Investor Pemula, Reksa Dana

Apa yang Dimaksud Reksa Dana? Ini Berbagai Jenisnya

Kamu ingin investasi tapi bingung tempatnya di mana? Nah, kamu bisa mencoba berinvestasi dengan reksa dana karena sesuai dengan penghasilan kamu sebagai karyawan. Apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan reksa dana?

Reksa dana itu adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul selanjutnya akan diinvestasikan oleh manajer investasi. Instrumen investasi reksa dana yakni, saham, obligasi, atau deposito.

Reksa dana merupakan instrumen investasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta manajer investasi yang mengelolanya juga terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dana atau kamu akan hilang.

Reksa dana menjadi instrumen investasi yang cocok bagi pemula. Sebab, reksa dana merupakan alat investasi yang paling mudah dijangkau oleh investor pemula.

Sebelum memutuskan berinvestasi reksa dana, ada baiknya mengetahui panduan investasi reksa dana di bawah ini. 

Pahami Cara Kerja Reksa Dana

Beberapa kelebihan dari reksa dana adalah adanya verifikasi investasi, di mana investasi akan dipecah ke beberapa instrumen. Sehingga investasi ini bukan hanya ditanamkan pada satu perusahaan saja, namun di beberapa perusahaan.

Dengan cara kerja reksa dana tersebut, maka ketika nilai suatu saham di perusahaan A turun, maka tidak serta merta dana yang diinvestasikan di instrumen ini juga turun. Melainkan investasi Anda akan tetap aman karena masih memiliki investasi yang di tempatkan di instrumen atau perusahaan lainnya oleh manajer investasi.

Reksa dana merupakan jenis investasi yang memberikan return yang cukup besar, dan instrumen investasinya mudah diakses.

Karena investasi ini memiliki wilayah yang sangat luas, maka kamu juga harus bisa menggali informasi dengan baik. Mulai dari apa saja yang dibutuhkan, bagaimana alur atau perjalanannya sehingga bisa bagus dan berkembang, dan bagaimana kemungkinan atau bagaimana kelebihan dan keuntungannya.

Selain itu, hal lain yang penting adalah memperoleh informasi mengenai jangka waktu reksa dana. Jangan lupa cari hal tersebut dan maksimalkan informasi yang kamu miliki.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Reksa dana itu punya jenis yang berbeda-beda. Sebelum kamu investasi di sini, kamu harus memahami dulu jenisnya.

1. Reksa dana pasar uang, di mana seluruh uang ditempatkan di deposito, di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan juga di obligasi. Jatuh tempo reksa dana ini kurang dari satu tahun. Jenis reksa dana ini juga cenderung lebih aman. Berbanding lurus dengan risikonya yang kecil, keuntungannya pun relatif lebih kecil.

2. Reksa dana pendapatan tetap, di mana dana dialokasikan ke obligasi minimal 80 persen. Keuntungan yang diperoleh pun lebih tinggi dan bisa mencapai lebih dari 10 persen per tahunnya.

3. Reksa dana campuran, sesuai namanya maka reksa dana ini menggunakan berbagai peraturan dari jenis-jenis sebelumnya. Sangat berisiko namun jika berhasil maka reksa dana akan menghasilkan keuntungan yang tinggi dan juga mengaggumkan. Tentunya meskipun menghasilkan dalam jumlah sedikit atau banyak, Anda sebagai pemula haruslah berhati-hati dalam mengambil keputusan dan melakukan reksa dana agar tidak merugi.

4. Reksa dana proteksi atau biasa disebut reksa dana pendapatan tetap. Di mana reksa dana ini menempatkan sebagian dana dalam instrumen obligasi yang bisa memberikan perlindungan sesuai namanya. Artinya reksa dana ini memiliki risiko yang lebih rendah dibanding reksa dana saham dan campuran.

5. Reksa dana index, di mana jenis ini mirip dengan saham karena instrumen ini bisa diperjual-belikan di bursa yang disebut ITF (Exchange Traded Fund) dan harganya bisa berfluktuatif seperti saham. Namun reksa dana ini biasanya berisi index tertentu yang dikelol secara pasif, artinya tidak melakukan jual beli di bursa kecuali ada yang berlanggaran baru atau penebusan.

Semoga artikel di atas membuat memahami apa yang dimaksud dengan reksa dana. Selamat berinvestasi.

Bacaan menarik lainnya:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Jakarta

Sharpe, W. F. (1966). Mutual Fund Performance. The Journal of Business. Vol. 39. 119-138


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait