Emas

Harga Terus Naik, Kapan Waktu Terbaik Jual Emas?

Cek Waktu Terbaik untuk Jual Emas yang Kamu Miliki

Ajaib.co.id – Orang berinvestasi emas dengan harapan bisa menjualnya kembali di waktu yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. Namun kini pertanyaannya adalah kapan waktu terbaik jual emas yang kamu miliki? Terlebih lagi kini harga emas naik cukup tinggi sehingga menggoda banyak orang untuk menjual asetnya.

Sebagian orang memutuskan untuk membeli emas dengan harapan bisa jadi sumber uang tunai ketika dibutuhkan nanti. Tak banyak yang menjual dan membeli logam mulia miliknya sesuai dengan fluktuasi harga yang terjadi. Berbeda dengan saham yang perubahan harganya kemudian disikapi para investor dengan keputusan untuk melepas atau membelinya.

Namun bukan berarti kamu tidak perlu memahami kapan waktu yang tepat untuk menjual emas. Apalagi jika dana yang kamu dapatkan dari nilai emas milikmu bisa dialokasikan ke instrumen lain yang lebih menguntungkan. Jadi, jangan hanya menjual emas ketika terdesak, kamu juga harus cermat memilih waktu terbaik jual emas untuk langkah investasi yang lebih baik.

3 Waktu Terbaik Jual Emas Agar Keuntunganmu Optimal

Saat memutuskan untuk investasi beli emas, pasti banyak orang yang tidak kepikiran untuk menjual emas tersebut. Pasalnya, orang-orang yang melakukan investasi emas pasti tujuan utamanya ialah investasi jangka panjang. Apalagi dengan kelebihan emas yang harganya selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Selain itu, emas juga merupakan salah satu investasi yang mudah untuk dicairkan. Maksudnya, emas sangatlah mudah untuk diperjualbelikan. Apalagi saat ini sudah banyak platform yang menyediakan untuk transaksi emas. Bahkan, emas juga bisa digadaikan untuk jaminan utang jika diperlukan.

Karena itu, kita tidak akan menemukan fenomena investor yang berbondong-bondong menjual emasnya ketika harga rendah. Paling-paling ketika harga beli emas sedang turun, pasti pemandangan toko perhiasan yang penuh orang bukan hal yang aneh. Emas memang pilihan tepat jika ingin menghindari inflasi mata uang yang terjadi.

Namun cara investasi emas sepeti itu bisa dikatakan sudah lawas. Saat ini sudah banyak orang yang melakukan trading emas dengan transaksi yang cepat merespon pergerakan harg yang terjadi. Seperti yang terjadi ketika para investor dunia kemudian ramai-ramai mengalihkan dananya ke emas ketika pasar saham global bertumbangan.

Pergerakan harga emas setahun terakhir memang benar-benar mencengangkan. Kenaikannya mencatatkan rekor tersendiri. Bahkan banyak yang percaya jika harga emas bisa mencapai Rp 1,5 juta per gram pada akhir tahun 2020 ini.

Mengutip situs Logam Mulia, harga emas Antam pecahan 1 gram pada Sabtu 16 Mei 2020 berada di Rp 919.000. Adapun harga pembelian kembali atau buyback emas Antam menjadi Rp 825.000. Dibandingkan sepekan terakhir, harga emas sudah naik Rp 8.000 per gram.

Tren serupa juga berlaku pada harga emas dunia. Harga emas berjangka di bursa Comex untuk Juni 2020, berada di posisi US$1.756,3 per ounce atau 0,9 persen lebih tinggi. Harga di pasar spot menjadi yang tertinggi dalam setahun terakhir, menuju penutupan terbesar sejak November 2012.

Pergerakan harga emas secara signifikan dan tidak biasa ini tentu saja membuat galau para pemilik emas. Apalagi dengan situasi ekonomi belakangan yang semakin sulit dan membuat penghasilan terbatas. Menjual emas saat harga tinggi bisa jadi pilihan yang mudah dan cepat.

Namun bijakkah menjual emas ketika harga sedang naik? Jangan-jangan harganya akan semakin tinggi dan kamu seharusnya bisa mendapatkan keuntungan lebih baik jika bersedia menunggu.

Karena itu, kamu perlu menentukan waktu terbaik untuk jual emas. Hal itu dilakukan agar kamu bisa mencapai tujuan investasi dan menghindari kerugain. Maka dari itu, kamu tidak hanya sekadar menambah dan menyimpan saja, tapi kamu juga harus tahu kapan emas tersebut akan dijual.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk menjual emas? Berikt adalah 3 momen palin tepat bagimu melepaskan logam mulia yang jadi koleksimu ini.

1. Saat Mencapai Tujuan

Sudah keharusan sebelum mulai berinvestasi, kamu harus menentukan tujuan yang ingin dicapai. Dengan begitu, investasi yang kamu lakukan bisa lebih terarah, konsisten, serta disiplin. Begitu juga saat kamu berinvestasi emas, tentukan tujuan awal agar nantinya bisa kamu jual untuk memenuhi tujuan tersebut.

Sebagai contoh, kamu berinvestasi emas untuk membantu biaya pernikahanmu. Maka saat mendekati hari pernikahan, kamu harus menjual emas. Jadi, intinya ialah waktu terbaik untuk menjual emas ketika sudah mendekati atau mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Jika tujuan itu sudah tercapai maka tunai sudah proses investasi yang kamu ambil. Investasi dan tujuan keuangan memang adalah hal yang taj terpisahkan. Karena itu, jangan ragu melepaskan asetmu jika memang dibutuhkan. Jangan malah misalnya mengambil pinjaman untuk pernikahan karena sayang menjual emas ketika harganya naik.

2. Ada Situasi Darurat

Saat kamu menghadapi situasi darurat, tidak ada salahnya untuk menjual emas. Memang seharusnya kamu memiliki dana darurat yang bisa digunakan saat ada situasi darurat yang dihadapi. Namun, saat dana darurat masih belum cukup menutup biaya yang dibutuhkan, maka jalan terakhir yang bisa kamu lakukan ialah menjual emas yang dimiliki.

Alasannya, karena emas mudah dijual dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menerima uang. Namun, hal itu tetap ada kekurangannya. Jika emas dijual tidak lama setelah beli, maka mungkin keuntungan yang dapatkan sedikit atau bahkan rugi karena harga emas belum banyak berubah.

Ambil contoh curhatan pegawai bergaji Rp20 juta yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Pegawai itu mengeluhkan gajinya yang dipotong 50% akibat Corona sedangkan masih harus menanggung kredit mobil dan KPR. Akibatnya ia kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika keadaannya seperti itu, maka momen itu adlaah waktu terbaik jual emas milikmu. Asetmu mungkin akan berkurang namun kebutuhan hidup jelas adalah yang paling utama.

3. Sudah mencapai keuntungan yang diinginkan

Untuk berinvestasi emas, biasanya ada orang yang memilih untuk mengamankan uang yang dimiliki. Orang-orang jenis ini tidak diburu waktu sehingga bisa menunggu dalam waktu yang cukup lama untuk menjual emas.

Saat waktunya tepat dan harga emas sudah mencapai keuntungan yang diinginkan, maka menjual emas adalah keputusan tepat yang bisa diambil. Investasi emas sendiri memang memberikan hasil terbaik jika dilakukan dalam jangka panjang.

Sebenarnya semua jenis investasi akan dijual jika waktunya telah tiba. Yang terpenting ialah kamu mencari informasi terlebih dahulu sebelum menjual emas yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jangan sampai salah ambil keputusan. Yang ada, kamu malah akan menghadapi kerugian yang cukup besar. Adapun keuntungan yang maksimal dapat diraih jika kamu sudah dari jauh-jauh hari berinvestasi emas. Maka dari itu, mulailah investasi emas sekarang.

Namun, buat kamu yang mau return yang tinggi, kamu bisa memilih investasi saham dan reksa dana. Bagaimana caranya? Tenang, sekarang kamu bisa percayakan segalanya di Ajaib. Yuk unduh aplikasi Ajaib untuk memahami lebih jauh soal investasi yang pas bagi anak muda ini.


Artikel Terkait