KAI Access merupakan salah satu aplikasi yang saat ini memudahkan para penggunanya dalam membeli tiket kereta api yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Hal ini tentunya sangat menguntungkan banyak pihak, terlebih untuk menghindari antrean yang panjang.
Pengguna aplikasi KAI Access tidak hanya akan mendapat kemudahan untuk membeli tiket saja, tapi juga kemudahan dalam memilih makanan atau minuman. Ditambah lagi terdapat potongan harga dan penawaran menarik lainnya. Tidak heran jika saat ini aplikasi tersebut sudah banyak digunakan.
Fitur Apa Saja yang Tersedia dalam Aplikasi KAI Access?
Dalam setiap aplikasi pastinya tersedia banyak fitur di dalamnya. Fitur inilah yang memberikan pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Nah, berikut ini beberapa fiturnya.
1. Fitur Pembelian Tiket Kereta Api Lokal
Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah untuk menghindari antrean yang panjang saat akan membeli tiket. Terkadang, customer kehabisan tiket setelah mengantre yang cukup panjang. Nah, menggunakan aplikasi KAI, tentunya membantu mengurangi masalah tersebut.
KAI Access bisa kamu gunakan untuk membeli tiket kereta api lokal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Pembelian pun bisa dilakukan dengan mudah dan di mana saja tanpa harus berada di keramaian.
2. Fitur Cancel Tiket
Terkadang ada kondisi di mana seseorang terpaksa harus mengubah jadwal tiketnya. Biasanya, pelanggan harus mengantre dan datang ke loket hanya untuk sekadar melakukan cancel tiket. Namun, sekarang tak perlu lagi khawatir karena di aplikasi tersebut, kamu bisa melakukannya dengan mudah.
Selain akan menghemat tenaga, tentunya juga menghemat banyak waktu.Biasanya refund akan ditransfer ke rekening customer yang terdaftar 30 hari setelah proses pembatalan tiket dilakukan. Fitur di KAI Access bisa digunakan sekalipun pembelian dilakukan di agen resmi PT KAI dengan syarat sudah mempunyai akun teregistrasi.
3. Ubah Jadwal Tiket
KAI Access tiket mempunyai fitur menarik lainnya, yakni ubah jadwal tiket. Perencanaan perjalanan yang mendadak hingga menyebabkan perubahan jadwal membuat orang merasa tidak nyaman.
Hanya dengan aplikasi satu ini, customer bisa mencari jadwal tiket pengganti dengan menekan klik e-ticket pada menu my trip. Di sana, kamu bisa memilih menu reschedule dan mengikuti langkah yang tersedia.
4. Pembelian Tiket 1 Jam Sebelum Keberangkatan
Fitur menarik lainnya yang bisa ditemukan pada KAI Access adalah pembina tiket bisa dilakukan 1 jam sebelum keberangkatan. Fitur ini tersedia untuk menjawab kebutuhan customer yang ingin melakukan perjalanan secara mendadak. Tidak perlu lagi membeli tiket di stasiun. Cukup gunakan saja aplikasi tersebut.
5. Fitur E-Boarding Pass
Fitur yang disediakan pada aplikasi bisa digunakan akan atau akan tampil 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Melalui fitur tersebut, pengguna tidak perlu mengantre untuk mencetak boarding pass pada mesin CIC. Kamu hanya perlu menunjukkan e-boarding pass di aplikasi kepada petugas boarding.
6. Pemesanan Makanan di dalam Kereta
Selama perjalanan, pastinya kamu akan merasa mudah lapar. Nah, tidak ada salahnya memanfaatkan KAI Access untuk melakukan pemesanan makanan di dalam kereta. Dengan memesannya di aplikasi, customer tak perlu repot membawanya dari luar.
7. Layanan Premium Member
PT KAI menyediakan layanan Premium Member bagi pengguna aplikasi KAI. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan tiket dengan cara mudah, harga yang murah, dan proses pembelian yang cepat.
Pengguna yang menjadi Premium Member akan menikmati keuntungan Rail Point yang didapatkan saat melakukan pembelian tiket kereta api jarak jauh komersil. Poin tersebut bisa dikumpulkan dan digunakan sesuai ketentuan.
Proses pengumpulan Rail Point pada KAI Access terbilang cukup mudah. Setiap pembelian tiket kereta api jarak jauh dengan minimal transaksi Rp 50.000 akan mendapatkan 10 poin. Hal ibu berlaku kelipatannya dengan perhitungan pembulatan ke bawah.
Baca Juga: Kereta Bisnis Mulai Dihapus, Kelas Kereta Ini yang Jadi Penggantinya
Cara Mudah Daftar Akun di Aplikasi KAI
Setelah mengetahui beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi KAI, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Jika iya, berikut ini beberapa langkah untuk mendaftarkan akun agar bisa menikmati layanannya.
- Download aplikasi KAI Access dan lakukan proses instal lebih dulu.
- Jika sudah, buka aplikasi dan klik menu akun yang ada di sudut kanan bawah untuk melakukan pendaftaran akun.
- Masukkan nomor HP beserta alamat email yang aktif atau sedang digunakan .
- Pastikan jika data yang dimasukkan sudah benar sebelum menekan klik daftar.
- Setelah itu, klik daftar dan lakukan verifikasi akun lewat email.
- Kemudian, login pada aplikasi tersebut.
- Isi informasi yang diminta seperti nama lengkap, jenis kelamin, kartu Identitas, serta nomor KTP atau paspor.
Cara Membeli Tiket Kereta Api Melalui Aplikasi
Jika sudah mempunyai akun dalam aplikasi KAI, maka pembelian tiket bisa dilakukan dengan mudah, seperti di bawah ini:
- Login atau masuk menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya
- Lakukan pemesanan tiket pada halaman yang muncul, isi kolom yang tersedia, seperti stasiun asal, stasiun yang akan dituju, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang
- Pastikan data sudah benar sebelum memilih menu cari
- Pilih kereta api yang tepat pada hasil pencarian
- Jika sudah memilih, klik menu pemesanan
- Isi semua kolom data pemesanan dan data penumpang pada kolom yang tersedia
- Klik pada menu pilih kursi, pilih kursi yang diinginkan, lalu pilih menu simpan
- Cek kembali semua data yang dimasukkan
- Jika sudah, lakukan pembayaran dengan menekan menu bayar sekarang, lalu pilih metode pembayaran
- Salin kode booking dan lakukan pembayaran sesuai metode
- Tiket kereta bisa dicetak di stasiun keberangkatan atau cetak pada aplikasi
Di atas adalah informasi yang bisa kamu ketahui tentang KAI Access. Nah, jika kamu ingin liburan, jangan lupa untuk menabung atau investasi agar bisa membeli tiket kereta api sesuai keinginan, ya.