Rumah Tangga Masa Kini

Daycare Vs Babysitter, Lebih Hemat Mana?

Daycare Vs Babysitter

Ajaib.co.id – Di Indonesia jumlah ibu bekerja semakin meningkat. Para ibu ingin anak-anaknya diurus oleh tenaga profesional yang ahli. Mereka juga tidak ingin menitipkan anak pada orang tua karena tidak ingin merepotkannya. Untuk itu kebutuhan daycare dan babysitter pun ikut tumbuh juga.

Namun, sekarang yang perlu diperhitungkan oleh ibu bekerja adalah biaya daycare vs babysitter. Para ibu pasti menginginkan pelayanan yang baik sesuai dengan kualitasnya.

Hanya saja karena sudah banyak mengeluarkan biaya tinggal di perkotaan yang besar, para ibu bekerja biasanya memilih perawatan bayi yang murah.

Antara daycare vs babysitter, kira-kira yang paling murah yang mana ya? Untuk mengetahuinya lebih jauh, kamu perlu tahu perbedaan dari daycare vs babysitter terlebih dahulu.

Kelebihan Daycare

Ibu bekerja sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi soal siapa yang akan mengurus anaknya yang masih kecil selama ia bekerja. Ibu yang bekerja bisa mengantarkan anaknya ke daycare sebelum bekerja dan menjemput anaknya lagi sepulang kerja.

Di dekat kantor biasanya ada daycare atau tempat penitipan anak yang bisa ibu bekerja andalkan. Daycare saat ini memang sudah ada banyak di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti di Jakarta.

Sistem daycare ini seperti sekolah taman kanak-kanak, tapi anak-anak di daycare lebih dibebaskan untuk bermain dan diawasi oleh para tenaga profesional. Anak-anak itu juga akan ditempatkan di ruangan yang sama dengan anak-anak lainnya, jadi sang anak bisa sekalian belajar bersosialisasi.

Pembelajaran di daycare pun disesuaikan dengan anak-anak seusianya. Ada jam untuk bermain, belajar ringan, sampai tidur siang pun diperbolehkan untuk anak-anak di sini. Jadwal di daycare cenderung rapi dan mengajarkan anak-anak untuk lebih disiplin juga.

Setiap daycare yang sudah profesional pasti menyediakan CCTV untuk mengawasi kegiatan anak-anak dan pengasuhnya, jadi kamu yang menitipkan anak di sana tidak perlu khawatir soal keamanan.

Jika masih belum bisa percaya, kamu dapat memeriksa track record daycare yang kamu pilih karena dari sana akan kelihatan daycare mana saja yang profesional dalam menjalankan tugasnya.  

Kelebihan Babysitter

Sistem kerja babysitter berbeda dengan daycare. Jika daycare hanya buka selama jam kerja atau selama kamu bekerja, babysitter bisa kamu pekerjakan setiap hari, terlebih untuk babysitter yang menginap di rumah. Apabila kamu memilih babysitter yang pulang-pergi setiap harinya juga tidak masalah.

Babysitter adalah tenaga ahli yang bisa merawat anak-anak dan biasanya sudah mendapatkan pelatihan khusus dari kantor penyalurnya. Untuk bisa menemukan babysitter yang handal, kamu memang sebaiknya mendatangi kantor penyalur babysitter. Sekarang sudah banyak kantor penyalur babysitter seperti itu.

Babysitter biasanya bekerja di rumahmu. Untuk kamu yang merasa anakmu lebih aman berada di rumah, babysitter bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu juga tidak perlu menyiapkan berbagai keperluan anak seperti yang harus kamu lakukan sebelum menitipkannya di daycare.

Kamu juga tidak perlu bolak-balik ke tempat lain, kamu tinggal pergi ke kantor dan pulang ke rumah setelah pekerjaan selesai.

Di daycare biasanya satu orang pengasuh mengasuh beberapa anak, sedangkan babysitter hanya akan mengasuh anakmu saja. Babysitter pun jadi bisa lebih fokus dalam mengurus anak.

Babysitter juga siap siaga menjaga anak kapan saja. Artinya, kamu yang ingin bepergian dari rumah, bisa juga menyertakan babysitter untuk membantumu agar tidak kerepotan selama berada di luar rumah.

Daycare Vs Babysitter Mana Paling Hemat?

Daycare vs babysitter memang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika di daycare, kamu bisa memantaunya kapan saja, apalagi jika lokasi daycare sangat dekat dengan kantor.

Sedangkan babysitter, bisa siap siaga kapan saja kamu membutuhkan bantuan untuk mengurus anak. Untuk itulah kamu perlu membayar jasa daycare vs babysitter sesuai dengan perjanjian.

Fasilitas yang ditawarkan daycare di Jakarta berbagai macam mulai dari menyediakan makan untuk anak, membantunya belajar, mendampinginya bermain, tidur siang, dan melakukan kegiatan edukatif lainnya.

Biasanya harga yang daycare tawarkan bisa mencapai Rp7 juta per bulan untuk yang kelas ke atas dengan fasilitas cukup lengkap. Ada juga daycare kelas ke bawah yang menawarkan jasa minimal Rp2 juta per bulan, tapi fasilitasnya mungkin tidak selengkap yang kelas ke atas, misalnya tidak tersedianya makan siang untuk anak, jadi kamu yang perlu menyiapkannya.

Selain itu, harus dipikirkan juga biaya transportasi yang kamu butuhkan untuk mengantar dan menjemput anak di daycare. Jika kamu terlambat menjemputnya, ada daycare yang membebankan biaya tambahan karena melebihi batas waktu yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Untuk biaya babysitter kamu perlu menyiapkan Rp3 juta per bulan. Apabila babysitter tersebut harus menginap di rumah, kamu harus menanggung biaya tinggal seperti biaya makan dan biaya bajunya. Setelah itu harus menyalurkan biaya tambahan juga kepada penyalur babysitter.

Agar biaya lebih murah, kamu bisa menggunakan jasa babysitter yang pulang-pergi. Kamu hanya perlu menyediakan uang ongkos dan uang makan selama ia berada di rumah saja.

Jadi, biasanya biaya yang akan kamu keluarkan untuk babysitter bisa melebihi gaji pokok babysitter yang sudah kamu ketahui di awal. Untuk itu, kamu perlu melakukan penghitungan lengkap agar tahu berapa yang biaya yang harus kamu keluarkan untuk babysitter per bulannya.

Biaya mengurus anak memang cukup mahal karena mengurus anak itu tidak mudah. Kamu yang sudah memiliki anak pasti sudah tahu bagaimana repotnya. Namun, kamu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anakmu. Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan pengasuhan anak ini dengan sebaik-baiknya.

Daycare bisa lebih murah atau lebih mahal ketimbang babysitter, jadi kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.   

Artikel Terkait