Milenial

Kuliah Jurusan Akuntansi, Bagaimana Prospek Kerjanya?

Ajaib.co.id – Jurusan akuntansi cukup populer di berbagai perguruan tinggi. Pasalnya, lulusan akuntansi ini memiliki peluang kerja yang cukup luas. Lulus dengan gelar Sarjana Akuntansi, lulusan ini bisa masuk di berbagai bidang kerja.

Selain peluang kerja yang cukup luas, peningkatan karirnya juga cukup terjamin. Ditambah, penghasilan yang akan didapat lulusan akuntansi ini tidak receh, alias penghasilannya sangat menggiurkan.  Menarik bukan? Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini Ajaib mengulas secara lengkap prospek pekerjaan untuk jurusan akuntansi.

Seperti yang kita ketahui, jurusan akuntansi dibutuhkan oleh hampir sebagian besar bidang bisnis. Akuntansi juga merupakan bidang pekerjaan yang selalu diminati dan dapat berkembang.

Banyak posisi pekerjaan yang bisa kamu temukan di bidang akuntansi. Beberapa prospek pekerjaan menjanjikan dalam jurusan akuntansi adalah:

#1 Audit Internal

Audit internal memeriksa dan mengaudit hal internal dalam perusahaan untuk kepentingan manajemen perusahaan. Audit juga bertugas untuk memastikan hasil laporan keuangan. Audit pun memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pihak manajemen telah melakukan tugasnya untuk kemajuan perusahaan. 

Mereka juga lebih banyak memberikan saran perbaikan kepada pihak manajemen, operasional perusahaan terhadap sistem pengendalian, dan berbagai regulasi, termasuk juga konsep Good Corporate Governance.

#2 Akuntan Publik

Akuntan publik merupakan akuntan yang sudah memperoleh izin dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memberikan layanan atau jasa akuntan publik. Setiap akuntan publik juga wajib menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), yaitu asosiasi profesi yang disahkan oleh pemerintah.

Dalam sistem kerjanya, mereka mendapatkan fee dari pengguna jasanya. Pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh akuntan publik adalah memeriksa laporan keuangan, memberi bantuan di bidang perpajakan, menerapkan sistem informasi akuntansi, hingga konsultasi keuangan.

Untuk menjadi akuntan publik yang mendapatkan Certified Public Accountants/CPA, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Layanan atau jasa yang ditawarkan oleh akuntan publik terdiri dari dua bagian, yaitu:

a. Jasa Astesi: Jasa yang ditawarkan adalah audit umum dari laporan keuangan, pemeriksaan laporan informasi keuangan, pemeriksaan laporan keuangan prospektif, review laporan keuangan, dan jasa lainnya.

b. Jasa Non Astesi: Jasa ini meliputi akuntansi, manajemen, keuangan, perpajakan, hingga konsultasi.

#3 Konsultan Pajak

Konsultan pajak adalah orang yang menyediakan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak. Salah satu syarat untuk memperoleh izin praktik sebagai konsultan pajak adalah mengikuti ujian sertifikasi konsultan pajak (USKP) yang diadakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Jika profesional yang telah lulus dalam ujian ini, mereka akan mendapatkan gelar BAP.

Jasa yang biasanya diberikan oleh konsultan pajak adalah perencanaan pajak, pembuatan laporan SPT pajak, review pajak, pendampingan pemeriksaan pajak, pelatihan pajak, dan restitusi pajak.

Bayaran untuk konsultan pajak pun variatif, tergantung dari jenis pekerjaannya, kasus pajak yang diurus, dan jangka waktu penyelesaiannya. Semakin sulit masalah yang dihadapi, maka semakin mahal pula biayanya.

#4 Perencana Keuangan atau Financial Planner

Dengan meningkatnya golongan menengah dan kesejahteraan di Indonesia, maka kebutuhan seseorang yang memberikan saran di bidang keuangan juga akan meningkat. Peluang ini pun dimanfaatkan oleh beberapa orang yang berprofesi sebagai perencana keuangan. Untuk meningkatkan karir, maka mereka membutuhkan sertifikasi sebagai perencana keuangan.

Sertifikasi tersebut dikeluarkan oleh Financial Planning Standards Boards (FPSB) yang ditujukan untuk orang yang ahli di bidang perencanaan keuangan. Untuk memperoleh sertifikat tersebut, kamu harus melalui tahap ujian, seperti Foundation in Financial Planning, Investment Planning, Risk Management & Insurance Planning and Retirement, serta Income Tax and Estate Planning.

#5 Akuntan Pemerintah

Akuntan Pemerintah bekerja di pemerintahan. Tugas utama akuntan pemerintah adalah menyusun laporan keuangan pemerintah. Kemudian, mengaudit berbagai instansi pemerintah di berbagai tingkat pemerintahan.

Akuntansi pemerintahan juga memiliki standar tersendiri dalam pencatatan akuntansinya. Ahli Akuntan Pemerintah (AAP) merupakan salah satu standardisasi akuntansi pemerintahan di Indonesia. AAP berada di bawah naungan Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).

#6 Financial Analyst

Financial analyst bertugas menyusun informasi keuangan yang bisa digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan sebuah bisnis hingga pembuatan strategi bisnis. Profesi ini sangat penting bagi perkembangan suatu bisnis. Dengan adanya analisa mendalam mengenai keuangan perusahaan, bisnis bisa dengan mudah mengambil keputusan yang tepat, terutama dalam hal menangani keuangan bisnisnya. Selain itu, profesi ini juga akan membantu perusahaan dalam mengontrol perputaran keuangan agar tidak melebihi budget dan sesuai target perusahaan.

#7 Ahli Keuangan Pemerintahan

Selain menjadi akuntan pemerintah, kamu juga berkesempatan untuk menjadi ahli keuangan di pemerintahan. Profesi ini sangat menjanjikan dan memberikan peluang besar bagi kamu yang ingin menghasilkan pendapatan lebih tinggi. Profesi ahli keuangan ini biasanya dibutuhkan pemerintah adalah seseorang berlatar belakang Akuntansi adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lembaga ini sangat berperan penting dalam mengatur perusahaan maupun keuangan di Indonesia.

#8 Dosen Akuntansi

Bagi kamu yang suka mengajar, kamu juga bisa menjadi dosen atau guru akuntansi, serta membantu mahasiswa atau siswa dalam menambah ilmu akuntansi. Dengan profesi ini kamu bukan hanya mendapatkan penghasilan tetapi juga berbagi ilmu dengan orang lain. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang konsultan yang mengisi acara seminar di beberapa kampus ataupun perusahaan.

Nah, bagi kamu mahasiswa jurusan akuntansi yang ingin sukes meniti karir yang lebih cemerlang, kamu memerlukan tambahan pendidikan profesi. Sehingga, membuat kamu berbeda dengan lulusan Sarjana Ekonomi (S.E) lainnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait