Bisnis & Kerja Sampingan

Pengaruh Blogger Indonesia dalam Arah Tren Bisnis Nasional

blogger indonesia

Ajaib.co.id – Sudah banyak blogger Indonesia yang sukses menghasilkan uang dari situs pribadinya. Bukan hanya keuntungan finansial, konten yang mereka hadirkan juga memberikan dampak positif bagi dunia bisnis. Paling tidak memberikan inspirasi untuk berbagai isu terkini.

Saat seorang pengusaha butuh ide, ia bertanya ke konsultan bisnis. Saat masyarakat kehabisan ide bisnis, mereka dapat inspirasi dari para Blogger Indonesia. Dewasa ini, dunia blogging benar-benar mencuri pandangan dari banyak pelaku bisnis. Tidak jarang orang membuka blog atau berkunjung ke blog untuk mengetahui informasi tren hari ini, termasuk juga tren bisnis.

Blogger Indonesia sudah memiliki banyak nama besar. Misalnya saja Raditya Dika yang kini merambah platform lainnya dan Agustinus Wibowo, penulis catatan perjalanan. Blogger sukses seperti mereka adalah pemikir-pemikir kreatif yang memaksimalkan blog untuk personal branding, bisnis dan sumber income utama.

Bahkan sekarang ini, banyak selebriti yang mulai dari blog, sebut saja Raditya Dika, Iwan Banaran, Mas Sugeng, hingga Bena Kribo. Biasanya,dalam menulis artikelnya, blogger-blogger terkenal ini memiliki gaya bahasa sendiri untuk diterapkan dalam blog miliknya.

Contohnya Raditya Dika, dalam blog-nya, dia kerap kali membagikan keresahan hidupnya yang dikemas dengan sejenaka mungkin. Namun jangan salah, dibalik kejenakaan itu, Raditya Dika biasanya menyelipkan nilai-nilai kehidupan yang menjadi salah satu alasan Raditya Dika menjadi salah satu blogger Indonesia terfavorit saat ini.

Blogger Indonesia Berpengaruh Dalam Tren Bisnis, Kok Bisa?

Membangun sebuah blog pribadi maupun bisnis tidaklah ringan. Butuh kerja keras termasuk dengan konsistensi tinggi dan waktu yang lama. Nama besar blogger yang kita kenal sudah merintis lamannya sejak lama dengan konten yang selalu menarik perhatian. Namun konsistensinya lah yang kemudian menjadikan sejumlah nama itu didapuk sebagai blogger inspiratif.

Meskipun saat ini Youtube dan Instagram hadir sebagai platform favorit untuk tren bisnis namun eksistensi blog tetap bertahan. Buktinya saat ini masih banyak yang menggunakan blog untuk mencari insipirasi atau review akan produk atau layanan tertentu. Terlebih lagi biasanya ulasan dari blog lebih detail dan komplit.

Misalnya saja satu blog yang banyak bicara seputar dunia kecantikan maka akan terus konsisten mengulas tentang hal itu. Hal itulah yang menjadikan blogger tersebut kemudian punya nama tersendiri dan potensial untuk dijadikan saran beriklan. Konten dari para blogger inilah yang kemudian memberikan dampak pda tren dunia bisnis.

Sebaliknya, marketing yang dilakukan lewat blog juga menjadi pemasukan tambahan bai para blogger. Bukan hanya sekedar dari Google Adsense saja namun juga menjadi sarana marketing brand atau produk tertentu. Jasa markeitng lewat blog ini juga berdampak pada usaha kecil dan skala menengah lho.

Jangan tanya berapa banyak Blog yang sudah dimaksimalkan untuk mendongkrak bisnis produk maupun jasa. Menjamur! Yang susah adalah mencari para Blogger yang mengkhususkan diri untuk mengulas tentang kiat bisnis itu sendiri!

Bukan sekedar me-list jenis bisnis yang bakal jadi tren tahun ini ya, tapi mengulas “ceruk-ceruk terdalam dan puncak-puncak tertinggi” tiap jenis bisnis! Tiap jenis bisnis punya lika-liku berbeda.

Meskipun buku-buku bisnis paling suka menggeneralisir, kenyataan di lapangan sering berbeda jauh. Mungkin hanya pengalaman first hand yang bisa mengulas secara faktual. Mungkin karena para pebisnis terlalu sibuk untuk menulis, atau enggan berbagi insight karena alasan tertentu, atau mungkin para Blogger Indonesia memang nggak mood aja ngebahas bisnis.

Ide Bisnis vs Ide Suka-Suka

Kalau visitors cermati isi blog Blogger Indonesia, lebih dari 50% topiknya berkutat di sekitar pengalaman dan pengamatan pribadi terhadap fenomena masyarakat yang lucu-lucu, seru-seru, kreatif, inspiringentertaining.

Mungkin topik-topik tersebut mudah menerbitkan passion dan kebahagiaan menulis, bagaikan Secret Garden-nya Alice in Wonderland! Sementara mungkin topik bisnis terasa rumit, “kering” dan “tandus” seperti Operasi Gurun Pasir. Sejauh ini, hanya Pandu Anim, Raditya Dika, dan Maxmanroe yang lumayan sering nyentil dan mengulas masalah bisnis serta wawasan keuangan.

Situasi Ekonomi Bangsa

Sebelumnya, mari luangkan waktu sejenak untuk mengamati nasib ekonomi negri tercinta ini. Jumlah wirausaha Indonesia baru 3,1% dari total jumlah penduduknya. Semoga itu belum termasuk ledakan startup Indonesia yang tahun ini menduduki posisi ke-5 setelah Amerika Serikat, India, Inggris, dan Kanada.

Sementara untuk bisa mencapai kestabilan ekonomi seperti negara maju, jumlah wirausaha seharusnya berada di kisaran 14% dari total jumlah penduduk. Bukankah ini momennya kaum Milenial untuk mendapatkan segudang sharing, pembinaan dan coaching di bidang bisnis?

Bagaimanapun sexy-nya cita-cita menjadi selebriti, youtuber, hingga super star sekalipun, businessman/businesswoman adalah the real superhero yang mengangkat negara dari lembah utang dan kemiskinan.

Ide Bisnis = Life Guard

Menemukan ide bisnis bagus tidak mudah. Apalagi membuktikannya. Tapi ada kan bukti suksesnya? Lagi-lagi Gojek, Bukalapak, dan Tokopedia harum namanya. Gimana nggak, mereka sudah terbukti menjadi life-guard ekonomi bangsa dengan membuka lapangan kerja skala raksasa hingga ke negri tetangga.

Masa Indonesia berhenti sampai di situ aja? Kaum Milenial dianugerahi kucuran ide kreatif dilengkapi optimisme jawara. Jika semua menyadari peran heroik wirausaha, semoga minimum mau menyelami khasanah bisnis Indonesia, mengamati, menganalisa, dan mengambil pembelajaran, mengulas dan mengunggahnya di Blog, sebagai bahan sharing dan inspirasi masyarakat. Lebih keren lagi jika pentolan bisnis Indonesia pun sukarela ikut menyumbangkan ide dan coaching-nya.

Daftar Blogger Lokal yang Layak Kamu Jadikan Inspirasi

a. Indah Julianti Sibarani

Indah Julianti Sibarani atau yang akrab disapa IndJul adalah salah satu pentolan komunitas Emak2Blogger. Indah pertama kali menulis blog di Geocities tahun 2003. Namun, pada saat itu, ia masih bekerja sebagai Creative Content di sebuah stasiun televisi ternama di Indonesia.

Tidak lama bekerja di sana, Indah memutuskan untuk resign dan istirahat dari kerja kantoran dan fokus menulis buku. Namun, selama itu dia masih aktif menulis blog. Bahkan, pada tahun 2010, dia mendapatkan beberapa job untuk dipublikasikan di blognya.

Akhirnya, Indah memutuskan fokus pada niche parenting di blognya yaitu www.indahjulianti.com. Sebagai seorang bloger yang fokus pada parenting, Indah pernah menolak tawaran konten sponsor yang tidak sesuai tema blognya.

2. Bobby Ertanto

Bobby Ertanto memeiliki beberapa blog yang ia kelola bersama teman lainnya. Namun, salah satu blog miliknya yang paling dikenal adalah www.virustraveling.com dan www.liburmulu.com. Sesuai namanya, Bobby adalah travel blogger yang memiliki passion jalan-jalan dan traveling.

Selepas lulus dari S2, Bobby Ertanto mundur dari pekerjaannya di salah satu perusahaan manufaktur Indonesia. Kemudian, ia memilih untuk mengelola blognya sambil mendirikan bisnis travel agent. Tentu saja dengan cara ini ia bisa sekaligus memprediksi tren wisata Indonesia dengan berbagai konten yang dibuatnya.

3. Shintaries Nijerinda

Shintaries Nijerinda merupakan blogger Indonesia terbaik yang memiliki sepak terjang mengagumkan. Wanita yang akrab disapa Shintaries, wanita pemilik blog www.shintaries.com sukses mendirikan perusahaan berkat blognya.

Ia mulai nge-blog sejak tahun 2005 dan baru menajadi full-time blogger sejak tahun 2014. Dulunya, wanita yang bekerja sebagai Site Manager proyek hotel ini sudah memiliki rencana mengenai karier blogging-nya.

Di blognya, Shintaries sering berbagi tentang teknis blog sederhana yang dibutuhkan oleh para ibu yang mulai nge-blog. Kemudian, Shintaries juga menginisiasi komunitas Blogger Perempuan yang kini sudah jadi perusahaan agency blogger pula.

4. Marikxon Manurung

Bagi kamu yang suka membaca blog, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan blog www.maxmanroe.com. Biasanya, blog ini sering dijumpai ketika kamu mencari topik-topik bisnis dan blogging. Marikxon, pria berdarah Batak tersebut telah mulai nge-blog sejak 2009, saat masih bekerja sebagai karyawan perusahaan pengelola gedung mal.

Totalitasnya untuk terjun ke dunia bloggingnya tidak main-main, pasalnya, Marikxon juga mengikuti salah satu sekolah blogging dan Internet marketing ternama di Indonesia. Dari situlah ia belajar monetasi blog. Hingga kini, pria ini telah memiliki 20 buah, dan bahkan ada yang berbahasa Inggris dengan target orang Amerika Serikat dan Kanada.

5. Ani Berta

Pada awalnya, wanita ini menulis blog hanya untuk menyampaikan opini, review buku dan film, serta menulis cerpen. Sekitar tahun 2008, Ani menulis blog di platform blog dari media online ternama Indonesia. Sebelum menjadi full bloger, wanita yang memiliki blog www.aniberta.com pernah bekerja sebagai akuntan.

Namun, passion-nya ini membuat Ani berani resign di tahun 2013 dan mulai serius mengelola blog hingga lima buah. Bukan hanya itu, Ani juga sangat aktif berkomunitas dan menjadi salah satu pendiri komunitas blog bernama, Indonesian Social Blogpreneur. Penghasilannya perna mencapai Rp 5 juta!

6. Zata Ligouw

Nama ini dikenal sebagai blogger yang membahas topik gaya hidup sehat. Lewat blog www.zataligouw.com, Zata sering berbagi tips kesehatan dan juga gaya hidup sehat. Kini, ia juga mengelola portal wanita bernama www.lolamagz.id.

Zata mengenal dunia per blogan sejak tahun 2001 dan menulis di Geocities dan Multiply. Kemudian, pada tahun 2011, Zata mulai fokus mengelola blog-nya dengan tujuan sebagai sumber penghasilan. Sekarang, hanya dengan blog, Zara bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp8 juta sampai Rp20 juta per bulan.

Zata mengatakan bahwa untuk menjadi blogger profesional, kamu dituntut untuk konsisten dan mengembangkan networking. Bukan hanya itu, Zata juga menganjurkan blogger untuk menulis konten positif dan tidak melulu menulis konten sponsor melainkan berimbang. Dengan demikian, pembaca akan tetap percaya dengan konten blog tersebut dan bukan hanya sekedar bahasa marketing saja.

Potensi Blogger Lokal Menyelamatkan Bangsa

Blogger Indonesia selama ini sudah terbukti memiliki pengaruh yang cukup besar dalam tren dunia bisnis. Karena itulah, marketing lewat ulasan blog tetap menjadi salah satu yang diandalkan di era serba internet ini. Meskipun saat ini Youtube dan Instagram lebih banyak dimanfaatkan namun nyatanya blogging masih memiliki kekuatannya tersendiri.

Karena itulah, sejumlah blogger Indonesia masih punya nama dan value tersendiri. Bahkan bisa dikatakan jika partisipasinya sangat berpengaruh pada produk yang diulasanya. Khususnya ketika membahas produk lokal.

Semoga para Blogger Indonesia tergerak jadi ksatria pembela ekonomi bangsa dengan mengulas lebih banyak lagi ide segar, realitas dan lika-liku bisnis, untuk “membangunkan” kegarangan founder-founder startup Indonesia. Benih (seeds) kemajuan ekonomi tanah air ada di ketak-ketik mereka!

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi blogger pemula, jangan pernah bosan untuk membaca tips dan trik dari bloger di atas ya. Jangan lupa juga untuk mempelajari masalah Search Engine dan share semua tulisan-tulisan kamu melalui media sosial. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah mendapatkan traffic atau pengunjung ke blog kamu.

Artikel Terkait