Berapa Banyak Uang Hilang Jika Tidak Berinvestasi

Ajaib: coins everywhere

Untuk membangun kekayaan, Anda akan ingin menginvestasikan uang Anda. Investasi memungkinkan Anda untuk memasukkan uang Anda ke dalam instrumen yang memiliki potensi untuk mendapatkan tingkat pengembalian yang kuat. Jika Anda tidak berinvestasi, Anda kehilangan peluang untuk meningkatkan nilai finansial Anda.

Berinvestasi adalah bagian penting dari rencana keuangan apa pun. Investasi memungkinkan Anda untuk mengembangkan uang Anda. Kebanyakan instrumen investasi, seperti saham, sertifikat deposito, atau obligasi, menawarkan pengembalian uang dalam jangka panjang. Pengembalian ini memungkinkan uang Anda untuk membangun, menciptakan kekayaan dari waktu ke waktu.

Sayangnya, banyak orang tidak menginvestasikan tabungan mereka, mereka memiliki berbagai alasan untuk tidak menyimpan uang mereka di pasar. Ini bisa melumpuhkan kesehatan finansial Anda dalam jangka panjang. Untuk lebih memahami alasannya, mari simak artikel berikut sehingga Anda dapat melihat seberapa banyak yang sebenarnya Anda hilangkan dengan tidak berinvestasi.

# Anda Akan Membutuhkan Dana Pensiun

Ajaib: old couple

Sebelum mengetahui detail jumlah kehilangan Anda dengan tidak berinvestasi, penting untuk memahami kebutuhan Anda di masa depan. Bagi kebanyakan orang, tonggak keuangan terbesar adalah hari ketika Anda berhenti dari pekerjaan Anda dan tidak kembali bekerja. Tetapi, Anda masih bertanggung jawab untuk membayar pengeluaran Anda, bahkan saat Anda kehilangan gaji Anda.

Rencana pensiun seakan memudar dalam ingatan, dan kebanyakan Millennial bahkan tidak pernah memilikinya. Dana pensiun dari perusahaan, jika Anda mendapatkannya, belum tentu cukup untuk kebutuhan dasar Anda, terutama jika Anda ingin mempertahankan standar hidup yang sama dengan saat Anda masih bekerja.

Ketika Anda pensiun, Anda masih harus membayar makanan, pakaian, dan semua biaya hidup lainnya, tetapi kemungkinan dengan anggaran yang lebih kecil. Untuk menutupi selisih pendapatan, Anda akan membutuhkan dana pensiun. Dan tanpa investasi, dana pensiun itu hampir pasti tidak akan cukup untuk mendukung kebutuhan pendapatan pensiun Anda.

# Biaya Tidak Berinvestasi 200 Ribu Per Bulan

Banyak orang mengatakan mereka tidak memiliki cukup uang untuk berinvestasi, tetapi Anda tidak perlu menghemat ratusan ribu atau jutaan rupiah per bulan untuk bisa berinvestasi. Anda hanya perlu menyimpan sedikit saja dari pendapatan Anda. Mari kita lihat apa yang akan 200 ribu hasilkan dari waktu ke waktu jika Anda menginvestasikannya.

Sebelum menghitung bunga, 200 ribu per bulan akan bertambah hingga 2.400.000 per tahun setelah Anda akumulasi. Jika Anda simpan lebih dari 25 tahun, akan terkumpul sebanyak 60.000.000. jumlah ini saja adalah jumlah yang cukup banyak, tetapi dengan kekuatan pasar, ada lebih banyak yang bisa Anda dapatkan.

Jika Anda menginvestasikan 2.400.000 tadi pada setiap akhir tahun selama 25 tahun dan memperoleh 10 persen, Anda akan memiliki 236.030.000 pada akhirnya. Jika Anda menginvestasikan 200 secara otomatis setiap bulan, bukan pada akhir tahun, Anda akan memiliki 265.370.000 pada akhir 25 tahun.

Biaya untuk tidak menginvestasikan 200 per bulan selama perjalanan karier Anda adalah lebih dari 200.000.000. Bayangkan berapa 200.000.000 bisa membantu masa pensiun Anda. Bagi banyak orang, itu bisa jadi penghasilan mereka selama satu tahun.

Bahkan jika Anda memasukkan uang Anda ke dalam rekening tabungan, Anda tetap kehilangan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika dibandingkan bila Anda berinvestasi di pasar. Tingkat bunga rekening tabungan terbaik saat ini adalah sekitar 1 persen, pada akhir 25 tahun jika Anda menghemat 200.000 per bulan pada awal setiap bulan, Anda akan memiliki 68.190.800. Itu lebih dari 8.000.000 dari sekadar menjejalkan uang Anda di bawah kasur, tetapi masih sangat kurang dari apa yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi di pasar.

Namun, bahkan 260.000.000 itu hanya uang yang akan Anda dapatkan untuk mencapai masa pensiun. Jadi mari lihat apa yang terjadi ketika Anda berinvestasi lebih dari 200.000 per bulan.

# Biaya Dari Tidak Berinvestasi Akan Tumbuh Sesuai Kemampuan Anda untuk Menabung

Kemungkinannya adalah Anda menghabiskan setidaknya 700.000 per bulan untuk sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Untuk Anda yang biasa berlangganan TV kabel atau mungkin menghabiskan waktu makan siang Anda di restoran tiga kali dalam seminggu, misalnya. Jika Anda membatalkan kabel TV Anda atau mengurangi jatah makan di luar Anda dan menginvestasikan 700.000 per bulan, Anda akan mengakhiri 25 tahun investasi Anda dengan 928.780.000, sekali lagi, dengan asumsi pengembalian tahunan rata-rata 10 persen per tahun, ditambah setiap bulannya.

# Jangan Kehilangan Keuntungan dengan Mengabaikan Kekuatan Berinvestasi

Bahkan Warren Buffet memulai dengan investasi pertamanya. Anda dapat mengajukan berbagai daftar alasan untuk tidak berinvestasi, tetapi saya dapat memberi Anda 20.000 alasan Anda harus mulai berinvestasi, setidaknya 200.000 per bulan, dan bahkan lebih banyak alasan untuk berinvestasi lebih banyak lagi.

Untuk menumbuhkan uang Anda, Anda harus meletakkannya di tempat di mana ia dapat memperoleh tingkat pengembalian yang tinggi. Semakin tinggi tingkat pengembalian, semakin banyak uang yang akan Anda hasilkan. Kendaraan investasi cenderung menawarkan kesempatan untuk mendapatkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada rekening tabungan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan pengembalian uang yang lebih tinggi, Anda perlu menggali investasi uang Anda.

Semakin Anda menunggu untuk berinvestasi, Anda akan mengalami kerugian lebih banyak. Berhenti menunda kekayaan dan mulailah berinvestasi. Uang Anda tidak akan menghasilkan apapun kecuali Anda membuatnya bekerja.

Share to :
Tags: ,
Artikel Terkait