Bisnis & Kerja Sampingan, Milenial

7 Rekomendasi Film Tentang Bisnis yang Menarik

7 Rekomendasi Film Tentang Bisnis yang Menarik

Ajaib.co.id – Pada dasarnya, membangun sebuah bisnis dibutuhkan mental dan perjuangan ekstra agar bisa sukses berjalan. Tidak heran jika beberapa kisah pengusaha tersebut diadaptasi menjadi sebuah film tentang bisnis yang bisa menjadi inspirasi bagi pebisnis-pebisnis pemula.

Film tentang bisnis ini menceritakan perjuangan dan hal-hal yang terjadi dalam membangun sebuah bisnis. Selain bisa menghibur dalam mengisi waktu luang, film tentang bisnis bisa menjadi motivasi tersendiri untuk tetap bertahan membangun bisnis. Berikut sejumlah rekomendasi film bisnis terbaik dari beberapa negara termasuk Indonesia.

Rekomendasi Film Tentang Bisnis

Filosofi Kopi

Rekomendasi film tentang bisnis pertama adalah Filosopi Kopi yang dibintangi oleh aktor kenamaan Indonesia yaitu Chicco Jerikho dan Rio Dewanto.

Jika kamu sedang belajar membangun bisnis, maka film ini cocok untukmu. Hal ini karena Filosofi Kopi mengisahkan perjuangan dua orang sahabat dalam membuka sebuah kedai kopi.

Walaupun Ben (Chicco Jerikho) adalah orang yang sangat ahli meracik kopi dan Jody (Rio Dewanto) merupakan lulusan universitas luar negeri, namun hal tersebut tidak lantas membuat bisnis mereka berjalan lancar. Ada banyak sekali kendala maupun tantangan yang harus dihadapi bersama-sama.

Melalui film ini, kamu akan belajar bagaimana membangun bisnis dengan bersama seorang sahabat. Hal ini karena menjalankan bisnis bersama sahabat akan terasa sangat berbeda dibandingkan bersama orang lain.

Salah satunya adalah permasalahan mencampuradukan kehidupan pribadi ke dunia bisnis sebagai hal yang sangat dilarang.

Fyre: The Greatest Party That Never Happened

Selanjutnya ada film tentang bisnis berjudul Fyre: The Greatest Party That Never Happened. Di mana, film ini diproduksi oleh Netflix yang menceritakan kegagalan dalam menyelenggarakan festival musik di Bahama pada tahun 2017. Film difokuskan pada proses penyelenggaraan festival musik hingga bencana yang menjadikannya benar-benar gagal.

Festival mewah tiga hari yang harusnya berjalan sukses dan istimewa, namun justru kenyataannya menjadi pengalaman mengerikan bagi orang-orang yang membayar tiket hingga puluhan juta rupiah.

Film tentang bisnis ini mengajarkan para pengusaha untuk menggunakan pemasaran influencer secara baik. Hal ini karena mengembangkan bisnis secara cepat dengan mempekerjakan selebriti maupun influencer untuk kebutuhan promosi tidak akan menjamin jika dilakukan secara asal.

Search: WWW

Lanjut ke rekomendasi film tentang bisnis yang satu ini berasal dari Korea berjudul Search: WWW. Sebetulnya, daripada film, Search: WWW merupakan drama serial Korea.

Sesuai judulnya, bisnis ini adalah portal web yang dijalankan oleh tiga orang perempuan dengan masing-masing memiliki ambisi berbeda pada perusahaan tersebut.

Uniknya, karakter utama dalam drama serial ini adalah perempuan dengan sifat sangat tegas yang dan sedikit gemas dengan peran karakter lainnya dalam meraih cita-cita mereka.

Selain itu, Search: WWW sendiri dapat memberikan inspirasi untuk mengembangkan bisnis. Di mana, pelaku bisnis jelas tidak menginginkan usaha yang mereka jalankan hanya bergerak di satu tempat saja, melainkan lebih luas.

Start-Up

Masih di drama serial Korea dengan dunia bisnis yang sama yaitu digital berjudul Start-Up ini sangat banyak diminati. Apalagi serial TV ini memang disiarkan di sejumlah negara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, hingga beberapa negara Asia lainnya. Tidak heran, jika Start-Up banyak diperbincangkan.

Start-Up sendiri mengisahkan Seo Dalmi dan Nam Dosan yang sedang mengembangkan perusahaan rintisan dengan tugas masing-masing untuk mencari ide sekaligus investor agar bisnis tetap berjalan.

Drama serial ini mampu mengajarkan kamu dalam membangun bisnis untuk bisa menjaga kekompakan tim dengan caranya. Selain itu, film ini menghadirkan contoh yang baik khususnya dengan semangat tinggi.

Steve Jobs

Dari judulnya saja, kamu sudah bisa mengetahui bahwa film tentang bisnis ini merupakan biografi dari Steve Jobs. Di mana, film ini menceritakan kisah Steve Jobs yang menempuh jalan sukses secara tidak mudah dan penuh lika-liku.

Dia merupakan pria brilian yang tertarik dengan orang-orang untuk berbagi obsesinya. Film ini sendiri dibagi menjadi tiga bagian dengan masing-masing berfokus sesuai periode waktu sesaat sebelum diluncurkannya produk utama.

Adapun wawasan penting yang bisa diambil dari film ini yaitu apa yang tidak dimiliki oleh Steve Jobs dalam hal keterampilan, ia tebus melalui visi. Di mana, ia bukan programmer yang melakukan coding komputer maupun engineer.

Namun tanpa sosok Steve Jobs, Apple tidak akan ada. Selain itu, Steve Jobs tidak peduli untuk disukai atau tidak membiarkan dirinya terjebak oleh paradigma ketinggalan zaman untuk mencapai tujuan.

The Pursuit of Happyness

Rekomendasi film bisnis terbaik selanjutnya adalah The Pursuit of Happyness. Film menceritakan tentang usaha seorang ayah untuk memberikan hidup yang lebih baik bagi keluarganya.

Film ini menceritakan perjuangan selama satu tahun Gardner yang menjadi tunawisma sambil membesarkan putranya yang masih kecil dengan mencari pekerjaan terkadang tanpa bayaran. Bahkan, kadang-kadang ia harus tidur di kamar mandi kereta bawah tanah

Walaupun film yang dibintangi Will Smith dan anaknya, Jaden Smith ini sudah berlangsung puluhan tahun sejak perilisannya, namun topik ini masih sangat relevan sampai sekarang.

Pelajaran yang dapat diambil dalam film ini yaitu saat kamu menghadapi masa-masa putus asa, namun tidak peduli seberapa buruk hal-hal yang bakal terjadi, kamu terus harus bergerak maju dan percaya pada impian.

The Theory of Everything

Rekomendasi film tentang bisnis yang terakhir adalah The Theory of Everything menceritakan tentang Stephen Hawking seorang ilmuwan paling brilian dan berpengaruh saat ini.

Akan tetapi, menjadi ilmuwan dengan pemikiran ilmiah luar biasa, Hawking merupakan seorang pejuang karena penyakit yang membuat awalnya hanya diberikan waktu hidup dua sampai tiga tahun saja.

Walaupun begitu, ia membuktikan berkali-kali jika hidup bisa memberikan hal-hal besar ketika cukup berani untuk bermimpi, percaya, serta mau bekerja keras hinga bisa menciptakan sesuatu hebat dalam hidupnya. Oleh karena itu, film bisnis terbaik ini membuat kamu jangan pernah berhenti untuk mengajukan pertanyaan.

Pada dasarnya, sejumlah film tentang bisnis bisa menjadi salah satu referensi kamu untuk belajar ketika membangun bisnis. Dengan begitu, setiap hal yang menjadi penghalang dan tantangan tidak serta-merta membuat kamu putus asa ketika terjadi permasalahan.

Setelah berhasil dengan bisnis juga jangan lupa untuk merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang dengan berinvestasi.

Apalagi kini investasi semakin mudah dilakukan secara online melalui aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang bisa membantu kamu berinvestasi di instrumen saham, reksa dana dan aset kripto secara mudah. Cukup dengan download aplikasi Ajaib di smartphone, kamu bisa mulai untuk berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait