Emas

Sisa Uang Makan Bisa Beli Emas & Penuhi Syarat Pegadaian

Sisa Uang Makan Bisa Buat Tabungan Emas di Pegadaian

Paham tradisional bahwa membeli perhiasan emas adalah “berhias sambil menabung” perlu dikoreksi, karena peningkatan harga perhiasan emas tidak mampu mengatasi inflasi. Sementara, tabungan emas di pegadaian adalah instrumen investasi emas 24 karat yang memudahkan siapapun untuk berinvestasi emas batangan dengan minimum setoran tabungan senilai harga 0,01 gram emas yang bisa disetorkan kapan pun di outlet Pegadaian mana pun.

Bayangkan, 0,01 gr emas harganya hanya Rp7500-an Benar kan judul di atas, uang receh kembali jajan mie ayam pun sekarang bisa jadi emas. Nanti, jika saldo tabungan emas di Pegadaian sudah mencapai 1 gram atau lebih, kamu bisa meminta Pegadaian untuk mencetakannya ke dalam bentuk emas batangan minimal 1 gram dengan biaya pencetakan ringan.

Jenis Pinjaman & Syarat Gadai di Pegadaian

Selain membeli emas, kamu juga bisa menggadaikan emas yang kamu miliki melalui Pegadaian. Di mana, pegadaian secara resmi memiliki izin untuk memberikan pembiayaan kepada masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Setidaknya tedapat 3 (tiga) jenis pinjaman di Pegadaian beserta persyaratannya seperti:

1. KCA (Kredit Cepat Aman)

KCA merupakan solusi yang tepat untuk masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat, dan juga aman. Di mana, KCA merupakan salah satu kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif, dan menjadi salah satu jenis gadai terfavorit di Pegadaian.

Untuk mendapatkan pinjaman ini, kamu hanya perlu datang ke kantor Pegadaian dan membawa agunan yang ingin kamu gadaikan, apakah perhiasan emas, laptop, handphone, dan barang elektronik lainnya. Di mana, jumlah pinjaman yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp50 ribu hingga Rp500 ribu. Sedangkan, pinjaman bisa kamu dapatkan hanya dalam waktu 15 menit. Kamu juga bisa memperpanjang jangka waktu pinjaman hingga 4 (empat) bulan dengan cara mengangsur sebagian uang pinjaman.

2. KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Bagi kamu yang membutuhkan uang dengan jumlah besar untuk biaya pendidikan, renovasi rumah, atau biaya pernikahan, kamu kini bisa memanfaatkan fasilitas pegadaian untuk memenuhi kebutuhan kamu. KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran) merupakan salah satu jenis pinjaman dari Pegadaian dengan waktu pinjaman mulai dari 4 bulan hingga 3 tahun. Sedangkan, pinjaman yang bisa kamu dapatkan adalah pinjaman hingga 95 persen dengan angsuran tetap per bulan.

Untuk dana yang bisa kamu dapatkan pun cukup besar hingga Rp250 juta hanya dengan menyerahkan agunan atau jaminan seperti emas atau kendaraan bermotor lengkap dengan STNK, BPKB, serta faktur pembelian.

3. Kreasi

Selain untuk pribadi, Pegadaian juga memiliki jenis pinjaman khusus untuk pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis. Kreasi merupakan produk pinjaman dari Pegadaian dengan sistem Fidusia. Dalam sistem ini, barang yang dijadikan jaminan atau agunan hanya surat-surat kendaraan bermotor seperti BPKB asli, fotokopi STNK dan faktur pembelian. Sehingga, kendaraannya sendiri masih tetap digunakan.

Di mana, proses pinjaman dari produk Kreasi terbilang lebih mudah dan cepat dengan jumlah pinjaman hingga Rp200 juta.

Mengapa Investasi Emas Masih Menarik

1. Harga emas batangan 24 karat tiap tahun cenderung naik, dan kenaikannya jauh melampaui harga emas perhiasan. Maka emas batangan 24 karat masih jadi instrumen investasi favorit.

2. Mudah dijual di toko emas mana pun kapan pun dengan nilai jual-beli yang berstandar umum dan transparan.

Kelemahan Simpanan Emas Konvensional yang Tabungan Emas di Pegadaian

Banyak orang mengeluhkan masalah keamanan penyimpanan emasnya. Disimpan di brankas rumah pun tetap rawan pencurian. Jika disimpan di deposit box bank, biaya sewa tahunannya tidak murah. Tabungan emas di Pegadaian mengatasinya dengan menjamin keamanan penyimpanan oleh Negara dengan biaya penitipan emas hanya Rp30.000 per tahun, dan nasabah baru dikenakan biaya pencetakan batangan emas saat nasabah menghendakinya.

Sisa Belanja yang Jadi Emas di Tabungan Emas Di Pegadaian

Seberapa seringkah kita jajan tiap harinya? Meskipun sudah sarapan, makan siang, dan makan malam, di antara jam-jam itu, pasti saja terpikir tentang cemilan. Jika kita membayar dengan cash, pasti ada kembalian pembayaran berupa recehan, yang umumnya diabaikan, didonasikan ke mini marketnya, atau bahkan dihabiskan saja untuk permen atau kerupuk.

Nah, kebiasaan ini yang sebetulnya bisa “diconvert” menjadi emas! Jika kembalian receh beli soft drink Rp1.500 ditambah kembalian receh jajan somay Rp2.000 ditambah kembalian receh gorengan Rp2.000 ditambah kembalian receh tiket Commuter Line Rp2.000, dikumpulkan jumlahnya menjadi Rp7500 kan? Jika harga emas batangan hari ini misalnya Rp750.000, maka kita sudah bisa punya emas 24K seberat 0,001 gr di Pegadaian!

Jangan terpaku pada jumlahnya hari ini, fokus saja pada esensinya bahwa tumpukan receh seharga permen dan kerupuk kini perlahan tapi pasti, bisa jadi seperti gunungan batangan emas dalam brankas bank yang akan dibobol perampok keren di film Italian Job! Tapi, emas kita akan tetap aman dijaga oleh Pegadaian. Jadi, silakan terus jajan, tapi jangan sia-siakan recehan kembaliannya, kumpulkan, dan langsung setorkan ke Pegadaian. 

Harta Karun Emas Kini Milik Semua

Paradigma kini sudah berubah. Siapapun yang hobi jajan dan sudah punya KTP, sekarang bisa punya emas 24 karat dengan rajin ngumpulin kembalian receh, dan menyetorkannya ke Tabungan Emas di oulet Pegadaian mana pun, kapan pun! Yuk, semua bersiap-siap jadi juragan emas!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait