena, kamu telah mampu berpikir dewasa tentang segala hal selama ini.

2. Ikuti Program Pensiun Pegawai

Saat kamu berusia muda, mungkin memiliki penghasilan yang besar. Di sisi lain ada yang harus kamu penuhi yakni kebutuhan yang masih banyak, mulai dari membayar cicilan kendaraan pribadi, cicilan rumah, dan kebutuhan lainnya.

Namun kamu tidak memiliki banyak tabungan untuk memulai bisnis. Saat menjelang pensiun, tanggungan kamu akan perlahan berkurang. Sehingga kamu juga akan lebih mengutamakan tabungan pensiun.

Dari situ dapat disimpulkan betapa pentingnya mengalokasikan dana kekayaan secara efektif dan efisien agar segala kebutuhan di masa pensiun dapat terpenuhi dengan baik.

3. Konsep Dasar Investasi yang Perlu Diketahui Para Pemula

Bila kamu bisa mengalokasikan dan menginvestasikan tabungan dengan membangun sebuah bisnis yang sukses. Maka butuh menyesuaikan jenis bisnis dengan modal yang kamu miliki.

Banyak dari bisnis kuliner sekarang ini hanya membutuhkan modal awal yang sedikit. Berawal dari bisnis dengan modal Rp4 juta hingga Rp10 juta, kamu sudah bisa membuka bisnis baru.

Dengan nilai modal sebesar Rp10 juta tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli peralatan dan bahan baku bisnis, serta beberapa pegawai untuk membantu bisnismu. Semua hal tersebut tergantung pada bidang bisnis yang akan kamu jalani.

Dengan mendirikan sebuah bisnis, kamu dapat mengurangi beban finansial di hidup dan membuatnya lebih mapan di masa pensiun.

4. Memiliki Wawasan yang Luas

Jika kamu telah melewati perjalanan karier yang cukup panjang. Maka selama itu, kamu pasti menyimpan banyak wawasan dan ilmu pengetahuan yang dapat dimanfaatkan di kemudian hari.

Berdasarkan pengalaman dalam perjalanan hidup yang telah kamu lewati sampai saat ini, tentu saja ada banyak situasi yang membuat kamu belajar dan terus membuka wawasan.

Usia untuk membangun bisnis menjelang pensiun adalah salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan wawasan dan keterampilan yang kamu miliki. Seperti pengetahuan tentang cara presentasi yang baik, membangun tim yang sukses, serta berinteraksi dengan klien.

Melalui pengalaman dan wawasan yang kamu miliki itu, kamu bisa mulai memikirkan:

· Bentuk usaha bisnis apa yang cocok untuk dijalani.

· Merencanakan caranya memperoleh modal dan bagaimana mendapatkan keuntungan dari bisnismu.

· Cara dalam memanfaatkan keuntungan bisnis untuk memenuhi segala kebutuhan di masa pensiun.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait