Asuransi & BPJS

Mengenal Apa Itu Endorsement Dalam Asuransi

Mengenal Apa Itu Endorsement Dalam Asuransi
Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – Apa itu endorsement yang dikenal untuk saat ini mungkin kamu tahu. Geliat bisnis media sosial yang sekarang digandrungi banyak orang membuat endorsement menjadi salah satu bisnis yang paling sering dipraktikkan. Namun, bagaimana dengan endorsement yang terkait dengan asuransi? Ternyata untuk asuransi berbeda sendiri istilahnya.

Asuransi di kehidupan kita

Asuransi merupakan usaha dalam memproteksi diri dari segala risiko yang bisa saja menimpa kita. Asuransi sangat disarankan dimiliki oleh semua orang karena manfaatnya yang sangat besar ketika dibutuhkan. Misalnya, asuransi kesehatan yang digunakan untuk biaya berobat. Untuk berobat biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar, terkadang uang yang dimiliki saat ini tidak cukup untuk menutupinya.

Saat ini masyarakat Indonesia sudah cukup melek asuransi. Rata-rata mereka memiliki asuransi jiwa atau asuransi kesehatan. Dua asuransi itu yang memang paling banyak dipilih. 

Asuransi bisa menjadi solusi untuk masalah seperti itu. Beserta masalah-masalah berisiko lainnya seperti kecelakaan, kebakaran rumah, kehilangan benda berharga, dan lain sebagainya.

Asuransi memang tidak bisa menghilangkan kesedihan yang dialami seseorang karena sebuah musibah, tapi asuransi dapat membantu kamu untuk berdiri kembali dengan bantuan yang diberikannya. Asuransi bisa menjadi dana darurat untuk berbagai macam keperluan.

Untuk memilih asuransi yang tepat tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Tadi sudah disebutkan asuransi yang umum dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Kamu juga bisa memilih asuransi kendaraan, asuransi perjalanan bagi kamu yang sering melakukan perjalanan, asuransi kebakaran untuk melindungi rumah dari kebakaran, dan masih banyak lagi jenis asuransi lainnya.

Istilah umum dalam asuransi

Sebelum kamu memilih produk asuransi, kamu sebaiknya tahu dulu istilah-istilah yang umum ada di asuransi. Sekalian memahami apa itu endorsement yang juga ada di dalam asuransi. Istilah-istilah umum ini akan sering kamu temukan ketika berurusan dengan produk asuransi.

  • Polis 

Merupakan sebuah surat kontrak yang berisi perjanjian antara perusahaan asuransi dan nasabah dalam menjalankan asuransi yang ingin digunakan oleh nasabah.

  • Premi

Biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya oleh nasabah sesuai dengan perjanjian di dalam polis asuransi, dan nanti nasabah akan mendapatkan manfaatnya ketika membutuhkan asuransi tersebut.

  • Klaim

Ini adalah proses pengajuan hak yang dilakukan nasabah untuk mendapatkan manfaat dari premi yang sudah dibayarkannya setiap bulan dan sesuai dengan aturan. Misalnya, ketika kamu membutuhkan biaya untuk pengobatan di sebuah rumah sakit, kamu bisa melakukan klaim untuk bantuan biaya itu. Pihak asuransi tentu akan langsung mengurus klaim ini agar bisa digunakan.

  • Endorsement

Apa itu endorsement dalam asuransi berkaitan dengan polis asuransi. Endorsement di sini berbeda dengan endorsement yang umumnya kamu dengar akhir-akhir ini. Maksud endorsement asuransi adalah mengajukan perubahan data di polis asuransi yang sebelumnya sudah disepakati. Perubahan ini dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mengenal lebih dekat endorsement asuransi

Endorsement asuransi dilakukan ketika ada perubahan dari polis. Hal ini bisa berpengaruh terhadap biaya dari asuransi itu sendiri atau tidak berpengaruh sama sekali.

Perubahan yang tidak akan memengaruhi biaya premi asuransi adalah perubahan data-data pemegang polis, misalnya nomor handphone dan alamat rumah. Data-data itu bisa saja diubah dengan syarat yang jelas misalnya penggantian nomor baru dan pindah rumah. Hal ini harus segera kamu urus agar memudahkanmu dalam segala urusan berkaitan dengan asuransi ke depannya. 

Sedangkan untuk perubahan yang memengaruhi biaya premi itu biasanya berkaitan dengan penambahan perlindungan. Misalnya, penambahan perlindungan dalam asuransi jiwa yang kamu miliki seperti perlindungan dari gempa bumi, serangan terorisme, menjadi korban kerusuhan, dan lain sebagainya.

Endorsement ini dilakukan juga sesuai dengan kebutuhan, jadi bukan asal diubah. Misalnya, kamu menambahkan perlindungan karena saat ini sedang bekerja di daerah yang rawan konflik. Biaya premi berubah menyesuaikan dengan perlindungan tambahan yang kamu pilih. Jadi, di sini penambahan biaya preminya akan ditetapkan oleh pihak asuransi, tidak ada patokan khusus akan ditambah berapa. Kamu bisa mendiskusikannya dengan pihak asuransi.

Cara melakukan apa itu endorsement asuransi

Kamu bisa melakukan apa itu endorsement asuransi dengan cara-cara tertentu. Masing-masing perusahaan asuransi memperbolehkan endorsement asuransi ini dilakukan mengingat sering kali nasabah mengubah polisnya karena situasi yang mereka lalui di masa kini.

Cara untuk mengajukan endorsement asuransi di masing-masing perusahaan juga berbeda. Jika perusahaan asuransi yang kamu pakai jasanya punya aplikasi, biasanya pengajuan endorsement bisa dilakukan melalui aplikasi.

Atau apabila tidak ada, kamu dapat mengajukan endorsement asuransi dengan mendatangi langsung kantor cabang terdekat asuransi. Jangan lupa perhatikan syarat-syaratnya. Biasanya prosedur endorsement dalam asuransi ini tidaklah ribet.

 Seperti itulah penjelasan tentang apa itu endorsement. Siapa tahu suatu saat nanti kamu membutuhkan informasi ini.

Untuk memilih perusahaan asuransi yang tepat, kamu perlu melakukan survei terlebih dahulu dan membandingkan. Cari tahu kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya dan kekurangan apa saja yang dimilikinya.

Kamu bisa mengeceknya langsung di situs masing-masing perusahaan asuransi karena di sana penjelasan produknya cukup lengkap. Misalnya, ada perusahaan asuransi kesehatan yang baru bisa digunakan setelah peserta asuransi membayar polis selama 6 bulan. Ada juga membolehkan digunakan sebulan setelah membayar polis.

Intinya kamu perlu membaca ketentuan-ketentuan asuransi tersebut dengan tepat, lalu jangan ragu untuk bertanya jika merasa ada yang kurang jelas. Kamu pastinya ingin berasuransi di perusahaan yang terpercaya karena yang kamu bayarkan itu nantinya akan kembali padamu dalam bentuk perlindungan untuk berbagai macam risiko. Jadi, pilihlah asuransi yang menurutmu paling pas. 

Artikel Terkait