Dunia Kerja

7 Pilihan Pekerjaan di Bidang IT yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2022

7 Pilihan Pekerjaan di Bidang IT yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2022

Ajaib.co.id – Perkembangan teknologi yang meningkat dari tahun ke tahun melahirkan lapangan kerja baru khususnya di bidang IT. Tidak heran jika pekerjaan di bidang IT semakin banyak peminatnya seiring dengan perusahaan yang mulai beralih dalam memanfaatkan teknologi sehingga membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang IT.

Banyaknya perusahaan teknologi juga semakin meningkatkan peluang pekerjaan di bidang IT di masa depan. Oleh karena itu, mengapa pekerjaan di bidang IT menawarkan gaji yang sangat tinggi, bahkan untuk kelas profesional bisa mencapai puluhan juta Rupiah.

Bagi kamu yang tertarik dan memutuskan untuk bekerja di bidang ini, harus mengetahui apa saja posisi yang memiliki jenjang karir bagus dan dibutuhkan banyak perusahaan. Mengingat, ada banyaknya posisi yang ditawarkan, berikut ini ada sejumlah pilihan pekerjaan di bidang IT yang banyak dibutuhkan di tahun 2022.

Pilihan Pekerjaan di Bidang IT

1. AI Engineer

Posisi pertama pekerjaan di bidang IT yang paling banyak dibutuhkan adalah AI Engineer. Sebab, kecerdasan buatan atau artificial intelligence sendiri kini menjadi bagian dari hidup banyak orang.

Hal ini bisa dilihat dari tampilan algoritma simpel yang bisa membuat pengguna media sosial menjadi lebih mudah menemukan konten-konten yang diinginkan. Selain itu, ada juga sejumlah aplikasi saat ini yang menggunakan AI. Oleh karena itu, pekerjaan di bidang IT yang satu ini bakal meningkat permintaannya dan mulai menjadi tren di tahun 2022.

Bagi kamu yang memiliki belakang ilmu matematika, pemrograman, hingga statistika, profesi ini bisa menjadi pilihan yang patut dilirik.

2. Cloud Architect

Selanjutnya ada pekerjaan di bidang IT bernama cloud architect. Seseorang dengan posisi ini bertugas untuk menjalankan dan memantau strategi mengenai cloud computing milik sebuah perusahaan.

Hal ini meliputi pengelolaan dan pengaturan infrastruktur cloud terutama pada sisi konfigurasi, arsitektur, hingga deployment aplikasi dalam cloud.

Profesi ini sendiri diprediksi akan menjadi salah satu posisi yang banyak dicari oleh perusahaan masa mendatang. Bagi kamu yang tertarik untuk berkarir di posisi ini, maka persiapkan pendidikan yang memang sesuai seperti bidang ilmu teknik komputer atau bidang ilmu yang memang terkait dengan IT lainnya.

Jangan lupa juga untuk membekali diri dan mengasah sejumlah skill berupa sertifikat seperti networking, cloud architecture, dan masih banyak lainnya.

3. Data Engineer

Pekerjaan IT paling dicari berikutnya adalah data engineer. Salah satu pekerjaan di bidang IT dengan gaji tertinggi ini mengacu pada kebiasaan para pengguna internet yang menghasilkan data dalam jumlah besar. Bahkan, sejumlah data yang dihasilkan setiap harinya ini mampu menyentuh angka mencapai 2.5 quintillion byte.

Hal ini yang menjadi tugas dari data engineer untuk menggunakannya sebagai insight yang bermanfaat bagi suatu perusahaan. Di mana, data sangat erat kaitannya untuk menentukan produk barang maupun jasa yang bisa memenuhi kebutuhan banyak orang.

Oleh karena itu, banyak perusahaan-perusahaan besar yang berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi big data.

4. Data Scientist

Selain data engineer, data scientist juga menjadi pekerjaan IT dengan gaji tertinggi yang banyak dicari oleh perusahaan di tahun 2022 ini. Walaupun begitu, data scientist memiliki tugas dan tanggung jawab kerja yang tidak mudah.

Sebagai data scientist, kamu akan menganalisis dan menghitung angka serta data setiap harinya untuk menyelesaikan tugas dari perusahaan.

Selain itu, tugas dari data scientist juga berhubungan erat dengan teknologi seperti artificial intelligence, machine learning, hingga predictive modeling. Oleh karena itu, pekerjaan IT yang satu ini sangat dibutuhkan sekali skill untuk teknologi dan matematisnya.

5. DevOps Engineer

Pekerjaan di bidang IT selanjutnya yang paling dibutuhkan adalah DevOps Engineer. Posisi ini memiliki tugas dalam mengembangkan sebuah aplikasi untuk kebutuhan smartphone maupun perangkat lainnya.

Mengingat, peran aplikasi yang cukup penting dalam mendukung aktivitas pengguna smartphone saat ini, maka perusahaan teknologi sangat membutuhkan posisi di bidang ini dalam mengembangkan aplikasi untuk memudahkan para pelanggannya.

Bisa dikatakan bahwa DevOps Engineer merupakan pekerjaan di bidang IT untuk membangun sebuah sistem infrastruktur yang terintegrasi, terotomatisasi, serta fleksibel.

Bagi kamu yang tertarik di posisi ini, kamu membutuhkan skill programming yang memahami bahasa pemrograman. Hal ini nantinya yang akan memudahkan kamu dalam mengembangkan aplikasi ketika menjadi seorang DevOps Engineer.

6. Programmer Analyst

Selanjutnya ada programmer analyst yang memiliki tugas untuk membuat desain dengan menyusun kode-kode yang diimplementasikan ke program baru.

Selain itu, prosesnya nanti juga wajib didokumentasikan melalui diagram dan flowchart. Ketika nanti terjadi masalah pada sistem informasi, maka programmer analyst harus bertanggung jawab untuk menemukan titik masalahnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman mengenai bahasa pemrograman seperti Java C maupun C+ sebagai kemampuan utama yang dibutuhkan untuk menjadi seorang programmer analyst.

7. Software Engineer

Pekerjaan di bidang IT dengan gaji tertinggi yang terakhir adalah software engineer. Posisi ini memang tidak pernah ada surutnya. Di tahun 2022 sendiri software engineer menjadi salah satu pekerjaan di bidang IT yang paling dicari karena dibutuhkan.

Software engineer sendiri memiliki tugas cukup banyak seperti mendesain sistem software, mengembangkannya, hingga tahap instalasi.

Tidak heran, jika persaingan dalam mendapatkan posisi ini dapat dikatakan cukup kompetitif karena banyaknya peminat. Oleh karena itu, kamu harus memiliki sejumlah skill mumpuni dalam bahasa pemrograman, UI/UX, teknologi backend, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan di bidang IT yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan teknologi ini memang menjadi pilihan kamu untuk fokus di salah satu posisinya. Apalagi sejumlah pekerjaan di bidang IT ini menawarkan gaji yang tinggi. Kamu bisa memilih sejumlah skill di bidang IT untuk diasah sesuai kemampuan sebagai investasi di masa mendatang.

Selain investasi skill, jangan lupa juga untuk berinvestasi keuangan di sejumlah instrumen investasi seperti reksa dana, saham, dan aset kripto. Apa lagi investasi kini semakin mudah melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, mulai investasi reksa dana pertama kamu dengan men-download aplikasi Ajaib di smartphone sekarang.

Artikel Terkait