Bisnis & Kerja Sampingan

Bisnis Manajemen Artis Korea Tercuan, Siapa Pencetak Uangnya?

bisnis-manajemen-artis

Ajaib.co.id – Bisnis manajemen artis adalah sebuah wadah bagi para seniman atau orang-orang yang berkecimpung di dunia hiburan untuk bisa diorbitkan menjadi seorang artis terkenal. Tradisi ini sangat kental di negara-negara yang memang punya industri hiburan yang sangat maju, contohnya adalah negara Korea Selatan.

Bagi anak-anak muda di Indonesia, Korea Selatan diketahui menjadi salah satu pusat industri hiburan di dunia. Bagaimana tidak? Di negara tersebut, terdapat beberapa agensi terkenal yang meraup pendapatan hingga miliaran rupiah setiap tahunnya dari industri hiburan Korea.

Hal ini dinilai wajar karena seperti diketahui sejumlah boy band atau girl band terkenal asal Korea Selatan ini sudah go internasional dengan melakukan tur konser hingga ke berbagai negara yang berada di benua yang berbeda. Walaupun boy band atau girl band dapat dikatakan sebagai mesin pencetak uang terbesar bagi bisnis manajemen artis di Korea Selatan.

Ternyata, faktanya bisnis satu ini tidak melulu soal boy band dan girl band. Melainkan, bisnis ini punya ruang lingkup yang lebih luas daripada itu. Lantaran, bisnis ini juga punya banyak talent seperti pemain drama Korea, penyanyi solo, dancer, band, DJ, hingga talent-talent lainnya yang membuat industri hiburan Korea sangat menjanjikan bagi para investor.

Tugas utama dari agensi manajemen artis bukan hanya mengatur jadwal manggung, mengatur keuangan para artis, mengatur kontrak kerja dengan sponsor, dan lain sebagainya. Tetapi, bisnis ini memiliki tanggung jawab lainnya yakni untuk mencari dan membina calon artis-artis terkenal agar terciptanya regenerasi di industri hiburan.

Pembinaan yang diberikan kepada calon-calon artis masa depan bisa berupa diajari cara menari, vokal, hingga diajarkan bagaimana cara untuk bisa mengarang lagu sendiri. Mengingat peta persaingan industri hiburan Korea yang sangat ketat, banyak para talent di berbagai agensi terkenal Korea harus menunggu hingga beberapa tahun untuk bisa melakukan debutnya.

Bisnis Manajemen Artis Korea Tercuan 2021

Dari banyaknya agensi K-pop yang ada di Korea Selatan, sebagian besar industri hiburan di sana didominasi oleh agensi-agensi terkenal yang memang punya banyak top talent terkenal yang berkecimpung di agensi tersebut. Mau tahu agensi manakah itu? Yuk, simak daftarnya di bawah ini beserta profit bisnis yang mereka peroleh:

  • HYBE

Agensi Korea satu ini dulunya dikenal oleh masyarakat luas dengan nama Big Hit Entertainment, yang memang sudah punya nama besar sebagai agensi terbaik di Korea Selatan. Menutup kuartal 1 2021, perusahaan ini mencatatkan namanya sebagai agensi paling cuan dengan penghasilan bersih mencapai USD14 juta.

Salah satu talent atau mesin pencetak uang dari agensi ini adalah BTS, siapa sih anak muda Indonesia penggemar K-pop yang nggak kenal boy band satu ini?

Walaupun sempat diisukan akan mengakhiri kontrak kerja sama dengan Big Hit Entertainment, yang saat ini bernama HYBE, namun kedua belah pihak mencapai kesepakatan untuk memperbarui kontrak kerja sama yang baru pada 2020 lalu.

Bukan hanya mencatatkan diri sebagai perusahaan agensi Korea paling cuan di 2021, melainkan nama agensi ini juga masuk ke dalam jajaran daftar 100 perusahaan paling berpengaruh di dunia versi TIME.

Pencapaian yang ditorehkan ini menjadikan HYBE sebagai agensi K-pop asal Korea satu-satunya yang masuk ke daftar 100 perusahaan paling berpengaruh di dunia versi TIME.

  • JYP Entertainment

Menyusul di urutan ke-2 ada JYP Entertainment yang mencatatkan cuan hingga USD10,7 juta pada kuartal 1 2021. Ada beberapa girl band dan boy band papan atas yang diketahui berada di bawah naungan agensi satu ini di antaranya; Miss A, Wonder Girl, 2PM, 2AM, dan Stray Kids.

Untuk nama boy band yang terakhir, boy band satu ini dianggap fenomenal karena menjadi trending topic kala melakoni debutnya lewat lagu District 9, yang kala itu mengalahkan boy band lainnya yakni WANNA ONE dengan jumlah 4.274.649 views untuk video klip “District 9”.

Pada edisi Februari 2021, boy band ini menempati peringkat ke-17 sebagai boy band terpopuler di Korea.

Selain Stray Kids sebagai penyumbang pundi-pundi pendapatan JYP Entertainment di 2021, ada satu nama boy band lainnya yang menjadi pentolan di agensi ini yakni 2PM.

  • SM Entertainment

Di bawah HYBE dan JYP Entertainment adalah SM Entertainment yang membukukan penghasilan bersih mencapai USD7,70 juta. Bagi para pecinta K-pop tanah air pasti tidak asing lagi dengan pentolan dari agensi satu ini yakni Super Junior.

Pada edisi Februari 2021, Super Junior menempati peringkat ke-11 sebagai boy band terpopuler di Korea. Selain itu, ada pula penyanyi cantik Korea yakni BoA yang juga masuk ke jajaran artis yang berada di bawah naungan agensi ini.

  • YG Entertainment

Melengkapi daftar bisnis manajemen artis Korea yang terakhir ada YG Entertainment. Penghasilan bersih agensi ini hanya kalah tipis dibanding SM Entertainment dengan capaian profit mencapai USD7,60 juta. Nama girl band Blackpink pasti menjadi artis paling populer dari agensi ini.

Bahkan, lagunya yang berjudul Lovesick Girl sempat diputar di Olimpiade Tokyo 2020 pada sebuah pertandingan voli yang mempertemukan Tiongkok dan Turki.

Selain kepopuleran Blackpink yang mampu mendongkrak penghasilan YG Entertainment, agensi ini juga masih punya banyak superstar lainnya sebagai mesin pencetak uang mulai dari Big Bang, 2NE1, Treasure, Winner, dan Tae Yang.

Itulah daftar bisnis manajemen artis Korea paling tercuan di 2021, di mana nama besar para membernya juga turut mendongkrak penghasilan dari agensi-agensi tersebut di tengah masa sulit seperti saat ini lewat berbagai kontrak kerja sama dengan sponsor.

Artikel Terkait