Investasi

Komprehensif Adalah Salah Satu Upaya Mengumpulkan Investasi

Komprehensif Adalah Salah Satu Upaya Mengumpulkan Investasi

Ajaib.co.id – Berbicara mengenai investasi biasanya akan dikaitkan dengan uang melulu atau aset-aset yang berwujud seperti rumah, emas atau aset tidak berwujud seperti investasi saham. Padahal investasi tidak selalu mengenai keadaan finansial, lho. Dalam mengumpulkan investasi, pola pikir komprehensif juga perlu dalam meningkatkan investasi diri sendiri. Lalu, apa itu komprehensif? Komprehensif adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan investasi? Yuk, simak artikel berikut ini:

Mengenal Komprehensif

Comprehensive” dalam bahasa Inggris memiliki arti lengkap, luas, menyeluruh, teliti dan meliputi banyak hal. Kata komprehensif memang merupakan istilah serapan yang diambil dari bahasa Inggris.

Sedangkan menurut KBBI, istilah komprehensif dimaknai dengan memiliki wawasan yang luas akan sesuatu dan melihatnya melalui berbagai aspek sehingga dapat memahami sebuah permasalahan secara menyeluruh dan menyelesaikannya dengan baik. Komprehensif juga berarti bersifat mampu menangkap (menerima) dengan baik.

Kata komprehensif juga memiliki banyak padanan kata, seperti global, ekstensif, lengkap, menyeluruh, dan ensiklopedis. Kesimpulannya, pengertian komprehensif secara umum adalah memiliki ruang lingkup yang luas, menyeluruh, teliti dan lengkap meliputi seluruh aspek banyak hal. Istilah yang digunakan untuk keterangan secara lengkap dan luas serta memberikan wawasan yang lebih di berbagai bidang ilmu.

Maka dalam mengumpulkan investasi, yang harus kamu miliki adalah pola pikir komprehensif.

Apa itu Pola Pikir Komprehensif & Manfaatnya?

Pola pikir komprehensif adalah cara berpikir yang terbuka atau tidak tertutup. Mempunyai wawasan yang luas, tentu akan memberikanmu lebih banyak pertimbangan yang matang dalam bertindak. Hal ini memunculkan sifat kehati-hatian dan disiplin. Selain itu, memiliki pengetahuan yang banyak tentu memunculkan kreativitas dan sikap positif. Hal ini tentu akan berguna bagi kamu dalam mencari pekerjaan.

Manfaat memilili pola pikir komprehensif adalah menjadikan seseorang lebih bijak dalam menentukan keputusan atau bertindak, hingga bisa mengakomodasi sebanyak mungkin hal-hal positif dan menghindari sebanyak mungkin hal-hal negatif.

Juga mampu mendorong seseorang untuk memikirkan dengan penuh pertimbangan sehingga membuat keputusan dan menentukan tindakan yang paling baik.

Jika dihubungkan antara pola pikir tersebut diketahui bahwa pola pikir komprehensif terbentuk atas pola pikir proaktif, kritis, dan positif.

Komprehensif dalam Upaya Menggumpulkan Investasi

Sifat positif, kreatif dan mempunyai pengetahuan luas, merupakan kriteria dasar yang membentuk karakter yang baik, disiplin dan bisa diandalkan. Memiliki pola pikir komprehensif, akan membuatmu sadar dan mulai berinvestasi kepada diri sendiri. Apa saja yang dapat diinvestasikan pada diri sendiri? 

1. Kesehatan

Hal yang paling mahal adalah kesehatan. Tidak percaya? Coba lihat berapa biaya berobat di rumah sakit atau puskesmas.  Kesehatan itu mahal, lho. Tanpa kesehatan yang baik kamu tidak bisa bekerja dengan maksimal. Kamu berinvestasi terhadap kesehatan dirimu dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan jangan lupa untuk olahraga teratur, ya.

2. Softskill

Memiliki pengetahuan yang luas, tentu akan memudahkan kamu dalam mengembangkan softskill yang dimiliki. Kamu juga bisa upgrade kemampuan yang dimiliki dengan membaca buku atau website, mengikuti kursus, dan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Softskill juga merupakan modal utama untuk mendapatkan pekerjaan atau meningkatkan karir, lho.

3. Pengalaman

Memiliki banyak pengalaman akan memberikanmu kemudahan dalam memecahkan sebuah masalah. Pengalaman selalu disebut sebagai guru kehidupan yang tidak pernah diajarkan di sekolah. 

Semakin banyak pengalaman, belajar dari kesalahan yang pernah dibuat maka akan membuat hidup kita akan terasa lebih kaya. 

4. Relasi dengan sesama

Untuk mencapai kesuksesan, relasi adalah hal yang penting dalam kehidupan karena sifat manusia yang merupakan mahluk sosial. Kamu akan lebih mudah mengatasi permasalahan dengan adanya rekan yang membantumu dalam menghadapinya. Dan juga, relasi dengan sesama dapat memberikanmu kesempatan dalam meningkatkan karir atau usaha yang kamu miliki. Keberhasilan berinvestasi dalam diri sendiri akan membuatmu sebagai orang yang sangat bermanfaat dan tentunya, hal tersebut akan jadi kekuatan bagi kamu. 

Dampak Menginvestasikan Diri bagi Lingkungan Sekitar

Investasi terhadap diri sendiri tadi, akan memberikan dampak terhadap lingkungan sekitar kamu, lho, seperti:

1. Mudah bergaul dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda

Bergaul dengan banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, bukanlah hal mudah bagi setiap orang. Namun, dengan kemampuan kamu dalam membangun hubungan dengan orang-orang tersebut, kamu akan lebih memahami tentang kondisi setiap orang, termasuk dalam budaya, adat istiadat dan hal lainnya. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan dari orang-orang bagaimana cara meningkatkan softskill, atau karir kamu, lho.

2. Dapat diandalkan karena memiliki wawasan yang luas

Orang akan lebih mengandalkan kamu, sebab mereka memiliki kepercayaan bahwa kamu bisa memberikan jawabannya. Hal ini akan melatih kemampun kepemimpinan kamu dan membentuk karakter yang tangguh dalam dunia kerja.

3. Kamu akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi

Kepercayaan diri kamu perlahan tumbuh perlahan sehingga kamu tidak kaku dalam bersosialisasi dengan orang lain. 

4. Pemberi solusi yang baik

Kamu bisa memberikan solusi yang baik kepada mereka yang membutuhkan. Berbekal pengetahuan dan pengalaman yang kamu dapatkan selama ini, solusi yang kamu berikan akan efektif dan diterima oleh banyak orang.

5. Menjadikan kamu lebih siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan masalah yang akan kamu alami

Kamu telah siap dengan segala pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki ketika masalah itu akan masuk ke dalam kehidupan. Dan kamu tahu bahwa belajar takkan pernah berakhir sebelum kehidupan ini berakhir. Hal ini hanya didapatkan bila kamu memahami semua kesulitan yang kamu terima dengan positif dan menjadikan kesulitan tersebut menjadi pembelajaran diri.

6. Meski tahu banyak hal, tidak membuat kamu sombong karena kamu tahu hanya akan merugikan diri sendiri

Pengetahuan dan wawasan yang luas seharusnya menjadikanmu orang yang rendah hati dan semakin giat untuk terus belajar. Karena kamu sudah mengetahui sikap sombong hanya akan memberikan dampak negatif terhadap diri sendiri.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bahwa komprehensif dapat memberikan kamu investasi terhadap diri sendiri, kan? Memang yang kamu dapatkan bukanlah kekayaan, tetapi hal ini akan mendukungmu untuk mendapatkan kebebasan finansial. Kok bisa? Diandalkan, bisa memimpin, dan mempunyai solusi untuk semua permasalahan tentu saja sudah memberikanmu keuntungan dalam karir ataupun usahamu. Karena semua orang akan turut membantumu sehingga kamu tidak kesulitan dalam mengembangkannya. 

Nah, kalau untuk investasi finansial, kamu bisa percayakan kepada Aplikasi Investasi Ajaib. Dana kamu akan dikelola oleh manajer investasi terbaik yang memberikan kamu keuntungan yang lebih. Selain itu, aplikasi investasi Ajaib itu mudah digunakan, aman dan telah berizin. Nah, tunggu apalagi? Segera miliki akun Ajaib ya. 

Artikel Terkait