Banking

Cara Daftar IB BRI & Keuntungan Menggunakannya

Cara Daftar Internet Banking atau IB BRI Lewat HP Android

Ajaib.co.idInternet banking (IB) adalah salah satu layanan perbankan yang dapat dikatakan menggantikan fungsi teller bank. Dengan layanan ini, kamu tidak perlu lagi kerepotan datang ke kantor cabang BRI terdekat untuk bertransaksi. Agar lebih praktis lagi, adakah cara daftar IB BRI dari PT Bank Rakyat Indonesia lewat HP Android? 

Karena berfungsi sama dengan teller, IB harus dijamin keamanannya. Apalagi jika IB digunakan untuk kepentingan usaha yang menggunakan tabungan bisnis. Itulah mengapa sebagian besar bank tetap mewajibkan nasabah datang langsung ke bank untuk proses aktivasi. Jadi, daftar Internet Banking BRI lewat HP Android saat ini belum dapat dilakukan.

Cara Registrasi IB BRI

Ada 2 (dua) cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan registrasi IB BRI, yaitu melalui ATM dan mendatangi customer service. Lalu bagaimana caranya?

1. Cara Daftar Melalui ATM

Cara buat IB BRI atau e-banking BRI adalah dengan registrasi ke ATM BRI. Dengan cara ini saja, kamu sudah mendapatkan User ID dan password untuk dapat mengakses aplikasi BRI. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mendaftar.

  • Masukkan kartu ATM ke mesin dan masukkan PIN.
  • Pilih Transaksi Lain.
  • Pilih Lainnya.
  • Pilih Menu Registrasi.
  • Pilih Internet Banking.
  • Masukkan PIN yang digunakan sebagai Password Internet Banking BRI.
  • Masukkan kembali PIN yang udah di-input sebelumnya.
  • Setelah itu, muncul notifikasi kalau Registrasi Internet Banking BRI berhasil dilakukan beserta User ID yang digunakan buat Login.
  • Struk yang berisi User ID bakal keluar dari mesin ATM.

Namun, jika ingin menggunakan layanan ini untuk transaksi bisnis maupun finansial, kamu harus registrasi dengan datang langsung ke kantor cabang atau cabang pembantu BRI.

Selanjutnya, kamu harus mengisi dan menandatangani formulir aplikasi e-Banking dengan menunjukkan KTP, SIM, atau paspor dan bukti kepemilikan pemegang rekening. HP kamu harus menggunakan operator yang bekerja sama dengan BRI, yakni Telkomsel, Indosat, XL, Flexi, Esia, dan Fren. Kamu juga wajib punya alamat email serta telah membaca syarat dan ketentuan BRI.

2. Cara Daftar Melalui Customer Service

Bagi kamu yang gak mau kerja dua kali, kamu bisa langsung mendatangi customer service atau CS untuk pendaftaran akun sekaligus aktivasinya.

Berikut ini langkah-langkah pendaftaran dan aktivasi akun internet banking BRI di CS.

  1. Sampaikan tujuan kedatangan ke petugas.
  2. Isi formulir pendaftarkan akun internet banking BRI.
  3. Siapkan KTP dan buku rekening tabungan ke customer service.
  4. Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan User ID dan password.
  5. Setelah itu, petugas akan melakukan aktivasi akun internet banking.
  6. Kamu juga akan diminta untuk membuat password untuk mTOKEN sebagai syarat transaksi di internet banking.
  7. Setelah aktivasi selesai, kamu bisa langsung bertransaksi dengan internet banking.

Syarat dan Ketentuannya

Ada sejumlah hal yang diatur dalam syarat dan ketentuan penggunaan Internet Banking BRI, antara lain yakni tentang layanan, registrasi, ketentuan penggunaan, User ID dan password, biaya-biaya, penghentian akses dan layanan, ketentuan terkait hal-hal di luar dugaan, serta sejumlah ketentuan lainnya.

Beberapa hal yang ditentukan misalnya adalah kamu harus merupakan nasabah pemilik rekening tabungan BRI untuk dapat melakukan registrasi. Penjelasan mengenai m-Token, atau password yang harus dibuat juga sudah diatur di sini. 

Syarat dan ketentuan juga sudah memaparkan secara jelas dan lengkap soal pembatalan transaksi yang tidak dapat serta-merta dilakukan. Oleh karena itu, e-Banking BRI telah menciptakan sistem untuk membantumu memastikan semua data transaksi sebelum dijalankan. Misalnya, dengan menampilkan halaman konfirmasi sebelum transaksi berjalan. Selama kamu meneliti halaman konfirmasi, seharusnya tidak ada kejadian salah kirim karena salah mengisi nominal transfer atau nomor rekening tujuan.

Jangan sampai juga akun IB BRI milikmu terblokir karena salah memasukkan User ID/Password 3 kali dalam satu hari, atau salah memasukkan angka dari m-Token 3 kali dalam sekali transaksi perbankan, atau salah memasukkan nomor aktivasi m-Token 3 kali dalam satu hari.

Selain itu, BRI juga akan memblokir sementara Internet Banking-mu bila kamu mengajukan penggantian Kartu bank BRI atau Kartu BRI dilaporkan hilang. Hal sama juga dilakukan jika kamu lupa password atau BRI menemukan adanya kemungkinan User ID dan PIN nasabah telah diketahui orang lain.

Biaya Internet Banking BRI sendiri akan dikenakan setiap bulan dan setiap transaksi tertentu dilakukan. Biaya-biaya tersebut akan didebet secara otomatis dari rekening tabunganmu, baik tabungan BritAma maupun Simpedes.

Jadi, cara daftar internet banking BRI lewat HP Android saat ini belum bisa kamu lakukan ya. Berminat mencoba layanan Internet Banking BRI? Kalau kamu belum jadi nasabah BRI, yuk segera bikin rekening BRI sekarang.

Fitur IB BRI

Ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan ketika menggunakan fasilitas iBank BRI.

  • Informasi Rekening: cek informasi saldo tabungan, deposito, dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), serta melakukan mutasi rekening.
  • Transfer Dana: melakukan transfer ke sesama BRI, antar bank, dan RTGS.
  • Pembayaran dan Pembelian: melakukan pembayaran tagihan, seperti telepon, kartu kredit, ataupun listrik, hingga pembelian pulsa dan uang elektronik.
  • Daftar Pembayaran Pelayanan Nasabah: memuat pesan masuk, pesan yang telah dikirim, buat pesan baru, ubah password, ubah alamat email, catatan aktivitas, transfer dana, dan pembayaran tagihan.
  • Komunikasi dengan Customer Service BRI lewat Inbox Internet Banking.
  • Bayar premi asuransi, termasuk asuransi BRI Life.
  • mToken: melakuan permintaan mToken.

Keunggulan iBank BRI

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan layanan ini seperti:

  1. Pendaftarannya mudah, karena kamu hanya perlu melakukan registrasi iBank BRI di di ATM atau registrasi mTOKEN di customer service KCP BRI.
  2. Mudah digunakan karena kamu gak perlu baca buku manual untuk menggunakan fitur yang tersedia.
  3. Memudahkan ketika kamu ingin melakukan transaksi perbankan di mana saja.
  4. Keamanan berlapis karena menerapkan teknologi kriptografi seperti penggunaan enkripsi dengan menggunakan Secure Socket Layer atau SSL yang akan mengacak dan menyandikan data transaksi.

Tips Menggunakan Layanan IB BRI

Meski punya proteksi berlapis, transaksi perbankan online juga harus waspada. Karena hingga kini masih ada oknum dan peretas yang tidak bertanggung jawab yang bisa mengambil uang dari rekening kamu.

Lakukan tips berikut ini untuk menggunakan layanan iBank BRI secara aman.

  1. Akses layanan BRI Internet Banking hanya pada situs resmi BRI yaitu https://ib.bri.co.id.
  2. Jaga kerahasiaan password dan User ID BRI kamu.
  3. Jangan simpan password secara otomatis di laptop atau handphone.
  4. Pastikan ganti password berkala.
  5. Jangan login lewat jaringan atau koneksi WiFi umum.
  6. Jika menemukan transaksi mencurigakan dan hal lainnya hubungi call center BRI di 14017 atau 1500017.

Itulah beberapa hal mengenai IB BRI yang perlu kamu ketahui. Bagi kamu yang ingin menggunakan layanan ini, pastikan juga kamu gunakan dengan baik dan jangan sampai kamu terlena dengan kemudahannya ya.

Artikel Terkait