Berapa Harga Perolehan Medali Emas Asian Games 2018 yang Dikumpulkan China

Sudah satu tahun berlalu setelah Indonesia sukses menggelar Asian Games. Kontingen Indonesia memperoleh medali emas Asian Games 2018 melebihi target.

Indonesia, sebagai tuan rumah Asian Games 2018 berhasil melampaui target setelah berada di peringkat keempat dengan mengumpulkan 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu, atau total 98 medali.

Sebelumnya, Indonesia menargetkan raihan 16 medali emas agar dapat mengakhiri Asian Games 2018 dengan masuk peringkat 10 besar.

Raihan 31 medali emas juga delapan kali lipat lebih banyak dibandingkan pencapaian kontingen Indonesia pada Asian Games 2014 di Incheon. Lumbung medali emas Indonesia berasal dari cabang olahraga pencak silat yang menyumbangkan 14 keping medali.

Sementara China lebih hebat lagi, mereka kembali menjadi juara umum setelah memperoleh total 289 medali yang terdiri dari 132 medali emas, 92 medali perak, dan 65 medali perunggu. Cabor renang menjadi lumbung medali bagi atlet China, setelah memperoleh 19 medali emas, 17 medali perak, dan 14 medali perunggu.

Seperti diketahui, dalam setiap ajang multi event, para atlet yang mendapat podium pertama akan mendapat medali emas, dengan kadar sebesar enam gram. Emas itu dicampur dengan perak seberat 494 gram.

Jika diuangkan dengan harga beli balik (buyback) PT Logam Mulia saat ini, maka emas bisa dilepas dengan harga Rp759.000 per gram, sehingga emas tersebut setara dengan Rp4,5 juta.

Di sisi lain, Logam Mulia mematok harga perak di level Rp7.700, sehingga akan didapatkan nilai jual sebesar Rp3,8 juta. Total, atlet peraih satu medali emas bisa melego medali mereka ke Logam Mulia dan berpotensi mendapatkan uang Rp8,3 juta.

Bila di total, China yang meraih 132 medali emas di Asian Games akan mendapatkan angka yang fantastis. Ya, nilai medali emas yang didapatkan atlet China berada di angka Rp1.095.600.800.

China memang begitu digdaya di Asian Games. Negeri Tirai Bambu itu kini kembali tercatat menjadi juara umum Asian Games untuk ke-10 kalinya secara beruntun sejak 1982 hingga 2018. Total, atlet China sudah mengoleksi 1.355 medali emas, 928 perak, dan 693 perunggu sepanjang keikutsertaannya di Asian Games.

Zhao Jingbin, salah satu peraih emas China dari cabang olah raga (cabor) rowing, menilai semua atlet China diajarkan untuk memahami pengorbanan yang dilakukan oleh negaranya. Selain itu, membalas budi kepada rakyat yang telah mengongkosi perjuangan mereka lewat pajak. Menjadi motivasi utama seluruh atlet China agar selalu meraih prestasi di Asian Games.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Share to :
Tags: , ,
Buat Deposit Pertama Sekarang
Artikel Terkait